Peringati Hari Anak Nasional, Allianz Indonesia Beri Edukasi tentang Keuangan Sambil Ajak Anak-anak Bermain di Ruang Terbuka

 

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli, menggelar peringatan Hari Anak Nasional dengan mengadakan inisiatif belajar dan bermain bersama anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mereka mencapai kemandirian dan kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Di saat yang bersamaan, anak-anak juga dapat meluangkan waktu dengan cara menyenangkan dengan bermain permainan tradisional.

23 Juli  2022 | Allianz Indonesia

Jakarta, 23 Juli 2022 – Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli mengajak anak-anak untuk belajar khususnya mengenai keuangan, sambil bermain. Kegiatan ini diadakan di tiga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta, yaitu RPTRA Pola Idaman, Pondok Labu, RPTRA Taman Gajah, Cipete, dan RPTRA Puri Kembangan. Karyawan-karyawan Allianz Indonesia juga berpartisipasi pada kegiatan ini sebagai volunteer, dengan menjadi fasilitator, yang mendampingi dan ikut bermain bersama anak-anak.

“Pasca terjadinya pandemi, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan anak-anak, termasuk cara belajar dan bersosialisasi. Ini adalah bentuk kepedulian Allianz Indonesia terhadap pemenuhan hak anak-anak, khususnya dalam mendapatkan edukasi dan sarana untuk bermain. Kegiatan ini juga merupakan komitmen kami menjalankan program CSR sesuai empat pilar, yaitu pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan serta lingkungan dan bencana alam, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Melalui program ini, Allianz Indonesia memberikan edukasi dasar mengenai keuangan kepada anak-anak rentang usia 7-13 tahun. Anak-anak akan diberikan pemahaman mengenai bagaimana cara membedakan kebutuhan dan keinginan, serta kaitannya dengan keputusan menggunakan uang yang dimiliki.

Dengan bentuk simulasi berbelanja makanan yang mudah ditemui sehari-hari, anak-anak akan belajar memahami dan menentukan pengelolaan keuangan secara bijak dan cara mengendalikan pengeluaran. Pemberian edukasi dengan cara yang sederhana akan memudahkan anak-anak dalam memahami, dan pemahaman ini akan selalu diterapkan pada kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Selain itu, anak-anak juga akan diajak untuk bermain bersama dalam beberapa permainan tradisional seperti Kursi Menari, Ular Naga dan Galasin. Melalui permainan, anak-anak dapat menyalurkan kreativitas dan imajinasinya dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak juga dapat melatih fisik, bergaul dengan teman sebaya, memainkan berbagai peran, mengembangkan bakat, menumbuhkan sifat dan sikap yang positif, serta mengekspresikan perasaan.
“Inisiatif belajar dan bermain bersama anak-anak ini bertujuan untuk membantu mereka mencapai kemandirian dan kemampuan mengelola keuangan dengan baik, sehingga mereka dapat menentukan tujuan keuangan ingin dicapai dengan cara yang tepat. Di saat yang bersamaan, kami juga ingin anak-anak dapat meluangkan waktu dengan cara yang menyenangkan dengan bermain. Permainan tradisional, adalah hal yang harus terus dilestarikan, terutama di tengah terpaan kemajuan teknologi. Dengan mengenal budaya bangsa, harapannya anak-anak akan terus melestarikan permainan tradisional sampai ke generasi selanjutnya,” kata Ni Made Daryanti.
Program belajar sambil bermain ini juga disertai Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa buah-buahan dan yogurt untuk anak-anak. Sebagai komitmen Allianz Indonesia untuk memberikan edukasi yang berkelanjutan kepada masyarakat, di ketiga RPTRA ini akan diadakan juga program berupa belajar Bahasa Inggris sederhana, melukis dan literasi keuangan lanjutan untuk anak selama dua bulan ke depan.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.