Dukung Bisnis Berkelanjutan untuk Generasi Muda, Allianz Indonesia dan Solve Education! Gelar Ecopower Ideation Showcase di Bandung

Sebagai implementasi dari inisiatif global Social Impact Fund 2024 dari Allianz Group, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Solve Education!. 

01 Agustus 2025 | Allianz Indonesia

Jakarta, 1 Agustus 2025 – Sebagai implementasi dari inisiatif global Social Impact Fund 2024 dari Allianz Group, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan Solve Education!, telah menyelesaikan sebagian dari program Ecopower. Program ini dirancang untuk memberdayakan generasi muda Indonesia—termasuk penyandang disabilitas—melalui pendidikan dan pelatihan keterampilan yang terintegrasi dengan prinsip keberlanjutan lingkungan.

Ecopower merupakan bagian dari kontribusi terhadap Sustainable Development Goals (SDG) 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dengan mengedepankan akses pelatihan bisnis yang inklusif dan berdampak nyata. Solve Education! menyediakan pembelajaran daring berbasis teknologi kecerdasan buatan yang terbuka untuk masyarakat umum. Sejak dibuka pada bulan Agustus 2024 menggunakan platform Edbot.ai, tercatat lebih dari 18.000 peserta telah mendaftar dan mengikuti modul mengenai literasi keuangan dan ekonomi sirkular yang lebih ramah lingkungan.

Secara paralel, enrichment program Ecopower dibuka selama bulan Agustus – November 2024 untuk generasi muda dan komunitas disabilitas yang sedang merintis bisnis dan berdomisili di sekitar kota Bandung. Disaring dari lebih 1.000 pengguna Edbot.ai yang belajar Ecopower course, dari total lebih dari 160 pendaftar, akhirnya terpilih 55 peserta yang lolos seleksi. Enrichment program memadukan pembelajaran daring yang menyenangkan, adaptif, dan relevan, serta sesi webinar bulanan bersama para ahli dengan topik-topik seperti: mengelola keuangan, pengembangan ide, pelatihan membuat produk ramah lingkungan, serta panduan melakukan presentasi bisnis. Rangkaian program Ecopower mencakup sesi mentoring langsung yang difasilitasi oleh para karyawan Allianz Indonesia sebagai volunteer.

“Kolaborasi dengan Solve Education! melalui program Ecopower memberikan manfaat nyata bagi generasi muda dalam meningkatkan keterampilan keuangan dan bisnis. Program ini selaras dengan komitmen CSR Allianz Indonesia untuk mendorong pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, agar mereka lebih berdaya dalam mengembangkan usaha yang dirintis,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Ecopower Ideation Showcase Bandung: Dari Ide Menjadi Aksi

Sebagai bagian dari implementasi program dan menutup rangkaian pembelajaran untuk kota Bandung, Ecopower Ideation Showcase digelar baru-baru ini di Saung Angklung Udjo, Bandung. Acara ini mempertemukan 15 finalis terbaik dari 55 total peserta untuk memaparkan ide bisnis berkelanjutan mereka di hadapan para dewan juri yang terdiri dari praktisi bisnis dan mentor keberlanjutan.

 

Tiga pemenang Best Business Ideas telah terpilih untuk menerima dukungan penguatan usaha untuk mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut. Ketiga inovator muda ini membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah penghalang untuk menciptakan dampak. Mereka menjadi inspirasi nyata bahwa bisnis dapat menjadi alat perubahan sosial dan lingkungan yang inklusif. Mereka adalah:

Ranti Silvi Agustin, dengan brand RD Collection, menghadirkan fashion yang ramah disabilitas, didesain khusus agar penyandang disabilitas dapat berpakaian mandiri tanpa bantuan,

Muhamad Sabar, dengan I-Gre-En, sebuah solusi cerdas berupa budidaya larva organik (magot) dari sisa makanan. Inisiatif ini digerakkan oleh penyandang disabilitas, menciptakan peluang ekonomi sambil mengatasi persoalan limbah pangan, dan

Nazario Prianggara Kurniawan, dengan Tumbler Arizona, produk tumbler bermotif unik yang tak hanya menjaga suhu hingga 10 jam, tapi juga dibuat dari bahan ramah lingkungan. Sebuah langkah kecil dengan pesan besar tentang gaya hidup keberlanjutan dan pengurangan sampah air minum dalam kemasan plastik.

Acara ini juga menghadirkan lokakarya bisnis ramah lingkungan, sebagai bagian dari komitmen Ecopower dalam membangun kesadaran dan praktik ekonomi sirkular dikalangan generasi muda.

“Melalui Ecopower, kami tidak hanya memperluas akses literasi keuangan dan pelatihan wirausaha. Kami juga menciptakan ruang aman bagi generasi muda untuk berinovasi, tumbuh, dan membangun kepercayaan diri. Showcase ini menunjukkan bahwa ketika diberi kesempatan dan pendampingan, mereka mampu menghasilkan solusi yang berdampak dan relevan,” ujar Ni Made.

“Kami percaya bahwa pendidikan adalah jembatan menuju kesetaraan dan keberdayaan. Ecopower menjadi bukti bahwa pendekatan berbasis teknologi, inklusif, dan kolaboratif bisa menghasilkan solusi nyata. Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan luar biasa para inovator muda ini.” tutup Talitha Amalia, Co-founder Solve Education!.

Program Ecopower di Lombok akan dimulai pada Agustus 2025 sampai Juli 2026, melengkapi rangkaian inisiatif Ecopower sudah selesai dilaksanakan di Bandung. Dengan pendekatan pelatihan yang serupa—menggabungkan pembelajaran daring berbasis teknologi, sesi pelatihan tatap muka, webinar tematik, serta pendampingan dari para mentor—Ecopower di Lombok diharapkan dapat menjangkau lebih banyak generasi muda, termasuk penyandang disabilitas, untuk memperkuat kapasitas kewirausahaan mereka dan menciptakan solusi bisnis yang berkelanjutan dan berdampak bagi komunitas lokal.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.