Di Tengah Tantangan Ekonomi, Allianz Life Indonesia Pertahankan Peringkat Nasional Tertinggi ‘AAA’ dari Fitch Ratings

 

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) kembali memperoleh Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) tertinggi 'AAA (idn)', Outlook Stabil dari Fitch Ratings Indonesia berdasarkan kinerja finansial di tahun 2024. 

7 Maret 2024 | Allianz Indonesia

Jakarta, 7 Maret 2025 – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) kembali memperoleh Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) tertinggi 'AAA (idn)', Outlook Stabil dari Fitch Ratings Indonesia berdasarkan kinerja finansial di tahun 2024.

Peringkat Nasional 'AAA' merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch Ratings dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.

Dengan memperoleh Peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) tertinggi 'AAA (idn) ini, Allianz Life telah membuktikan kondisi kesehatan keuangan perusahaan selama tiga tahun berturut-turut.

“Rating ini menunjukkan komitmen kuat Allianz untuk terus melindungi dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, meskipun ada tantangan ekonomi dan ketidakpastian yang ada. Kami akan selalu menjaga kekuatan keuangan kami untuk terus memberikan solusi dan perlindungan terbaik bagi pelanggan kami. Allianz juga konsisten dalam berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan permintaan pasar untuk mempertahankan relevansi pendekatan One Allianz dalam solusi holistik yang kami berikan, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, syariah, dan umum hingga solusi investasi. Pendekatan solusi A-Z ini menempatkan kami di posisi yang sangat kuat dan unik di pasar. Dengan menerapkannya, kami percaya pencapaian perusahaan akan berbanding lurus dengan strategi dan upaya yang kami terapkan,” kata Alexander Grenz, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Salah satu dasar dari pemberian rating ini adalah dukungan kuat yang didapatkan Allianz Life dari perusahaan induknya, Allianz SE, dan memiliki dasar modal yang solid. Profitabilitas perusahaan meningkat pada 2024 dengan pertumbuhan premi yang lebih tinggi, pengurangan biaya berkat digitalisasi, dan manajemen risiko yang lebih baik. Allianz Life memiliki business presence yang kuat, pendekatan risiko yang konservatif, dan portofolio investasi yang sangat likuid.

Di tengah pasar yang penuh tantangan dan tidak berkembang sesuai harapan, serta munculnya berbagai klaim, Allianz Life telah berhasil mengatasi rintangan ini melalui adaptasi, perencanaan strategis, dan komitmen yang teguh terhadap nasabah kami. Retensi peringkat Allianz Life merupakan suatu keberhasilan, didorong oleh pertumbuhan Pendapatan Premi yang diperoleh sepanjang tahun 2024, yang mencapai IDR 16,5 triliun, meningkat 9,6% berdasarkan Laporan Keuangan 2024 (belum diaudit). Pendapatan premi perusahaan didukung oleh penjualan yang seimbang antara produk asuransi jiwa unit-link dan produk asuransi jiwa tradisional melalui berbagai saluran distribusi pemasaran.

Allianz Life mencapai kinerja dan kesehatan keuangan yang baik di tahun 2024, dengan salah satu indikator tingkat RBC yang berada di 259%, lebih tinggi dari ambang batas yang ditentukan OJK. Allianz Life telah membuktikan komitmen memberikan perlindungan kepada nasabah, melalui pembayaran klaim sebesar Rp4,18 triliun.

“Dengan kinerja finansial yang solid dan reputasi brand yang kuat secara global, kami terus fokus pada tujuan perusahaan untuk melindungi masa depan lebih banyak masyarakat Indonesia. Kami juga akan terus berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya perlindungan asuransi, sehingga industri asuransi di Indonesia juga terus berkembang.” tutup Alex.

 

Di Tengah Tantangan Ekonomi, Allianz Life Indonesia Pertahankan Peringkat Nasional Tertinggi ‘AAA’ dari Fitch Ratings

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.