Klarifikasi Pemberitaan Negatif & Penyebaran Hoax tentang Allianz Indonesia
24 September 2019

Sebagai bagian dari good corporate governance, manajemen Allianz Indonesia selalu memantau setiap perkembangan pemberitaan melalui seluruh channel komunikasi. Salah satu yang menjadi perhatian manajemen saat ini adalah maraknya pemberitaan negatif dan penyebaran hoax berupa penyebaran berita bohong/informasi tidak benar yang bersifat menyesatkan & tendensius, terkait beberapa hal meliputi kinerja & peringkat perusahaan, keluhan nasabah terkait proses klaim, permasalahan agen dan laporan manajemen yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan maksud untuk mendiskreditkan image dan reputasi Allianz. Saat ini penyebaran hoax dilakukan melalui whatsapp ataupun postingan di media sosial, bahkan di beberapa non prime media online.

Perlu kami tekankan bahwa penyebaran berita negatif ataupun Informasi hoax di industri asuransi seperti juga umumnya di industri lain, berasal dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dari pihak lainnya serta melakukan praktik persaingan tidak sehat. Sejauh ini hal ini dilakukan melalui berbagai tindakan penyebaran berita bohong untuk menutupi proses hukum yang sedang berjalan terkait tindakan penipuan asuransi yang dilakukan oleh oknum tersebut.

 

Apabila kita cermati seluruh pemberitaan tersebut berasal dari sumber yang sama, dimana oknum tersebut terlibat kasus penipuan asuransi dan sebagai upaya untuk lepas dari kasus yang menimpanya maka oknum tersebut melakukan black campaign (kampanye gelap) guna merusak citra & reputasi perusahaanantara lain dengan membangun narasi dan berita negatif tentang semua permasalahan yang disebutkan diatas.

 

Selain daripada itu, terkait pemberitaan di beberapa media online & media sosial maupun peredaran informasi di whatsapp group message yang menyebutkan tentang pemeriksaan terhadap manajemen Allianz Indonesia oleh pihak berwenang, bersama ini kami informasikan bahwa pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan sebagai saksi, dimana hal tersebut adalah proses biasa yang wajib dipenuhi oleh setiap wajib hukum dan merupakan kelanjutan dari kasus penyalahgunaan klaim asuransi di tahun 2017 oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan dari klaim asuransi, dan berkaitan dengan proses hukum/persidangan yang sedang dijalani oleh oknum tersebut.

 

Berdasarkan semua kondisi yang telah dijelaskan diatas, manajemen Allianz Indonesia menghimbau kepada semua agen maupun Bank Partners untuk melakukan hal dibawah ini:

  1. Tidak turut panik/terhasut/terpancing saat menerima berita negatif maupun informasi hoax baik itu melalui penyebaran whatsapp group message, pemberitaan di media sosial maupun media online.
  2. Tidak menyebarkan berita negatif dan informasi hoax tersebut sehingga membuatnya semakin viral seperti yang diharapkan oleh oknum pembuat & penyebar berita tsb.
  3. Cermat untuk melihat siapa penyebar berita negatif & informasi hoax tersebut, biasanya pelakunya terfokus pada sekumpulan orang yang sama, itu-itu saja, yang terkait dengan oknum yang saat ini sedang menjalani proses hukum persidangan terkait penyalahgunaan klaim asuransi.
  4. Cermat untuk melihat dimana berita-berita negatif dan informasi hoax tersebut disebarkan, biasanya hanya terfokus pada media sosial yang dikelola oleh oknum yang saat ini sedang menjalani proses hukum persidangan terkait penyalahgunaan klaim asuransi dan non prime media online yang digunakan dengan sengaja oleh oknum tsb untuk menyebarkan berita negatif.
  5. Cermat untuk melakukan Cross-check dan Double-check, cari sumber-sumber informasi yang dapat dipercaya, segera laporkan dan meminta konfirmasi/klarifikasi kepada team Corporate Communications Allianz Indonesia atau melalui email: allianzindonesia@allianz.co.id.

 

Selanjutnya berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui oleh agen dan bank partners terkait tindak lanjut yang telah dilakukan dan komitmen perusahaan terhadap semua pemberitaan negatif & penyebaran informasi hoax tsb:

  1. Perusahaan telah berkordinasi dengan pihak terkait & berwenang untuk melakukan monitor & identifikasi terhadap oknum-oknum yang melakukan penyebaran berita negatif maupun  informasi hoax tsb di media social, whatsapp group message maupun non prime media online.
  2. Semua penyebaran hoax dan pemberitaan negatif tsb akan dijadikan bukti lebih lanjut bagi perusahaan untuk pelaporan terkait UU ITE dan pencemaran nama baik.
  3. Perusahaan senantiasa bersungguh-sungguh menangani setiap keluhan, menghormati hak nasabah, beritikad baik menyelesaikan keluhan dan selalu mengupayakan jalan terbaik.
  4. Perusahaan berkomitmen untuk melakukan pembayaran klaim sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis.
  5. Perusahaan terus berinovasi dalam menciptakan konsep digital dan teknologi terkini untuk menjawab kebutuhan dalam memberikan kemudahan klaim Asuransi, Namun dilain pihak sejumlah oknum, baik individu maupun sindikat memanfaatkan celah dalam kemudahan pengajuan klaim untuk melakukan aksi kecurangan atau fraud.
  6. Perusahaan mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah mengeluarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 46/SEOJK.05/2017 tentang Pengendalian Fraud, Penerapan Strategi Anti Fraud, dan Laporan Strategi Anti Fraud.
  7. Perusahaan bersama dengan industri asuransi serta pihak terkait & otoritas memberikan perhatian yang sangat serius untuk melindungi nasabah terhadap tindakan-tindakan kecurangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu demi mendapatkan keuntungan dari klaim Asuransi / penyalahgunaan klaim Asuransi.
  8. Perusahaan senantiasa mendukung dan menghormati proses hukum yang berlangsung dan menyerahkan semua keputusan kepada pihak yang berwenang.

 

Dengan demikian kepada seluruh karyawan, agen & Bank Partners, agar tetap solid dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. Semua pemberitaan negatif & penyebaran informasi hoax tidak berdampak apapun terhadap kelangsungan bisnis Allianz Indonesia. Sampai dengan bulan September 2019, Allianz Indonesia tetap berhasil meraih 36 award nasional untuk berbagai kriteria. Untuk skala internasional & peringkat global, Allianz Group mendapat beberapa penghargaan & termasuk dalam perusahaan asuransi terbesar di dunia serta peringkat tertinggi di bidang sustainabilitas kinerja perusahaan. Agen, Bank Partners maupun nasabah tidak perlu merasa khawatir karena perusahaan tetap dalam kondisi yang kuat terbukti dengan pencapaian dan pengakuan  dalam skala nasional untuk Allianz Indonesia maupun skala internasional untuk Allianz Group.

 

 

To read information in English, please click link below:

Clarification on hoaxes and misinformation against Allianz Indonesia