Bagaimana Cara Memilih Fund Investasi yang Tepat?

by Jurnal Allianz | terakhir dibaca 08 April 2020 22:47:38 UNDUH BACA NANTI

Beberapa orang menginginkan manfaat ganda dari asuransi yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa, tetapi juga memberikan hasil investasi di akhir periode perlindungan. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan hadirnya produk asuransi unitlink dengan biaya premi yang terjangkau. Namun, fungsi utama unit link tetap perlindungan atas risiko meninggal dunia, sementara manfaat investasi adalah tambahan pengembangan dana yang kita miliki.

Pada umumnya produk unit link, pada tahun-tahun pertama, manfaat investasi belum dapat dirasakan. Karena dana yang disetorkan belum 100% dialokasikan di investasi, melainkan adanya biaya untuk alokasi asuransi. Yang perlu diketahui adalah imbal hasil pada produk unit link tidak dijamin oleh perusahaan asuransi, semua sesuai dengan kondisi pasar ekonomi. 

Saat membeli produk unit link, kadang kita bingung untuk menentukan fundinvestasi apa yang tepat untuk kita. Untuk dapat memudahkan kita memilihfund yang tepat maka kita dapat mencari tahu profil risiko kita. Apakah kita termasuk profil yang konservatif yang cenderung memilih produk unitlink dengan risiko investasi rendah (seperti deposito, atau reksadana pasar uang)? Termasuk dalam profil risiko moderat yang mendampakan hasil investasi yang lebih tinggi, tetapi masih ragu-ragu dalam mengambil risiko? Atau bahkan, masuk dalam kategori profil risiko agresif yang lebih siap menghadapi segala kemungkinan pengurangan nilai pokok investasi untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih tinggi dengan memilih produk invetasi berisiko tinggi seperti halnya saham?

Setelah mengetahui profil risiko kita, baru kita bisa menentukan fund yang tepat. Secara umum, terdapat empat jenis fund yang ditawarkan, mulai dari Jenis Pasar Uang (Money Market Fund), yang menempatkan investasi pada instrument pasar uang seperti deposito, yang cocok untuk profil risiko konservatif,  Jenis Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) yang menempatkan dana diobligasi dan Jenis Campuran (Managed Fund) yang menempatkan investasi pada saham dan obligasi, yang cocok untuk profil risiko moderat, serta Jenis Saham (Equity Fund) yang menempatkan investasi di saham, yang cocok untuk nasabah profil risiko agresif. 

Tentang penulis

Jurnal Allianz






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

11 Maret 2019 16:14:34

Investasi Apa yang Cocok untuk Generasi Milenial?

Untuk dapat menentukan produk investasi, kamu harus terlebih dahulu membuat tujuan keuanganmu. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

04 Maret 2019 18:31:49

Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber

05 Juni 2018 11:08:35

Apakah Financial Planning Penting?