Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Umumkan Pemenang Allianz Journalist Competition, Allianz Indonesia Gelar Webinar Tantangan Asuransi & Media Menghadapi Pandemi
Covid-19

Masa pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru pada berbagai industri, karena banyak sekali perubahan dan penyesuaian tata cara yang harus dilakukan. Tidak dapat dipungkiri, industri asuransi juga mengalami tantangan tersebut. Salah satu tantangannya adalah bagaimana para pelaku industri asuransi tetap dapat memberikan perlindungan dan layanan asuransi terbaik, yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia. Di sisi lain, media massa sebagai corong informasi untuk masyarakat, juga menghadapi tantangan di masa pandemi untuk tetap dapat menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya.

14 Desember 2020 | Allianz Indonesia

Jakarta, 14 Desember 2020 – Masa pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru pada berbagai industri, karena banyak sekali perubahan dan penyesuaian tata cara yang harus dilakukan. Tidak dapat dipungkiri, industri asuransi juga mengalami tantangan tersebut. Salah satu tantangannya adalah bagaimana para pelaku industri asuransi tetap dapat memberikan perlindungan dan layanan asuransi terbaik, yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah dan masyarakat Indonesia. Di sisi lain, media massa sebagai corong informasi untuk masyarakat, juga menghadapi tantangan di masa pandemi untuk tetap dapat menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya.

Oleh karena itu, sinergi antara para pelaku industri asuransi dan media massa diperlukan agar dapat memberikan edukasi dan informasi yang tepat mengenai perlindungan asuransi kepada masyarakat.

Allianz Indonesia menggelar Virtual Media Discussion dengan tema “How Insurance & Media Face COVID-19 Challenges” dengan menghadirkan Karin Zulkarnaen, Direktur Allianz Life Indonesia, Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia, dan Alfito Deannova Gintings, Pemimpin Redaksi Detik.com. Dalam acara ini, para pembicara mengulas mengenai situasi ekonomi dan perkembangan industri asuransi, tantangan yang dihadapi perusahaan asuransi dan beragam inisiatif yang telah dilakukan selama masa pandemi, juga mengenai tantangan dan gambaran mengenai tren media massa ke depannya.

“Seiring dengan upaya pemulihan perekonomian, fokus pemerintah tetap ada pada aspek kesehatan, sosial dan juga ekonomi. Masa pandemi mempercepat perubahan banyak hal, seperti perilaku konsumen yang mementingkan experience dan peningkatan penggunaan teknologi digital. Di sisi industri asuransi, meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan tingginya tingkat adaptasi penggunaan platform digital, menjadikan para pelaku industri asuransi harus semakin memahami apa yang menjadi kebutuhan nasabahnya, berusaha memenuhi kebutuhan tersebut, kemudian juga terbuka terhadap perkembangan teknologi dan platform digital,” kata Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia.

Alfito Deannova Gintings, Pemimpin Redaksi Detik.com (kanan atas), Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia (kiri bawah), Karin Zulkarnaen, Direktur Allianz Life Indonesia (kanan bawah), dalam acara Virtual Media Discussion “How Insurance & Media Face COVID-19 Challenges”. 

Beberapa studi dan data survei mengenai keterkaitan antara kondisi pandemi Covid-19 dengan kebutuhan perlindungan asuransi, antara lain adalah Studi KANTAR Indonesia Integrated COVID-19 yang menunjukan bahwa sebanyak 25% mengkhawatirkan kondisi kesehatan mereka di tengah-tengah Pandemi COVID-19 ini. Kemudian studi lain dari The Nielsen ‘COVID-19: Where Consumers are heading (Impact of COVID-19 on Indonesia consumer)’, ditemukan hasil bahwa 35% dari konsumen Indonesia tertarik untuk lebih memerhatikan kesehatan mereka dan berinvestasi pada pembelian asuransi kesehatan.

Sementara MarkPlus Inc. pada acara Industry Roundtable di bulan Maret 2020, menunjukkan bahwa 9 dari 10 nasabah asuransi mencari informasi, terutama mengenai apakah polis asuransinya memberikan perlindungan terhadap COVID-19. Beberapa hasil studi ini tentu saja menjadi peluang bagi para pelaku industri asuransi untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Allianz Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif yang mengutamakan customer experience (perlindungan khusus terkait Covid-19, konsultasi kondisi kesehatan online, dan layanan digital melalui portal nasabah Allianz eAZy Connect), distributor experience (proses penjualan dengan tatap muka digital yang dilengkapi dengan digital sales tools Allianz), serta employee experience (penyediaan health kit dan suplemen untuk karyawan dan Employee Assistance Program, layanan konsultasi pribadi untuk karyawan dengan psikolog profesional).

Semuanya dilakukan bukan hanya sebagai bentuk respon Allianz Indonesia terhadap pandemi Covid-19, namun sebagai kelanjutan dari komitmen Perusahaan untuk senantiasa memberikan pelayanan dan solusi proteksi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

“Dengan kembali membaiknya perekonomian yang dipengaruhi distribusi vaksin Covid-19 ke depannya, kami harap kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi juga akan terus meningkat. Allianz Indonesia akan senantiasa melakukan akselerasi digital untuk kenyamanan dan kemudahan nasabah kami, serta terus memberikan edukasi mengenai pentingnya proteksi asuransi. Hal ini sejalan dengan strategi kami untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia.” kata Karin Zulkarnaen, Direktur Allianz Life Indonesia.

Karin Zulkarnaen, Direktur Allianz Life Indonesia (atas tengah) berfoto bersama dewan juri dan beberapa finalis Allianz Journalist Writing Competition 2020. Allianz Indonesia mengumumkan 20 jurnalis berita tulis maupun berita foto yang menjadi pemenang Allianz Journalist Writing Competitions 2020 sebagai wujud apresiasi atas dukungan media selama ini kepada perusahaan. (14/12)

Pentingnya edukasi kepada masyarakat juga disampaikan dari sisi media. Salah satu tantangan yang dihadapi media di masa pandemi adalah memberikan informasi yang akurat dan terpercaya, salah satunya adalah informasi terkait Covid-19 sambil tetap melakukan berbagai upaya kreatif untuk mempertahankan kinerja bisnis.

“Masa pandemi ini memberikan tantangan kepada media untuk selalu menyediakan fakta dan menjaga kredibilitas dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Di tengah optimisme situasi yang akan semakin membaik, media tetap berupaya menjadi sumber terpercaya yang dapat mendukung upaya perluasan jangkauan edukasi untuk masyarakat,”  Alfito Deannova Gintings, Pemimpin Redaksi Detik.com.

Terlepas dari tantangan yang ada, baik industri asuransi maupun media, memiliki tugas untuk sama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat. Terutama edukasi terkait literasi keuangan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya proteksi di tengah pandemi Covid-19. Allianz Journalist Writing Competition yang berlangsung sejak Januari – Oktober 2020 dilakukan sebagai upaya kolaborasi dengan media dalam meningkatkan edukasi literasi keuangan melalui karya-karya jurnalistik.

Dalam kesempatan ini, para pembicara webinar yang juga merupakan dewan juri dari Allianz Journalist Writing Competition 2020 mengumumkan 20 rekan jurnalis yang berhasil menjadi pemenang penulis berita terbaik dan berita foto terbaik dalam kompetisi ini. Para pemenang selanjutnya berhak atas berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.

Allianz Indonesia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang baik dengan media massa yang telah terjalin selama ini. Pemberitaan dan informasi yang diterbitkan mengenai perlindungan dan layanan asuransi, diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia. Allianz Indonesia juga percaya bahwa Post COVID-19 akan bisa dilalui dengan melakukan sinergi untuk saling membantu mencapai tujuan bersama kedua industri.

  1.