Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Allianz Indonesia Berikan Dukungan Proses Belajar Mengajar Bagi Para Pelajar di Tengah Era New Normal

Di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian, fokus terhadap kegiatan belajar-mengajar menjadi salah satu prioritas bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bersama dengan EDU Foundation ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung proses belajar dengan meluncurkan kegiatan Fun Science yang menyediakan materi pembelajaran sains secara online untuk siswa/i SD di Indonesia.
16 Juni 2020 | Allianz Indonesia

Pandemi COVID-19 memberikan berbagai tantangan baru terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk proses belajar-mengajar. Di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian, proses belajar mengajar tetap harus terlaksana dengan baik agar siswa/i mampu menerima ilmu dan pengetahuan sebagaimana harusnya.

Meski saat ini beberapa wilayah di Indonesia termasuk DKI Jakarta telah menerapkan kondisi New Normal, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mempersiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020 sebagai upaya mengantisipasi penyebaran pandemi COVID-19 pada usia anak-anak sampai dengan remaja.

Belajar dari rumah secara virtual menjadi hal yang umum dilakukan saat ini oleh para pengajar melalui berbagai pilihan platform digital. Namun, tidak sedikit yang menyatakan penerapan sistem belajar seperti ini menjadikan kegiatan belajar terkadang tidak optimal, baik bagi pihak pengajar maupun para siswa/i, mulai dari sistem belajar yang dinilai kurang menyenangkan, metode pembelajaran yang terasa “asing” hingga kegiatan lainnya yang terasa membosankan karena kondisi terlalu lama #DiRumahAja.

Melihat fenomena tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bersama dengan EDU Foundation berinisiatif menjalankan sebuah kegiatan belajar online yang menyenangkan bagi siswa/i di Indonesia, yang dinamakan Fun Science. 

Fun Science merupakan kegiatan yang memberikan alternatif solusi terkait dengan cara belajar sains yang dilakukan secara online dari rumah melalui pelaksanaan eksperimen sains sederhana yang menyenangkan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, sehingga hal tersebut juga memudahkan siswa/i untuk mempraktikkannya dari rumah. Penyampaian materi eksperimen sains ini disusun oleh Allianz Indonesia dan Tim EDU Foundation melalui sebuah tayangan video yang dipublikasikan melalui media sosial instagram Allianz Indonesia (@allianzindonesia), EDU Foundation (@edu.foundation), serta Ilmuwan Muda Indonesia (@indonesia.imi) setiap hari Jumat selama periode dari tanggal 15 Mei sampai dengan 31 Juli 2020. Peserta yang boleh berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah siswa SD umum dan siswa dari sekolah yang mendapatkan program SMILEY (Allianz Smart Mobile Library) yang saat ini tidak beroperasi untuk sementara waktu karena pandemi COVID-19. 

Dalam kegiatan ini, para siswa juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan giveaway. Melalui bukti rekaman video pelaksanaan eksperimen yang telah dilakukan, para siswa berkesempatan memenangkan giveaway berupa buku Sains Seru 2 yang dapat dimanfaatkan untuk belajar ilmu sains dengan lebih dalam, serta mencoba melakukan eksperimen lainnya yang dapat dilihat dan dipelajari dari buku tersebut. 

Tujuan diadakannya kegiatan Fun Science adalah untuk membantu para siswa/i mengatasi rasa jenuh dan stress selama beraktivitas #DiRumahAja, mengisi waktu luang siswa/i dengan cara menyenangkan melalui kegiatan bermanfaat, memberikan sudut pandang lain kepada anak bahwa belajar dapat dilakukan dengan cara menyenangkan tanpa harus selalu bertemu secara fisik dengan pengajar di sekolah, meningkatkan minat belajar sains kepada siswa/i melalui eksperimen sederhana, serta memberikan pengetahuan pada siswa/i dan orang tua bahwa eksperimen tidak selalu dilakukan dengan proses yang sulit atau bahkan identik dengan laboratorium, melainkan juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan dan alat-alat sederhana, sehingga meski #DiRumahAja tetap dapat belajar sains secara optimal.

Kegiatan Fun Science ini diharapkan mampu membantu siswa untuk tetap melakukan kegiatan bermanfaat dan menyenangkan selama #DiRumahAja, dan membantu siswa untuk tetap bersemangat dan #punyapower di tengah pandemi, serta terhindar dari rasa stress dan jenuh berlebihan.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.