Rahasia Allianz Indonesia Menjaga Resilience dalam Situasi Pandemi dengan Terapkan Governance, Risk, Compliance

 

Untuk menghadapi situasi pandemi yang tidak menentu ini Allianz Indonesia dapat bertahan dan terus maju melalui penerapan Governance Risk Compliance (GRC) agar dapat tetap mencapai misi untuk memberikan proteksi bagi masyarakat Indonesia.

03 September 2021 | Allianz Indonesia

Jakarta, 3 September 2021 – Allianz Indonesia berkomitmen penuh untuk menerapkan Governance Risk Compliance (GRC) dalam kondisi apapun agar tetap dapat mencapai tujuan untuk memberi perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia.

Terkait hal tersebut, Allianz Indonesia berpartisipasi pada GRC Summit 2021, yang merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Risk Management Professional Association (IRMAPA). GRC Summit 2021 bertujuan untuk membahas bagaimana pendekatan GRC terintegrasi membantu organisasi untuk dapat meningkatkan agilitas dalam menjawab tantangan di tengah situasi ketidakpastian, dan bagaimana pendekatan GRC terintegrasi dapat menambah nilai ke organisasi dalam wujud resilience dan sustainabilitas. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah "Agility Amid a Chaotic World"

Hadir sebagai perwakilan dari Allianz Indonesia, Adrianus Darmawan, Chief Risk Officer Allianz Life Indonesia yang membawakan materi pada sesi diskusi panel mengenai GRC for Resilience. Implementasi GRC di Allianz Indonesia memiliki peran signifikan untuk memungkinkan organisasi mengantisipasi situasi ketidakpastian terkait pandemi dan dinamika kebijakan yang menyertainya.

Adrianus menggambarkan GRC dengan analogi rubik cube yang dapat bergerak dinamis, namun tetap berwujud utuh sebagai satu kesatuan bentuk. GRC dapat menjadi enabler untuk respon agilitas dengan tetap menjaga prinsip kehati-hatian. Sisi rubik mengilustrasikan elemen-elemen perusahaan, sedangkan mekanisme inti dari rubik itu adalah kerangka kerja GRC yang menjaga kesatuan bagi seluruh sisi rubik tersebut. GRC bisa dan harus berfungsi sebagai kerangka kerja yang mengikat elemen bisnis dengan penempatan akuntabilitas, untuk secara keseluruhan dapat bekerja bersama memberikan nilai kepada perusahaan, Keseluruhan elemen dapat bergerak tanpa tercerai-berai ketika organisasi memiliki tujuan, pemahaman dan arah yang sejalan. Dengan memiliki kerangka kerja GRC terintegrasi, memungkinkan perusahaan menerapkan pendekatan terstruktur yang akan memungkinkan risk conscious decision making untuk mengantisipasi dampak negatif terhadap aspek seperti strategi, operasional, finansial, organisasi, maupun kepatuhan.

Pada awal tahun 2020 lalu sebelum kondisi ditetapkannya pandemi, Allianz Indonesia sudah melakukan beberapa antisipasi seperti membagikan vitamin dan hand sanitizer kepada seluruh karyawan. Allianz Indonesia mengantisipasi lebih lanjut dengan pelaksanaan proses crisis management, perusahaan merespon dengan cepat serta melakukan perubahan agar tetap dapat memastikan keberlanjutan kegiatan operasional untuk memenuhi layanan bagi masyarakat. Allianz telah memulai journey untuk meningkatkan kemampuan digital sejak beberapa tahun lalu, sebagai bagian dari agenda Allianz Group. Pandemi menjadi katalis yang mempercepat peningkatan kemampuan digital perusahaan.
“Pada awal masa pandemi, GRC yang diterapkan di Allianz Indonesia telah membantu identifikasi risiko lebih awal yang memungkinkan antisipasi lebih awal, contohnya denggan penyediaan perangkat remote working, sistem digital yang mendukung bisnis, didukung kolaborasi dan komunikasi yang baik sehingga memungkinkan kami membuat keputusan dengan cepat dan tetapmempertimbangkan prinsip kehati-hatian. Kami menetapkan tiga prioritas yaitu yang pertama keselamatan staf, untuk dapat memastikan layanan kepada pelanggan dan mitra bisnis, sehingga dengan demikian kami dapat menjaga kinerja. Dengan demikian, Allianz Indonesia tetap dapat menjalankan kegiatan operasional walaupun sekitar 95% karyawan bekerja dari rumah. Selain itu, kami juga selalu memantau dinamika kebijakan pemerintah agar dapat menyesuaikan aktivitas operasional sesuai dengan ketentuan yang ada,” Adrianus menjelaskan pada diskusi panel GRC Summit 2021.
Komunikasi menjadi perhatian perusahaan dalam menghadapi situasi ini. Komunikasi yang intens diterapkan, seperti melalui Town Hall Meeting, informasi yang disampaikan melalui email oleh Corporate Communication, dan beragam komunikasi lainnya yang menyesuaikan dengan perkembangan situasi. Ketahanan organisasi selama pandemi adalah hasil kerja tim. Nilai organisasi adalah care, yang mendorong kualitas terbaik dari setiap individu untuk saling mendukung. Dukungan antara satu sama lain untuk tetap menjadi kesatuan tim yang resilience dalam menghadapi situasi ini dilakukan melalui beragam aktivitas untuk meningkatkan engagement, terutama melalui virtual event untuk karyawan.

Kunci penting penerapan GRC untuk mencapai kondisi resilience antara lain dengan menerapkan kode etik sebagai dasar tingkah laku individu pelaksana penggerak perusahaan agar tetap menjaga prinsip kehati-hatian dalam menjalankan agenda yang telah dibuat, juga arah yang jelas. Organisasi perlu memiliki kerangka dan proses manajemen risiko, yang dimulai dengan memahami situasi dan mengidentifikasi risiko yang sedang dihadapi, dianalisa, dinilai dan kemudian respon atas risiko dilaksanakan. Penting untuk melibatkan seluruh elemen dalam kolaborasi, demikian juga menjaga komunikasi dan transparansi. Hal-hal tersebut akan mendukung risk conscious decision making, dengan disertai akuntabilitas dan penempatan tanggung jawab akan mendukung pelaksanaan GRC, dan didukung dengan kaji ulang secara berkala.

“Agar tetap resilience dan relevan dalam menghadapi ketidakpastian, sebagai satu kesatuan tim melakukan pengambilan keputusan yang mempertimbangkan risiko, menetapkan langkah prioritas yang akan diambil, kepatuhan atas regulasi yang berlaku, dikaji ulang secara berkala.  Diperlukan transparansi dan kolaborasi yang inklusif melibatkan semua elemen organisasi untuk terus bergerak sebagai satu kesatuan menghadapi tantangan di masa." ujar Adrianus sebagai penutup dari presentasi pada panel discussion.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.