Tahun ini, menjadi kali kedua Allianz Indonesia menyelenggarakan program Allianz Master Class yang merupakan sebuah program pengembangan bakat yang dikemas dalam bentuk kompetisi bagi kalangan milenial untuk menciptakan inovasi dan solusi dalam meningkatkan literasi asuransi di generasi muda dan memajukan industri asuransi di Indonesia.
Berdasarkan data yang diperoleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) tahun 2019, hanya sekitar 1.4% masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi. Rendahnya angka penetrasi asuransi ini dinilai karena ketidaklengkapan informasi yang diperoleh masyarakat terkait dengan asuransi, mulai dari jenis-jenis asuransi, manfaat penggunaan asuransi seperti untuk investasi, membantu meminimalisir kerugian ataupun memberikan proteksi dan lain sebagainya. Untuk itu, melalui program ini, Allianz Indonesia berkomitmen mengedukasi masyarakat, khususnya generasi milenial Indonesia terkait dengan industri asuransi serta mempersiapkan keahlian yang dierplukan para peserta ketika memasuki dunia kerja di masa yang akan datang. [Ma1]
Allianz Indonesia memilih 25 mahasiswa terbaik yang telah melalui tahap seleksi sebelumnya diantara lebih dari 1.500 pendaftar program Allianz Master Class Batch 2. Peserta dalam program ini tersebar di tiga lokasi berbeda yakni, 15 mahasiswa dari Jakarta, 5 mahasiswa dari Bandung serta 5 mahasiswa dari Yogyakarta.
Pelaksanaan Allianz Master Class 2020 terbagi menjadi tiga sesi yang dimulai pada tanggal 6 November di mana peserta diharuskan mengikuti online gathering yang betujuan untuk memahami informasi mengenai Allianz Master Class. Kemudian, pada tanggal 12 November, peserta hadir dalam offline gathering yang diadakan di wilayah masing-masing serta dihadiri secara virtual oleh Joos Louwerier, Country Manager & President Director Allianz Life Indonesia. Selanjutnya, pada tanggal 16 – 20 November, sesi pembekalan materi diselenggarakan dan diawali dengan pengenalan Allianz Indonesia di antaranya mengenai produk-produk yang dimiliki oleh Allianz, baik asuransi jiwa, umum maupun kesehatan, serta informasi seputar Allianz Life Changer. Selain itu, para peserta juga diberikan informasi dan gambaran terkait dengan social media campaign, investment for millennial, career insight, dan lainnya [Ma2] yang disampaikan oleh para speakers dari Allianz Indonesia. Untuk meningkatkan semangat para peserta, Allianz juga menghadirkan Ricky Setiawan, Co-Founder Impact Factory yang menyampaikan motivasi-motivasi dalam meraih cita-cita dan harapan untuk masa depan. Di samping itu, para peserta juga berkesempatan berbincang langsung secara virtual dengan Peter van Zyl, President Director Allianz Utama Indonesia dan Cindy Cui, Chief Financial Officer Allianz Indonesia terkait dengan industri asuransi maupun tentang professional skill.