My Finance Coach merupakan program literasi keuangan yang diinisiasi oleh Allianz Group dan diimplementasikan oleh kantor Allianz di berbagai negara. UNESCO bahkan telah mendeklarasikan MFC sebagai program resmi pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

 

Allianz Indonesia boleh berbangga hati, karena setelah MFC dibentuk di Jerman tahun 2010, negara kita merupakan yang pertama kali menjalankannya di Asia pada 2011. Hingga saat ini, sebanyak 10.625 siswa SMP dan SMA, dari 85 sekolah, di 10 kota (Jakarta, Bogor, Tengerang, Depok, Bekasi, Sukabumi, Yogyakarta, Bantul, Denpasar, dan Surabaya),  telah merasakan program MFC.

 

Hal lain yang membuat MFC semakin menarik adalah, adanya partisipasi dari karyawan dan tenaga penjual Allianz sebagai volunteer pengajar literasi keuangan kepada siswa. Mereka disebut, Finance Coach. Para Finance Coach telah mendapatkan pelatihan untuk setiap modul yang akan diajarkan ke para siswa.

“Buku adalah jendela dunia” kita pasti familiar dengan ungkapan yang singkat namun penuh makna ini. Pengertiannya menunjukan bahwa dengan banyak membaca buku, kita akan memperoleh beragam ilmu pengetahuan dan bisa “melihat dunia”. Untuk meningkatkan minat baca anak, CSR Allianz Indonesia menghadirkan Mobil Cerdas Allianz yang dimulai sejak tahun 2011 hingga sekarang. Dalam satu unit mobil, tersedia ratusan buku dan audio visual untuk mendukung pengetahuan anak-anak di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Economic Empowerment for Entrepreneur with Disabilities (EMPOWERED) dimulai tahun 2016, yakni program pemberdayaan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah penyandang disabilitas. Melalui EMPOWERED, CSR Allianz Indonesia memberikan pelatihan kepada para pendamping (Training of Trainer) dan peserta komunitas  (Training of Community). Materi yang diberikan berupa perencanaan dan pengelolaan keuangan, juga strategi untuk memajukan usaha. Selain itu, EMPOWERED juga memberikan dukungan berbentuk pemberian perlengkapan  penunjang usaha, dan audiensi ke pemerintahan setempat untuk membuka akses keuangan dan kemitraan.

Trust Network Finance (TNF) merupakan sebuah terobosan yang kami luncurkan sejak tahun 2016. Melalui TNF, Allianz Indonesia memberikan bantuan modal dan pembinaan untuk para pelaku usaha mikro dan menengah dengan konsep micro equity berbasis digital.

Secara umum, konsep TNF adalah sebagai berikut: wirausaha mikro dengan skala usaha informal dan unbanked (tidak memiliki/menggunakan akses keuangan), akan diseleksi berdasarkan keberhasilan mereka mengelola keuangan usaha dengan pola bagi hasil. Selanjutnya mereka akan diberikan pembinaan oleh mentor sehingga tumbuh menjadi wirausaha formal dan bankable (memiliki/menggunakan akses keuangan)

Tahun pertama TNF berhasil mengajak 100 wirausaha mikro menggunakan skema pemberdayaan micro equity yang baru pertama kali diuji coba di dunia. 

Di manapun kita tinggal, tumpukan sampah tak bisa dihindari. Sebagai dampak dari kehidupan manusia, permasalahan sampah hingga sekarang belum menemukan solusi yang paling tepat untuk mengatasi jumlahnya yang kian meningkat. CSR Allianz Indonesia mencoba untuk menjalankan langkah konkret dengan meluncurkan program Bank Sampah Guntur Sadar Lingkungan (GUSLING) pada tahun 2016,

Apa itu bank sampah?

Merupakan tempat dikumpulkannya sampah yang telah dipilah-pilah sebelumnya dan akan disalurkan ke pengepul sampah. Pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat setempat secara sukarela, dengan menggunakan sistem seperti perbankan. Masyarakat yang menyetorkan sampah ke bank sampah, akan memiliki buku tabungan. Semakin banyak sampah lolos pilah yang mereka kumpulkan, semakin banyak pundi-pundi tercatat di buku tabungannya.

Program rutin yang berlangsung setiap tiga bulan ini tak pernah sepi peminat. Mulai dari karyawan dan agen Allianz, hingga masyarakat sekitar kantor Allianz.  Harapan kami, dengan mengadakan donor darah rutin tak hanya bermanfaat bagi penerima darah, tetapi juga kepada para pendonor sebagai salah satu langkah untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Donor darah Allianz tak hanya berlangsung di Jakarta, tetapi juga dilaksanakan di beberapa kantor cabang Allianz Indonesia.

Program terbaru dari CSR Allianz Indonesia, yang fokus pada gaya hidup dan kesehatan reproduksi remaja. Tujuan dari program ini yaitu meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduktif remaja, pendidikan seks, bahaya narkoba dan pencegahan terhadap HIV/AIDS. Memahami bahwa tak cukup hanya mengedukasi para pelajar, kami juga menyasar orang tua dan guru untuk lebih berperan serta dalam membangun kesadaran siswa.