Jaga Kesehatan Jantung Sejak Dini Dengan Berolahraga
21 Agustus 2013 | Allianz SE

Jakarta, 21 Agustus 2013 - Sebagai bagian dari peringatan World Heart Day 2013, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bersama dengan Allianz Indonesia kembali menyelenggarakan Allianz Jakarta Heart Run (AJHR) 2013 untuk mengingatkan kembali masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan jantung khususnya bagi perempuan dan anak-anak. Sebagaimana diketahui, World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tanggal 29 September sejak tahun 2000 sebagai bentuk kepedulian dan edukasi serta mengingatkan masyarakat dunia untuk terus menjaga kesehatan jantung.

 

Ketua Yayasan Jantung Indonesia, Ibu Syahlina Zuhal menyatakan "Banyak yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah dengan berolahraga. Untuk itu, tahun ini kami kembali mengajak masyarakat untuk mengikuti Allianz Jakarta Heart Run 2013 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 13 Oktober 2013. Melalui AJHR kami ingin agar masyarakat terus berolahraga untuk menjaga kesehatan secara utuh, khususnya mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular sejak dini, khususnya pada perempuan sesuai dengan tema peringatan World Heart Day tahun ini.”

"Kami bangga untuk dapat kembali bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia dalam menyelenggarakan Allianz Jakarta Heart Run 2013. Melalui acara ini kami mendukung tujuan dari Yayasan Jantung Indonesia dalam menekankan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung sejak dini, khususnya bagi perempuan dan anak-anak. Acara ini juga sejalan dengan moto kami yaitu “Jalani Hidup 100%”, yang menekankan kepada pentingnya seseorang memiliki perlindungan finansial atas dirinya dan keluarga terhadap risiko penyakit kritis di samping dari pentingnya menjaga kualitas hidup melalui pola hidup sehat. Kami berharap semakin banyak masyarakat yang memahami dan ambil bagian dalam menjalani pola hidup sehat,” ujar Bapak Joachim Wessling, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Allianz Jakarta Heart Run 2013 nantinya akan diselenggarakan di Pintu Selatan – Gelora Bung Karno Senayan dengan rute baru dan diharapkan lebih dari 10.000 pelari profesional dan masyarakat ikut berpartisipasi. Untuk itu masyarakat dapat melakukan pendaftaran mulai dari tanggal 21 Agustus sampai dengan 30 September 2013 dan memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai AJHR 2013 di website resmi www.jakartaheartrun.com yang resmi diluncurkan pada hari ini.

“Kami berharap melalui kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Yayasan Jantung Indonesia ini masyarakat Indonesia dapat bertambah informasi, kepeduliannya serta upayanya dalam menjaga kesehatan jantung. Untuk itu, kami tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan dan mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung dengan berpartisipasi dalam acara ini. Bersama-sama kita jaga jantung kita sejak dini.” tutup Ibu Syahlina Zuhal.

Tentang Yayasan Jantung Indonesia

Sejarah Yayasan membawa kita kembali ke tahun 1974 ketika anak perempuan berusia 10 tahun yang bernama Dewi Sartika menjalani pemasangan Pacu Jantung untuk menyelamatkan nyawannya yang sepenuhnya dibiayai dari sumbangan masyarakat. Dari peristiwa itulah Yayasan Jantung Indonesia Dewi Sartika didirikan pada 4 Oktober 1974 dengan tujuan utama membantu operasi Jantung dari keluarga tidak mampu. Pada tahun 1978 Yayasan Jantung Indonesia Dewi Sartika masuk sebagai anggota Federasi Jantung Sedunia, dan dengan semakin aktifnya Yayasan di tingkat Nasional maka pada 9 November 1981 Yayasan Jantung Indonesia Dewi Sartika berubah menjadi Yayasan Jantung Indonesia.

Yayasan Jantung Indonesia terus berupaya mewujudkan Visinya sebagai “Pelopor Gaya Hidup Sehat” dan Misinya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah melalui pemasyarakatan Panca Usaha Jantung Sehat. Yayasan Jantung Indonesia memiliki 3 program yang menjadi acuan pelaksanaan kerja, yang mencakup bidangPreventif, Promotif, Kuratif dan Rehabilitatif.

Dalam peranannya didunia internasional Yayasan Jantung Indonesia adalah pemrakarsa berdirinya Asean Federation of Heart Foundation dan Asia Pacific Heart Network serta turut aktif dalam berbagai kegiatan internasional Federasi Jantung Sedunia seperti ; rangkaian acara Hari Jantung Sedunia dan Go Red for Women atau Perempuan Waspadalah untuk mengingatkan kaum perempuan akan bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah yang juga dilaksanakan di beberapa negara. Yayasan Jantung Indonesia turut membantu WHO untuk menanggulangi masalah rokok sebagai faktor risiko, antara lain dalam kegiatan Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA), berupa pawai obor beranting keliling Asia termasuk Indonesia dan Kegiatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia sebagai salah satu program WHO. Yayasan Jantung Indonesia memiliki 28 kantor cabang utama, 61 cabang dan Pertumbuhan Klub Jantung Sehat, yang hingga saat ini telah berjumlah 3632 klub yang tersebar di seluruh indonesia.

Tentang Allianz Group

Bersama dengan nasabah dan mitra penjualan, Allianz adalah salah satu komunitas keuangan terkuat. Lebih dari 80 juta nasabah pribadi dan korporasi mengandalkan pengetahuan, jangkauan global, kekuatan modal dan kesolidan Allianz untuk membantu mereka memanfaatkan peluang keuangan serta untuk menghindari dan menjaga diri terhadap risiko.

Tentang Allianz Indonesia

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Saat ini, Allianz di Indonesia adalah salah satu grup perusahaan asuransi terdepan yang telah dipercaya untuk melayani lebih dari 2 juta tertanggung di Indonesia dan memiliki jaringan mitra bisnis yang luas dengan lebih dari 80 kantor di lebih dari 44 lokasi diseluruh Indonesia


Adrian Dosiwoda

Corporate Communication
Tel. : 021-2926 8888
Fax. : 021-2926 8080
Email : Adrian.Dosiwoda@Allianz.co.id