Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia Luncurkan Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund untuk Investasi Fleksibel dengan Pendapatan Stabil

 

Menjawab kebutuhan tersebut, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) resmi meluncurkan Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund, yang didukung oleh PT Allianz Global Investors Asset Management Indonesia (AllianzGI Indonesia).

19 Mei 2025 | Allianz Indonesia

Jakarta, 19 Mei 2025 – Gejolak pasar keuangan dalam beberapa waktu terakhir membuat banyak nasabah mulai mencari alternatif investasi yang tak hanya menawarkan potensi pertumbuhan, tetapi juga mampu memberikan kepastian pendapatan. Menjawab kebutuhan tersebut, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) resmi meluncurkan Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund, yang didukung oleh PT Allianz Global Investors Asset Management Indonesia (AllianzGI Indonesia). Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund adalah sebuah produk investasi dengan pendekatan multi-aset yang dirancang untuk memberikan pendapatan rutin setiap bulan serta peluang pertumbuhan jangka panjang.

Peluncuran produk ini menjadi bagian dari komitmen bersama Allianz dan HSBC Indonesia dalam menyediakan solusi keuangan yang tidak hanya inovatif, tetapi juga relevan dengan kebutuhan nyata masyarakat. Laporan HSBC Quality of Life 2024 menunjukkan bahwa nasabah Premier di segmen affluent semakin mengutamakan keamanan finansial dan pentingnya diversifikasi portofolio di tengah ketidakpastian pasar. Kekhawatiran terhadap kenaikan biaya kesehatan dan kebutuhan perencanaan pensiun juga semakin menambah urgensi nasabah dalam mencari investasi yang tidak hanya memberikan stabilitas jangka pendek tetapi juga dapat memastikan keberlanjutan finansial dalam jangka panjang.

Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund hadir sebagai solusi dengan pendekatan multi-aset yang fleksibel, di mana sekitar 70% alokasi dana ditempatkan pada obligasi pemerintah Indonesia, sehingga memberikan dasar yang kuat bagi terciptanya pendapatan rutin yang konsisten bagi nasabah. Alokasi ini juga sejalan dengan preferensi investor affluent terhadap aset dengan tingkat volatilitas yang lebih terjaga dan dinilai mampu memberikan stabilitas dalam portofolio sekaligus menjadi fondasi bagi rencana keuangan jangka panjang.

“Allianz Life Indonesia memahami bahwa banyak nasabah menginginkan investasi yang tidak hanya tumbuh dari sisi nilai, tetapi juga memberikan manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari. Bekerja sama dengan AllianzGI Indonesia, kami meluncurkan Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund sebagai solusi yang memungkinkan nasabah untuk menerima pendapatan bulanan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengeluaran rumah tangga hingga perencanaan warisan. Dengan kekuatan Allianz yang bisa memberikan solusi finansial A-Z secara menyeluruh, mulai dari proteksi asuransi hingga investasi, produk ini dapat membantu nasabah melindungi rencana masa depan yang dimiliki di tengah ketidakpastian yang terjadi.” ujar Alexander Grenz, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund mengalokasikan dana secara terdiversifikasi ke saham Indonesia, obligasi pemerintah, dan instrumen pasar uang, serta dikelola dengan strategi investasi yang fleksibel. Dengan target distribusi sebesar 5% per tahun yang dibayarkan setiap bulan, pendapatan rutin yang diterima nasabah berasal dari kupon obligasi, dividen saham, serta potensi kenaikan nilai investasi dalam portofolio.

Fund baru ini dapat dimiliki oleh nasabah HSBC Indonesia pada produk unit link yang tersedia, yakni Ultimate Wealth Assurance, dan Premier Plan Assurance, produk asuransi jiwa unit link untuk perlindungan disertai potensi pengembangan investasi jangka panjang, dengan keunggulan masing-masing yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Lanny Hendra, International Wealth and Premier Banking Director, PT Bank HSBC Indonesia mengatakan, “HSBC Indonesia terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi investasi yang inovatif dan relevan bagi nasabah kami. Peluncuran Smartwealth Rupiah Multi Asset Income Fund ini sejalan dengan salah satu pilar kami yaitu “Wealth Management” yang mana kami ingin senantiasa menjadi mitra terpercaya dalam hal pengelolaan dan proteksi kekayaan nasabah kami.”

Dengan hadirnya produk ini, Allianz Life Indonesia dan HSBC Indonesia semakin memperkuat komitmennya dalam menyediakan solusi keuangan yang tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga mendukung kebebasan finansial melalui pendapatan yang stabil dan berkelanjutan.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.