Tradisi Ramadan yang Bisa Dilakukan Selama #diRumahAja dan Tetap Menyenangkan

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 12 September 2020 17:00:05 UNDUH BACA NANTI

Datangnya bulan suci Ramadan di tengah pandemi COVID-19 ini tampaknya akan membawa suasana yang pasti berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Adanya sejumlah aturan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 ini membuat beberapa tradisi di bulan Ramadan pun ikut berubah seperti tidak disarankannya salat tarawih berjamaah di masjid, buka puasa bersama, sahur on the road, ngabuburit hingga mudik untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. 

Meski kondisi saat ini tidak mendukung, kamu jangan kehilangan harapan ya karena kamu masih bisa lho menjalani bulan Ramadan ini dengan menyesuaikan tradisi yang biasanya dilakukan di luar rumah menjadi kegiatan menyenangkan yang tidak mengubah tradisi Ramadan pada umumnya namun tetap sesuai anjuran pemerintah.

 

Baca juga: Ide Kegiatan #diRumahAja Bersama Anak saat Pandemi COVID-19

1. Ibadah Tarawih

Pada umumnya ibadah salat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid, namun melihat kondisi saat ini bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan salat tarawih, kamu tetap bisa melaksanakannya dengan berjamaah di rumah bersama anggota keluarga. 

Apabila kamu tidak mempunyai mushola atau ruang khusus di rumah untuk salat berjamaah, maka manfaatkan ruang tamu yang lebih luas untuk menjalankan salat tarawih bersama-sama. 

2. Buka Puasa

Buka puasa bersama di luar rumah merupakan salah satu tradisi simbolik bulan Ramadan, baik buka puasa bersama keluarga besar, teman atau kerabat lainnya. 

Meskipun kondisi saat ini mengakibatkan kamu tidak bisa bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar dan kerabat, kamu tetap bisa melaksanakan buka puasa bersama secara virtual lho. Manfaatkan aplikasi conference call atau video call yang dapat mengundang banyak peserta tanpa batas waktu seperti, Zoom, Skype, Google Hangout, dan lain sebagainya. Tentu jangan lupa untuk selalu memperhatikan fitur keamanan data selama menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. 

Selain itu, meskipun di rumah, kamu tetap bisa merasakan nuansa buka puasa bersama dengan tetap berdandan dan menggunakan setelan pakaian yang layak untuk hadir dalam acara buka puasa bersama serta menghidangkan makanan favorit dan sehat. 

 

Baca juga: 5 Tips Tetap Happy Ketika Kerja di Rumah di Saat Pandemi COVID-19

 

3. Sahur On The Road

Bila tahun sebelumnya kamu dan teman-temanmu melaksanakan sahur on the road dengan membagikan makanan sahur untuk orang-orang yang membutuhkan di jalanan, namun karena kondisi saat ini yang tidak memungkinkan, maka sekarang kamu dapat mengganti amalan tersebut dengan menjalankan salat tahajud di rumah bersama dengan anggota keluarga lain.

4. Ngabuburit

Saat sore hari menjelang maghrib tiba, biasanya ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan oleh kebanyakan orang dengan jalan-jalan mencari takjil atau bagi-bagi takjil di jalan sebagai amalan tambahan memberikan rezeki untuk orang lain. Namun, karena adanya imbauan untuk tetap #diRumahAja, kamu bisa mencoba beberapa kegiatan berikut ini

  • Kamu tetap bisa berbagi takjil kepada para tenaga medis dan pihak-pihak membutuhkan lainnya melalui organisasi penyedia jasa makanan yang akan memastikan bahwa takjil yang ingin kamu berikan kepada orang-orang tersebut sampai serta membawa berkah bagi mereka.

  • Kamu bisa menggantikan kegiatan ngabuburit di jalan dengan bersedekah secara online melalui Allianz Smart Point yang menyediakan fitur bagi kamu yang ingin berdonasi untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia atau di platform lainnya. 

  • Kamu juga bisa menjalankan amalan lainnya yakni dengan membaca quran atau tadarusan bersama-sama dengan keluarga atau kerabat melalui conference call atau video call.

  • Seraya menunggu waktu berbuka puasa, kamu juga bisa memanfaatkan ngabuburit dengan berolahraga secara ringan di rumah saja. 

  • Membersihkan rumah juga menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin ngabuburit namun tidak diperkenankan untuk keluar rumah. 

  • Berkreativitas bersama teman dengan memanfaatkan Instagram Live Story dalam membuat konten seperti bershalawat bersama. Selain itu,berbagi informasi seputar tips berpuasa selama di rumah juga dapat mengisi waktu ngabuburitmu serta menambah amalan positif. 

 

Baca juga: Mengingat Kembali Imbauan Pemerintah Mengenai Pandemi COVID-19

 

5. Mudik 

Mudik merupakan salah satu tradisi wajib yang dilakukan oleh sebagian umat muslim di akhir bulan Ramadan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama dengan keluarga besar di kampung halaman. Namun, pemerintah pusah telah membuat kebijakan dan peraturan bagi masyarakat Indonesia untuk tidak mudik atau pulang ke kampung halaman sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 yang semakin meluas. 

Untuk itu, manfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang ada saat ini seperti conference call atau video call agar Hari Raya Idul Fitri tetap menyenangkan bersama keluarga.  

Jadi pastikan ya kamu melakukan kegiatan selama bulan Ramadan ini sesuai dengan anjuran pemerintah salah satunya adalah beribadah di rumah. Yuk, sambut bulan Ramadan dengan suka cita agar ibadah mu membawa berkah bagi kamu dan keluarga serta orang-orang disekelilingmu. Stay happy!

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

13 April 2020 10:13:06

Kamu Harus Tahu! Berbagai Hal Baik Ini Terjadi di Dunia Selama Pandemi COVID-19

Bagai dua sisi mata uang, faktanya, tak hanya berita sedih namun banyak hal-hal baik yang terjadi selama masa lockdown dan karantina akibat COVID-19. Mau tahu apa saja?

24 April 2020 11:22:47

Ide Kegiatan #diRumahAja Bersama Anak saat Pandemi COVID-19

04 Juni 2019 12:38:30

Selain Pahala, Ini 6 Manfaat dari Berbagi dengan Sesama