Ini 4 Panduan Penting Sebelum Kamu Membeli Mobil Impian

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 24 Februari 2020 14:22:38 UNDUH BACA NANTI

Sebelum membeli mobil, apa sih pertimbangan yang akan kamu lakukan?

Jawaban dari pertanyaan di atas, bisa jadi ada banyak sekali. Selain kenyamanan, jenis kendaraan, dan tentu saja harga, masih ada beberapa pertimbangan lain yang harus kamu pikirkan sebelum membeli sebuah mobil.

Kalau hanya membeli makanan, baju, atau membership gym mungkin dengan hanya menabung sebulan bisa langsung kamu lakukan. Namun, membeli mobil beda cerita. Keputusan besar ini akan berpengaruh besar dengan kestabilan keuanganmu nantinya. 

Tenang! Beberapa panduan membeli kendaraan dari kami berikut ini akan membantu kamu.

Mari kita membuat proses pembelian mobil semudah mungkin biar kamu makin gampang mengambil keputusan.

Panduannya apa saja sihYuk, kita mulai cek satu persatu!

 

Baca juga: Apakah Polis Asuransi Kendaraan Penuh Tipu Daya?

 

Mau Membeli Mobil Baru atau Beli Mobil Bekas Saja Ya?

Pilihan ini bikin kamu bingung dan belum bisa memutuskan? Coba kita petakan bersama ya, berbagai keuntungan masing-masing dari kedua alternatif tersebut. 

Bila kamu membeli mobil bekas, hal pertama tentu saja harganya lebih terjangkau. Kedua, kalau bisa hemat kaya gini, kamu jadi punya dana lain yang bisa kamu rencanakan untuk kepentingan lainnya. Hal ketiga yang harus kamu tahu, mobil merupakan harta bergerak, maka harganya akan semakin turun dari waktu ke waktu.

Kondisi ini disebut dengan depresiasi atau penyusutan, yang artinya ada jumlah yang akan susut dari aset yang kamu miliki, yaitu mobil itu sendiri, selama umur manfaatnya. Jadi, kalau membeli mobil baru pun dalam beberapa tahun ke depan nilainya akan menurun dan sama dengan mobil bekas. 

Nah, sisi keuntungan kalau kamu membeli mobil baru tentu saja kamu bisa dapat sebuah mobil dengan teknologi terbaru di pasaran. Selain itu kamu juga merasa lebih tenang kalau ada risiko buruk yang terjadi di jalan, karena mobil baru biasanya masih memiliki masa garansi. Hal terakhirnya, tentu saja kamu jadi lebih bangga dengan punya kendaraan baru.

 

Baca juga: Fasilitas Utama Kerusakan atau Kecelakaan Kendaraan

 

Konsumsi Bahan Bakar

Pertimbangan membeli mobil bukan lantas berhenti saat kamu membeli mobil saja. Kebutuhan ke depannya kamu juga pastinya akan terus meningkat. Salah satunya harus mulai memikirkan pengeluaran untuk bahan bakarnya. Akan lebih bijak kalau kamu memilih kendaraan yang irit bahan bakar, ya! Selain memiliki dampak positif bagi lingkungan, kamu juga dapat menekan pengeluaran di setiap bulannya.

Apa dong pertimbangannya untuk memilih kendaraan yang hemat bahan bakarnya? Sejujurnya, ada banyak poin untuk menjawab pertanyaan ini. Misalkan saja, kondisi jalan apakah dalam kota atau luar kota, tol ataukah jalan umum, usia kendaraan, hingga cara berkendara. Poin-poin tersebut akan ikut mempengaruhi konsumsi bahan bakar mobil kamu. 

Kalau dari segi kendaraan, bila ingin hemat kamu bisa coba memilih produk Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Bahan Bakar (KBH2) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Low Cost Green Car (LCGC). Bisa juga memilih mobil keluaran baru yang cenderung lebih efisien dalam hal BBM daripada mobil-mobil yang lebih tua, karena mobil baru biasanya didukung dengan teknologi yang bisa menghemat bahan bakar.

Pilih Transmisi Manual atau Otomatis?

Sederhananya, kamu mau mobil yang memberikan kenyamanan lebih, tapi biaya perawatan lebih besar? Atau mau yang sedikit mengeluarkan tenaga tapi nantinya biaya perawatan tidak terlalu bawel? 

Kalau mau yang pertama, maka kamu bisa memilih mobil matik alias otomatis, karena pertama lebih mudah dikendarai dan tak perlu repot mengoper persneling, karena sistem matik bakal menerapkannya secara otomatis. Tapi urusan perawatannya, mobil satu ini lebih mahal daripada mobil manual, apalagi bensinnya lebih boros.

Sedangkan pilihan kedua, bila membeli mobil dengan transmisi manual dari segi biaya perawatannya lebih terjangkau. Tapi sayangnya, mobil manual ini akan membuat kamu lelah dan pegal kaki saat berkendara. Terlebih kalau mobilitasmu di kota-kota besar seperti Jakarta yang kondisi lalu lintasnya macet terus 24/7.

 

Baca juga: Mengenal Third Party Liability Pada Asuransi Kendaraan

 

Lengkapi Kendaraan dengan Asuransi Mobil

Kenapa melindungi mobil kamu dengan asuransi mobil dari perusahaan asuransi yang terpercaya jadi hal yang penting untuk dilakukan? Well, asuransi itu bukan hanya melindungi mobil kamu. Tapi sebenarnya melindungi keuanganmu. 

Bayangkan bila mobil tiba-tiba mengalami risiko-risiko buruk seperti kecelakaan, kerusakan, atau bahkan mobil hilang. Bukan hanya kendaraan yang terkena imbasnya. Keuanganmu juga terpaksa terganggu karena harus mengeluarkan biaya perbaikan. Kalau memiliki asuransi mobil, pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya perbaikan dan ganti rugi kendaraan yang hilang sesuai dengan polis yang kamu miliki. 

Sudah semakin tercerahkan bukan dengan berbagai panduan di artikel ini. Jangan terburu-buru memutuskan membeli mobil, pertimbangkan banyak halnya sebelum membeli. Apa kamu punya pertimbangan lain dalam membeli mobil? Share it with us!

Selain kenyamanan, jenis kendaraan, dan tentu saja harga, masih ada beberapa pertimbangan lain yang harus kamu pikirkan sebelum membeli sebuah mobil.

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

16 Juli 2019 11:07:06

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Baru

Buat kamu yang tengah mencari kendaraan ataupun berencana mengganti mobil, perhatikan tips berikut supaya kamu tidak menyesal karena salah pilih.

09 Juli 2018 15:23:15

Persiapkan Hal Ini Sebelum Perjalanan Jauh Dengan Mobil

04 Juni 2018 15:13:43

Keuntungan Pembelian Kendaraan Bekas yang Sudah Diasuransikan