Ini Strategi Allianz Utama Indonesia Permudah Proses Klaim Asuransi di Masa Pandemi

 

Saat ini masyarakat semakin mengandalkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam mendapatkan layanan terkait perlindungan asuransi. PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mengembangkan layanan Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan serta layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti.

31 Agustus 2020 | Allianz Indonesia

Jakarta, 31 Agustus 2020 – Pandemi global yang juga melanda Indonesia telah mengubah pola hidup masyarakat. Pembatasan sosial juga membuat masyarakat semakin mengandalkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali dalam mendapatkan layanan terkait perlindungan asuransi. Perubahan perilaku konsumen tersebut membuat industri jasa keuangan harus terus melakukan inovasi, sehingga nasabah dapat terlayani dengan baik, meski harus beraktivitas dari rumah.

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) sebagai salah satu perusahaan jasa keuangan yang terus berinovasi telah mengembangkan sebuah terobosan baru bagi nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan.

“Pandemi ini memberikan tantangan yang unik bagi seluruh industri, terutama industri jasa keuangan. Namun, bagi kami hal ini merupakan sebuah pendorong agar kami terus berinovasi agar setiap produk dan layanan yang ditawarkansejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan nasabah. Inovasi yang dijalankan oleh Allianz Utama selalu mengedepankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam berasuransi,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia.

Nasabah yang menggunakan Portal Klaim Digital bisa merasakan berbagai kemudahan, yaitu: Proses pengajuan klaim lebih mudah, cukup melengkapi formulir elektronik dan mengunggah foto serta dokumen pendukung yang disyaratkan, pengajuan ditangani langsung oleh Claim Handler yang berpengalaman, serta status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.

Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti.

“Layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Terutama di saat masih harus menerapkan physical distancing, karena nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu secara langsung dengan surveyor Allianz. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien,” kata Ignatius Hendrawan, Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia.

Strategi ini merupakan salah satu upaya Allianz Utama untuk terus melakukan peningkatan layanan bagi nasabah. Hal ini terlihat dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating ‘sangat puas’ dari nasabah. Rating tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan staff terhadap nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,7 dari total 5 poin.

“Masukan dari nasabah dan implementasi dari masukan tersebut adalah faktor penting dalam meningkatkan kinerja kami. Untuk mewujudkannya, kami terus meningkatkan kualitas layanan dan menerapkan digitalisasi agar nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan. Seluruh penilaian positif yang diberikan oleh nasabah terhadap inovasi produk dan pelayanan Allianz Utama menjadi penyemangat dan landasan bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta memberikan yang terbaik bagi Nasabah,” tambah Peter van Zyl.

Untuk mengajak lebih banyak nasabah merasakan kemudahan klaim digital ini, Allianz Utama memberikan E-voucher senilai Rp50.000 untuk 300 klaim dan permintaan survey melalui layanan video call yang valid yang diajukan selama periode program yaitu 3 Agustus 2020 – 30 November 2020.

  1.