Pengertian-single-premium

Pengertian Single Premium dan Regular Premium

4 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Dalam asuransi jiwa, ada dua tipe pembayaran premi. Single premium dan regular premium, seperti apa perbedaannya?

Buat kita yang memiliki asuransi jiwa pasti sangat dekat dengan istilah pembayaran premi. Kita juga ketahui apabila kita tidak melakukan pembayaran premi, hal tersebut akan berpotensi menghilangkan perlindungan terhadap asuransi kita. Layaknya pulsa pada kartu telepon pada mobile phone kita, apabila kita tidak melakukan pembayaran, maka kartu telepon kita akan tidak aktif dan tidak dapat digunakan lagi. Maka dari itu perusahaan asuransi memberikan pelayanan melalui reminder atau mengingatkan untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu.

Nah, pada asuransi jiwa, pemegang polis dapat memilih metode pembayaran yang akan dilakukan, yaitu single premium (premi tunggal) atau regular premium (premi berkala). Pembayaran dengan metode single premium nasabah cukup membayar satu kali saja. Sedangkan untuk jenis pembayaran premi dengan regular premium, nasabah diberi pilihan untuk membayar secara berkala dalam periode tertentu. Pembayaran bisa dilakukan secara bulanan, per kuartal (3 bulan), per semester (6 bulan) atau bahkan tahunan.

Perbedaan jenis pembayaran dengan Single Premium dan Regular Premium:

Single Premium (Premi Tunggal)

  • Lebih efisien, dimana Nasabah hanya melakukan pembayaran cukup sekali saja.
  • Pada umumnya jenis pembayaran premi secara tunggal merupakan produk Asuransi yang lebih mengutamakan pada perkembangan Nilai Investasi, dimana alokasi untuk Investasinya akan lebih tinggi dibandingkan produk Asuransi lainnya.
  • Preminya relative lebih tinggi dibandingkan premi yang dibayar secara berkala

Regular Premium (Premi Berkala)

  • Nasabah disarankan untuk membayar Premi secara disiplin sesuai dengan mode pembayaran berkala dan periode pembayaran yang Nasabah sudah tentukan diawal kepesertaan.
  • Pada umumnya jenis pembayaran premi secara berkala memiliki proposisi untuk kebutuhan proteksi, maka dari itu pihak Asuransi memberikan banyak pilihan Asuransi tambahan atau rider yang dapat memenuhi kebutuhan Nasabah dalam memberikan perlindungan yang maksimal.
  • Preminya relative terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Nasabah.
  • Uang Pertanggungan yang diberikan relative lebih besar dibandingkan dengan produk Asuransi dengan metode pembayaran tunggal.
  • Oleh sebab itu, dalam menentukan pembelian produk Asuransi, kita harus terlebih dahulu mengetahui kebutuhan perlindungan Asuransi tersebut, apakah tujuannya untuk memberikan perlindungan Asuransi yang maksimal ataukah untuk memberikan perkembangan Investasi yang optimal. Semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan dari Pemegang Polis.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023