Allianz Beberkan Strategi Ciptakan Agen Kelas Dunia lewat Pinnacle Excellence Program

 

Untuk menjawab tantangan penetrasi asuransi di Indonesia, Allianz senantiasa meningkatkan kualitas agen dengan kemampuan yang lebih memadai dan memberikan wawasan untuk menavigasi lanskap finansial yang selalu berubah, salah satunya melalui Pinnacle Excellence Program. 

11 Maret 2024 | Allianz Indonesia

Singapura, 11 Maret 2025 – Pertumbuhan industri asuransi masih diwarnai dengan sejumlah tantangan. Berdasarkan data dalam ASEAN Insurance Surveillance Report 2022, penetrasi asuransi Indonesia rendah jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Tantangan ini didorong oleh berbagai faktor yang beragam – salah satu diantaranya yaitu kurangnya kepercayaan masyarakat dalam menggunakan asuransi swasta karena masih adanya pandangan bahwa agen hanya sebagai tenaga penjual semata. Padahal lebih dari itu, agen memegang peranan penting sebagai konsultan perencanaan keuangan yang handal. Untuk menjawab tantangan ini, Allianz senantiasa berkomitmen dalam meningkatkan kualitas agen-agen terpercaya, salah satunya melalui Pinnacle Excellence Program.

Allianz Asia Pacific dengan bangga mengumumkan wisuda perdana bagi 200 agen dan agency leaders dari Pinnacle Excellence Program (PEP), sebuah inisiatif terobosan yang disusun bersama INSEAD, salah satu sekolah bisnis terkemuka di dunia. Pencapaian ini menegaskan dedikasi Allianz untuk memfasilitasi tenaga pemasarnya dengan kemampuan yang lebih memadai dan memberikan wawasan untuk menavigasi lanskap finansial yang selalu berubah, sambil mendukung strategi Pinnacle 2030 yang lebih luas dan berfokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan hubungan dengan nasabah.

Hasil Transformatif & Kinerja Agency yang Kuat

Lulusan dari kelompok pertama ini menunjukkan pertumbuhan produktivitas lebih dari 40% dan hampir 40% memenuhi syarat untuk Million Dollar Round Table (MDRT) – standar global konsultan finansial tertnggi. Pencapaian tersebut berkontribusi kepada kekuatan kinerja agency Allianz Asia Pacific hingga Kuartal III/2024 (9M 2024), yang ditandai dengan peningkatan sebesar 19% pada New Business Value (NBV) dan pertumbuhan 8% di sisi Annualised Premiums (ANP). Terutama, ANP dari agen aktif meningkat hingga 11% yang mencerminkan penekanan strategis dalam mengembangkan jejaring agency dengan kinerja yang maksimal dan berpusat pada nasabah.

Sebuah Program yang dirancang “Bagi Agen, Oleh Agen”

PEP telah dikembangkan melalui kolaborasi yang luas dengan praktisi industri terkemuka, termasuk agen dan agency leaders dengan kinerja terbaik di seluruh Asia Pasifik. Wawasan di lapangan yang mereka miliki telah membentuk perjalanan pembelajaran khusus yang dapat menjadi pendorong utama bagi kesuksesan jangka panjang di antara pasar yang kompetitif saat ini. Tidak seperti program pelatihan asuransi yang konvensional, PEP mengintegrasikan ketelitian akademis dan penerapan yang praktis melalui:

-        Pembelajaran yang disampaikan dengan cara yang terintegrasi: menyatukan kasus pembelajaran teoretis, proyek yang mengedepankan aksi, dan pelatihan melalui role-play

-        Modul keahlian yang terfokus: mencakup topik Customer Psychology, Leadership, komunikasi, dan strategi sebagai entrepreneur.

-        Penerapan secara nyata: Memfasilitasi peserta untuk menerjemahkan pembelajaran di kelas menjadi hasil yang nyata, mulai dari keterlibatan dengan nasabah hingga kemampuan leadership dalam tim.

“Visi kami di Allianz adalah untuk membangun tenaga pemasar kelas dunia yang dapat memberikan pelayanan terbaik dan solusi finansial terpercaya,” kata Anusha Thavarajah, Regional Chief Executive Officer, Allianz Asia Pacific. ”Program Pinnacle Excellence adalah pilar utama dari strategi Pinnacle 2030 yang dirancang untuk meningkatkan tenaga pemasar kami, memperkuat keterlibatan dengan nasabah, dan membangun pertumbuhan jangka panjang. Melalui proram ini, kami tidak hanya transfer pengetahuan – kami membentuk masa depan konsultan finansial dengan memfasilitasi para agen kami dengan kemampuan, tools, dan mindset yang dibutuhkan untuk kesuksesan yang berkelanjutan.”

“Inisiatif ini menunjukkan bukti nyata Allianz yang terus meningkatkan kualitas agen agar yang dapat melampaui standar yang ada sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah. Allianz Indonesia turut mendukung visi besar Allianz dalam mendukung pengembangan mereka dan memastikan peningkatan kualitas agen dapat berdampak secara berkelanjutan, bahkan mampu menjadi konsultan finansial terbaik bagi perencanaan finansial nasabah. Ini merupakan suatu upaya untuk memberikan layanan yang relevan, berkelanjutan, sehingga dapat menjawab tantangan penetrasi asuransi khususnya di Indonesia saat ini,” tambah Himawan Purnama, Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia.   

Memperbaiki Standar di Industri

Di tengah peningkatan ekspektasi nasabah yang terus berlanjut, lulusan PEP muncul sebagai konsultan yang terlatih dan pemimpin yang berkomitmen untuk melindungi kesejahteraan finanansial nasabahnya. Dengan menekankan pada pembelajaran secara terus menerus, keahlian lebih lanjut dalam hal perencanaan keuangan, dan pengembangan leadership, Allianz bertujuan untuk meningkatkan standar kualitas layanan konsultasi di Asia Pasifik.

“Di INSEAD, kami percaya dalam meningkatkan tanggung jawab pemimpin yang dapat menavigasi kompleksitas dan mendorong dampak yang nyata,” tutur Sameer Hasija, Dean of Executive Education & Dean of the Asia Campus at INSEAD.” Kolaborasi kami dengan Allianz pada Program Pinnacle Excellence menunjukkan misi – menyatukan edukasi bisnis kelas dunia dengan penerapan secara nyata untuk memberdayakan agen dengan pengetahuan, kemampuan, dan cara berpikir yang strategis untuk memimpin dan menciptakan dampak positif di lanskap finansial terkini.”

Menatap ke depan: Pertumbuhan dan Perbaikan Masa Depan

Dua ratus lulusan mewakili komposisi agen yang beragam, mulai dari agen baru, agency leaders yang penuh visi, dan profesional yang berpengalaman – semuanya mendapat manfaat dari program PEP yang mengunakan pendekatan seara langsung. Membangun kesuksesan ini, Allianz akan memperbanyak program yang ke depannya dapat mendukung agen untuk:

-        Mengakses metode pembelajaran inovatif yang dirancang untuk pasar yang dinamis

-        Mengembangkan kapabilitas leadership yang dapat mendorong kinerja tim dan kepercayaan nasabah

-        Memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan yang berkelanjutan di antara dinamika industri layanan finansial di Asia

Allianz terus berkomitmen untuk menciptakan pengembangan industri terkemuka yang dapat mempersiapkan agen sebagai konsultan finansial untuk menghadapi tantangan masa depan dan memastikan nasabah terus mendapatkan bimbingan terbaik hingga ke masa mendatang.

Allianz Beberkan Strategi Ciptakan Agen Kelas Dunia lewat Pinnacle Excellence Program

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.