Dirut Allianz Life Indonesia: Ini Inovasi dan Akselerasi yang Kami Lakukan untuk Sambut Adaptasi Kebiasaan Baru yang Lebih Baik

 

Menyikapi dan merespon adanya berbagai tantangan perubahan yang terjadi secara signifikan akibat dari pandemi COVID-19, Alianz Indonesia secara konsisten menempatkan kepedulian dan inovasi sebagai prioritas utama.

17 Juli 2020 | Allianz Indonesia

Jakarta, 17 Juli 2020 - Menyikapi dan merespon adanya berbagai tantangan perubahan yang terjadi secara signifikan akibat dari pandemi COVID-19, Alianz Indonesia secara konsisten menempatkan kepedulian dan inovasi sebagai prioritas utama. Hal tersebut diwujudkan dalam tiga langkah utama untuk menghadapi situasi krisis saat ini yaitu: (1) memastikan keamanan dan kesehatan para karyawan Allianz, (2) memastikan pelayanan yang terbaik bagi Nasabah dan Mitra Bisnis, serta (3) tetap melakukan akselerasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, Allianz Indonesia berfokus untuk meningkatkan keterikatan dan keterlibatan karyawan sehingga komit melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaannya, melakukan inovasi dalam pelayanan secara digital dan mengembangkan peluang bisnis baru.

Dalam kurun waktu selama pandemi, Allianz Indonesia meningkatkan intensitas komunikasi dengan para karyawan melalui sarana digital dalam rangka memperkuat kerja sama di dalam perusahaan. Allianz Indonesia menempatkan empati sebagai dasar dari strategi yang dijalankan terutama dalam memastikan kesehatan mental dan fisik para karyawannya dengan cara memberikan personal care kits, pemantauan kesehatan di kantor pusat, layanan konsultasi psikologi yang dibutuhkan oleh karyawan dalam mengatasi stres di saat krisis seperti saat ini, serta serangkaian seminar virtual tentang Healthy Body, Mind & Soul untuk memberikan tips praktikal yang sangat membantu karyawan untuk tetap produktif saat bekerja baik Work From Home (WFH) maupun Work From Office (WFO) di masa pandemi.

Setelah sebelumnya selama hampir tiga bulan 95% karyawan Allianz Indonesia bekerja dari rumah, sebanyak 15% dari karyawan Allianz Indonesia mulai kembali bekerja di kantor sejak pertengahan bulan Juni 2020, sejalan dengan diberlakukannya PSBB Transisi. Allianz Indonesia memberlakukan skenario bertahap dengan membagi para karyawan yang kembali bekerja di kantor dalam tiga gelombang dengan persentase jumlah karyawan yang ditingkatkan secara bertahap, berdasarkan pertimbangan seperti faktor risiko individu.

Para karyawan yang hadir pada gelombang awal juga difasilitasi untuk melakukan pemeriksaan rapid test di rumah sakit rekanan untuk mengurangi kemungkinan penularan. Allianz Indonesia juga memastikan setiap karyawan menjalankan protokol kesehatan selama beraktivitas di tempat kerja mulai dari dari pemeriksaan suhu tubuh, mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, menjaga jarak serta menjaga kebersihan area kerja.

Selain itu, dalam upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para Nasabah yang datang ke walk-in customer service, Allianz Indonesia menempatkan boneka beruang Teddy sebagai pembatas antara sesama nasabah di tempat duduk supaya para Nasabah juga dapat menjalankan protokol menjaga jarak fisik dengan cara yang menyenangkan.

“Allianz Indonesia akan selalu memastikan prioritas dan perhatian bagi para karyawan, Nasabah dan Mitra Bisnis. Sebagai seorang individu dan CEO dari Allianz Indonesia, saya sangat berterima kasih dan bangga dengan semangat dan dedikasi karyawan Allianz di tengah situasi pandemi ini. Walaupun sebagian besar dari para karyawan saat ini bekerja secara jarak jauh, mereka tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Mereka merupakan tim yang handal bagi perusahaan,” ungkap Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Situasi pandemi juga mendisrupsi tatanan yang ada saat ini. Sebagai contoh, terdapat kenaikan trend untuk konsultasi kesehatan dan pembelian produk secara online, termasuk untuk produk asuransi. Jika sebelumnya membutuhkan pertemuan tatap muka secara fisik saat ini dapat dikonversi melalui interaksi digital tanpa mengurangi kualitas dan transparansi. Oleh karena itu, di tengah pandemi ini, Allianz Indonesia secara aktif mendukung pemanfaatan perangkat digital seperti Allianz eAZy Connect untuk memfasilitasi para Nasabah dan Mitra Bisnis dalam berinteraksi dengan Allianz. Allianz Indonesia juga memberikan layanan tambahan bagi para Nasabah seperti konsultasi medis jarak jauh secara gratis melalui aplikasi Halodoc. Inovasi digital Allianz juga memfasilitasi masyarakat untuk dapat membeli proteksi asuransi tanpa perlu keluar rumah melalui Allianz eAZy Cover.

“Saat kita menerapkan trend baru tersebut ke dalam kegiatan keseharian kita, proses simplifikasi dan digitalisasi sangat berperan penting. Allianz Indonesia akan terus berinvestasi pada infrastruktur digital supaya dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para Nasabah dan Mitra Bisnis. Kami akan selalu memberikan solusi yang inovatif dan pengalaman yang mengesankan,” kata Joos

Allianz Indonesia juga terus melakukan akselerasi dengan cara menciptakan dan mengembangkan berbagai peluang bisnis baru untuk menanggapi situasi saat ini yang selalu berubah. Selama masa PSBB, waktu yang dibutuhkan di depan layar komputer dan gawai mengalami kenaikan. Allianz melihat dan merespons hal tersebut dengan mengembangkan solusi pemasaran alternatif berupa telemarketing. Sejak diresmikan pada bulan Februari, jalur pemasaran ini telah memberikan hasil yang sangat baik.

“Reaksi berantai dari adanya wabah COVID-19 ini turut mempengaruhi kondisi kesehatan sebagian besar masyarakat. Sebagai perusahaan asuransi, kami melihat ini sebagai sebuah momen yang tepat dimana proteksi asuransi dapat menjadi pelindung bagi semua orang. Kami percaya bahwa langkah-langkah yang kami jalankan, kolaborasi yang baik di dalam perusahaan serta inovasi yang kami jalankan akan membantu kita semua melalui masa krisis ini dan membawa kita menuju suatu masa adaptasi kebiasaan baru yang lebih baik,” tutup Joos Louwerier.

  1.