Imbauan Perjalanan Terkait Merebaknya Virus Corona di Provinsi Hubei, Tiongkok
29 Januari 2020 | Allianz Indonesia

Pada tanggal 7 Januari 2020, pemerintah Tiongkok mengidentifikasi wabah virus corona tipe baru di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, yang telah menimbulkan korban jiwa. Sejak wabah virus corona tersebut teridentifikasi, pemerintah Tiongkok telah menutup semua penerbangan ke luar serta transportasi publik dari Kota Wuhan. Di samping itu, pemerintah juga mengkarantina kota-kota lain di Provinsi Hubei dan menghentikan layanan transportasi publik di kota-kota tersebut.

 

Hingga 9 Februari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi sebanyak 37.558 kasus di 25 negara, dan 37.251 di antaranya dikonfirmasi terjadi di Tiongkok. Selain itu, terdapat lebih dari enam ribu kasus dengan kategori serius di seluruh dunia. Berdasarkan data WHO, dari 307 kasus yang dilaporkan di luar Tiongkok, 16 kasus di antaranya diketahui tidak menimbulkan gejala. Pada tanggal 9 Februari 2020, Otoritas Kesehatan Jepang juga dilaporkan telah menangani 64 pasien yang terindikasi terinfeksi virus corona. Seluruh pasien tersebut merupakan penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini berlabuh di Yokohama, Jepang. Otoritas Kesehatan setempat saat ini telah melakukan tindakan karantina dan observasi selama kurang lebih 14 hari untuk para penumpang lainnya. (sumber: who.int)

                                      

Kami mengimbau bagi siapa pun yang melakukan perjalanan ke wilayah di sekitar Provinsi Hubei untuk selalu waspada dan terus memantau media lokal serta layanan darurat, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Luar Negeri, serta situs-situs web terkait. Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan larangan perjalanan resmi untuk warga negara yang hendak mengunjungi Provinsi Hubei, Tiongkok. Selain larangan perjalanan, pemerintah Indonesia juga mengeluarkan imbauan perjalanan bagi mereka yang hendak mengunjungi wilayah lain di Tiongkok. Larangan perjalanan ini baru akan dicabut setelah pemerintah Tiongkok menyatakan bahwa wilayah tersebut telah kembali aman.

 

Jika Anda telah melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah terdampak dan mengalami gejala-gejala penyakit pernapasan, segera hubungi dokter dan informasikan tentang riwayat perjalanan Anda.

 

Jika saat ini Anda sedang melakukan perjalanan:

Sebagai penyedia layanan bantuan dan asuransi, merupakan prioritas kami untuk selalu melakukan upaya terbaik demi membantu nasabah kami.

 

  • Harap dahulukan keselamatan Anda dan patuhi anjuran dari pemerintah setempat.
  • Jika Anda terjangkit virus korona yang berasal dari Hubei, Tiongkok dan memerlukan bantuan medis, harap hubungi tim Bantuan Darurat kami di +65 6535 5833 atau pusat panggilan kami di Allianz Care 1500136.
  • Jika agenda perjalanan Anda terdampak oleh kejadian ini, kami menganjurkan Anda untuk segera menghubungi agen atau penyedia perjalanan demi mencari opsi terbaik untuk mengubah agenda perjalanan Anda. Beberapa penyedia perjalanan mungkin memiliki opsi bebas penalti untuk mengubah agenda perjalanan Anda.
  • Jika Anda telah melakukan pemesanan perjalanan dan agenda tersebut terdampak oleh kejadian ini, dan Anda memiliki Polis asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan atas penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, dan perubahan agenda perjalanan, Anda dapat mengajukan klaim atas biaya perjalanan dan akomodasi tambahan yang Anda keluarkan. Pastikan Anda menyimpan semua tanda terima dan bukti pembelian untuk dilampirkan ketika mengajukan klaim.
  • Pelajari polis untuk mengetahui syarat, ketentuan, batasan, dan pengecualian yang berlaku.
  • Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai manfaat polis Anda, silakan hubungi Pusat Panggilan Allianz Care kami di 1500136.
  • Selalu ikuti informasi terbaru dari penyedia perjalanan Anda dengan mengunjungi situs web mereka.
  • Selalu pantau media dan sumber-sumber lain untuk mengetahui risiko keamanan baru yang mungkin timbul.

 

Jika Anda belum melakukan perjalanan:

  • Jika Anda telah melakukan pemesanan perjalanan dan agenda perjalanan tersebut dibatalkan, ditunda, atau dijadwalkan ulang sebagai dampak dari merebaknya virus korona, dan Anda memiliki polis asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan atas penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, dan perubahan agenda perjalanan, Anda dapat mengajukan klaim atas pembatalan atau perubahan agenda perjalanan Anda (mana saja yang biayanya lebih rendah). Pelajari Polis untuk mengetahui syarat, ketentuan, batasan, dan pengecualian yang berlaku.
  • Kami menganjurkan Anda untuk menghubungi agen atau penyedia perjalanan Anda demi mencari opsi terbaik untuk mengubah agenda perjalanan Anda. Beberapa penyedia perjalanan mungkin memiliki opsi bebas penalti untuk mengubah agenda perjalanan Anda. Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi penyedia perjalanan Anda. Hubungi Pusat Panggilan Allianz Care di 1500136 untuk informasi lebih lanjut seputar hak-hak polis Anda.

 

Pertanggungan polis:

Jika Anda membuat polis asuransi setelah pukul 13.00 WIB 28 Januari 2020:

Jika Anda membuat polis asuransi setelah pukul 13.00 WIB 28 Januari 2020, kami menganggap Anda telah mengetahui adanya virus corona dan kemungkinan timbulnya masalah yang dapat memengaruhi perjalanan Anda.  Untuk polis ini, klaim yang timbul akibat merebaknya virus korona (contohnya, penundaan perjalanan, pembatalan dan perubahan agenda perjalanan, atau biaya medis) akan dihitung sesuai pengecualian atau batasan sebagaimana diatur dalam ketentuan polis Anda, dan pertanggungan dapat diberikan sesuai keadaan, atau tidak akan diberikan sesuai Pengecualian Umum poin 20 tentang “Kesadaran akan keadaan”.

 

Pertanggungan dan manfaat polis bervariasi sesuai keadaan masing-masing individu. Kami menganjurkan siapa saja yang melakukan perjalanan untuk membaca ketentuan Polis asuransi perjalanan guna mengetahui pertanggungan yang diberikan serta batasan dan pengecualian yang berlaku.

 

Kami akan menghitung semua klaim sesuai ketentuan polis Anda. Untuk asuransi perjalanan komplementer, klaim akan dihitung sesuai buklet informasi terbaru untuk kartu kredit Anda.

 

Pengajuan Klaim

Simpan semua tanda terima atas biaya perjalanan, akomodasi, dan/atau medis tambahan yang Anda keluarkan. Jika Anda mengajukan klaim atas biaya pembatalan atau biaya tambahan, Anda harus melampirkan dokumen yang membuktikan agenda perjalanan awal yang telah dibayar sebelumnya, beserta semua tanda terima dan dokumen yang membuktikan agenda perjalanan baru Anda, serta pernyataan dari penyedia perjalanan mengenai biaya perjalanan mana yang tidak dapat dikembalikan.

Jika memungkinkan, pastikan akomodasi pengganti dan biaya tambahan tersebut memiliki standar yang serupa dengan yang telah Anda rencanakan dan bayar sebelumnya.

 

Harap perhatikan bahwa setiap kompensasi dan/atau pengembalian dana yang Anda terima dari pihak ketiga mana pun (misalnya maskapai penerbangan) untuk transportasi atau akomodasi akan dipotong dari jumlah pembayaran klaim Anda jika klaim tersebut disetujui.

Ajukan klaim Anda secara online di https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-perjalanan .

 

Kunjungi situs web dan akun media sosial resmi Allianz Indonesia untuk pengumuman resmi perusahaan:

  • Website: www.allianz.co.id
  • Facebook: @Allianz Indonesia
  • Instagram: @allianzindonesia
  • Twitter: @AllianzID
  • LinkedIn: @Allianz Indonesia

Pusat Layanan AllianzCare:

  • AllianzCare di 1500136
  • AllianzCare Syariah di 1500139

Medical Hotline dan Layanan Asuransi Umum beroperasi 24 jam.

Layanan Asuransi Jiwa dan Kesehatan beroperasi dari Senin hingga Jumat pukul 08.00 – 20.00.

 

Baca versi Bahasa Inggris melalui tautan ini: Allianz Indonesia - Public Announcement Regarding Coronavirus in China