Hadirkan Kartini Masa Kini, Ini Langkah Allianz Indonesia Dukung Kepemimpinan Perempuan secara Berkelanjutan

Memperingati Hari Kartini, Allianz Indonesia percaya dan senantiasa mendukung setiap peran wanita untuk memiliki hak yang setara dalam berkarya dan menjadi versi terbaik di lingkungan keluarga, sosial, bahkan tempat kerja. 

23 April 2025 | Allianz Indonesia

Jakarta, 23 April 2025 – Memperingati Hari Kartini, Allianz Indonesia percaya dan senantiasa mendukung setiap peran wanita untuk memiliki hak yang setara dalam berkarya dan menjadi versi terbaik di lingkungan keluarga, sosial, bahkan tempat kerja. Kesetaraan hak bagi perempuan ini harus terus diperjuangkan secara bersama-sama untuk mendorong lebih banyak perempuan Indonesia yang berdaya dan dapat terus memberikan kontribusi penting bagi kemajuan bangsa.

Sejalan dengan tujuan tersebut, Allianz Indonesia secara aktif mendukung kesetaraan gender lewat berbagai inisiatif nyata di lingkungan kerja. “Di Allianz Indonesia, kami memastikan bahwa kesetaraan untuk berperan bersama dalam mendorong kemajuan perusahaan bukan dirayakan pada momen tertentu saja, namun menjadikan hal ini sebagai budaya yang implementasinya harus terus dilakukan secara berkelanjutan. Dilatarbelakangi oleh budaya kesetaraan yang kuat di Allianz secara global, kami terus mengutamakan kualitas dan kemampuan seseorang (inclusive meritocracy) dalam bekerja serta berkontribusi
di Allianz,” kata Nina Hatumena, Head of People & Culture Allianz Indonesia.

Kesempatan yang sama bagi semua gender di lingkungan kerja Allianz ini dibuktikan dengan persentase tingkat eksekutif antara perempuan dan laki-laki yang berimbang yaitu 40,5% di seluruh entitas Allianz di dunia adalah perempuan. Pada cakupan wilayah Asia Pasifik, 57% karyawan Allianz adalah perempuan dan 46% di antaranya merupakan pemimpin. Di Allianz Indonesia sendiri juga membuktikan bahwa perempuan memiliki kapabilitas yang sama untuk menjadi pemimpin, di mana hal ini dibuktikan dengan 50% jajaran direktur Allianz Indonesia adalah perempuan.

Allianz memastikan terciptanya kesetaraan gender, di mana setiap gender mendapat kesempatan untuk memiliki akses yang setara dalam hal pengembangan karir dan memungkinkan mereka agar semakin termotivasi untuk meningkatkan perannya di lingkungan pekerjaan. Dalam cakupan regional, Allianz juga mengadakan berbagai inisiatif yang mendukung perempuan, salah satunya seperti inisiatif #SheSecures yang saat ini cakupannya terus berkembang untuk mendukung pemberdayaan perempuan (tenaga pemasar, karyawan dan nasabah) di seluruh Allianz Asia Pasifik melalui berbagai lewat kegiatan.

“Pemberdayaan perempuan merupakan satu misi kami agar perempuan dapat berpartisipasi secara aktif dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Rangkaian inisiatif yang diadakan Allianz merupakan bukti nyata penerapan nilai kesetaraan yang telah menjadi bagian dari value perusahaan dengan memberikan kesempatan dan tantangan yang sama tanpa melihat perbedaan gender. Allianz Indonesia mengajak setiap perempuan untuk memaknai perkembangan positif ini dan memberikan potensi terbaik dari setiap bidang dan mempersiapkan diri agar mampu bersaing, berkembang, dan berkarya,” tambah Nina.

Mendorong Kemajuan dan Inovasi Wanita lewat Growth Mindset

Kembali dalam rangkaian peringatan Hari Kartini dan inisiatif #SheSecures, Allianz Indonesia mengadakan kegiatan “Women’s Day Lunch & Learn Session” untuk merayakan pencapaian perempuan dan meningkatkan upaya pemberdayaan dengan mengedepankan growth mindset sebagai landasan pengembangan diri. Dengan mengundang Andien Aisyah, seorang penyanyi, penulis lagu Tanah Air, dan pendiri yayasan yang berfokus pada isu anak, parenting, perempuan, kesehatan, dan keberlanjutan, Allianz Indonesia menghadirkan sosok inspiratif yang terus menerapkan mindset pertumbuhan dalam kehidupan pribadi dan profesional untuk mencapai potensi maksimal.

Dalam kesempatan ini, Andien menyampaikan bagaimana perempuan memerankan banyak hal dan tanggung jawab dan akhirnya menganggap bahwa dirinya tidak mampu melakukannya secara utuh. Namun menurut Andien, perempuan yang utuh adalah ketika mereka menjalankan setiap peran tesebut dengan utuh dan sesuai skala prioritas yang harus dijalankan sesuai waktunya.

Andien juga menambahkan beberapa cara yang diterapkannya dalam mencapai versi diri terbaiknya yaitu dengan mengetahui diri kita sendiri dan mengenal jelas visi hidup kedepannya, menerapkan mindset bertumbuh dengan terus belajar apa yang ingin kita kejar dan lakukan meski dihadapkan dengan banyak kegagalan hidup, memilih support system untuk mendampingi proses pertumbuhan kita lewat teman-teman terdekat. Andien juga menekankan hal terpenting untuk mendorong growth mindset adalah dengan menghargai diri sendiri dengan melakukan praktik self-love setiap hari secara konsisten. Bagi Andien, praktik self-love akan mendorong diri kita untuk lebih produktif dan semakin percaya pada diri sendiri.

“Seringkali perempuan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang menghambat mereka untuk menjadi versi terbaiknya. Namun, perempuan juga merupakan bagian dari agen perubahan yang memiliki kapabilitas untuk berkembang, menjalankan setiap peran, dan ikut berperan aktif di lingkungan sosial dan kerja. Dengan mempertahankan growth mindset, kita akan mampu meyakinkan diri kita untuk menghadapi segala tantangan dan mencapai kesuksesan dengan memaksimalkan potensi diri yang kita miliki,” tutup Andien. 

Hadirkan Kartini Masa Kini, Ini Langkah Allianz Indonesia Dukung Kepemimpinan Perempuan secara Berkelanjutan

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.