Allianz Utama dan Euler Hermes Luncurkan Asuransi Kredit di Indonesia
18 Juni 2014 | Allianz SE

Dunia usaha di Indonesia baik dalam pasar domestik maupun ekspor, kini akan lebih mudah mengakses produk-produk dan jasa Asuransi Kredit berkat adanya kerja sama antara PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (“Allianz Utama”) dengan Euler Hermes, selaku pemimpin pasar Asuransi Kredit di dunia.

 

Perusahaan-perusahaan di Indonesia kini dapat menikmati akses terhadap solusi kredit perdagangan serta perlindungan terhadap piutang Perusahaan yang tidak terbayarkan. Polis asuransi akan diterbitkan oleh Allianz Utama, sebagai Perusahaan yang sama-sama bernaung di dalam Grup Allianz. Euler Hermes akan berperan dalam kapasitasnya sebagai reasuransi dan mendukung Allianz Utama dalam memeriksa dan memonitor risiko-risiko kredit dari para nasabahnya.

Biasanya, besarnya akun piutang merupakan lebih dari sepertiga total asset Perusahaan, namun masih seringkali asset ini berada tanpa ada perlindungan, sehingga neraca dan arus kas Perusahaan terancam terkena dampak negatif jika suatu waktu terjadi gagal bayar atas akun piutang. Sebelumnya, pelaku usaha di Indonesia bergantung pada instrumen jaminan transaksi seperti letters of credit (L/C), namun dengan semakin ketatnya persaingan untuk meningkatkan peluang pertumbuhan yang menguntungkan, instrumen ini berada dalam tekanan yang semakin kuat ketika menawarkan pembelian dengan cara kredit, dimana sebenarnya hal ini tidak nyaman untuk dilakukan. Kegiatan usaha yang mengasuransikan kredit perdagangannya di Allianz Utama akan mengamankan arus kas-nya dari tagihan-tagihan yang tidak terbayarkan atau terjadinya kepailitan dari pihak pembayar dalam suatu kegiatan perdagangan.     

“Kami senantiasa membantu nasabah untuk melindungi hubungan bisnis mereka, meningkatkan penjualan dengan aman dan mendapatkan akses yang lebih baik untuk memperoleh modal kerja baik ketika mereka mengincar pasar yang baru atau dengan pelanggan yang ada,” kata Daniel Neo, Presiden Direktur Allianz Utama. “Meningkatnya risiko terhadap suatu sektor dan keadaan suatu Negara adalah alasan dibutuhkannya Asuransi yang terkait dengan kredit, dan kami menanggapinya dengan menjalin kerja sama dengan Euler Hermes untuk memperluas pasar Asuransi komersial (business to business) di Indonesia yang sangat dinamis.”

Keahlian dan pengetahuan Allianz Utama atas risiko perdagangan akan membantu nasabah dalam memilih pasar dan konsumen yang menjanjikan untuk pertumbuhan bisnis yang menguntungkan, membantu nasabah untuk memperkuat dan menjaga hubungan usaha – mulai dari melakukan analisa kepada calon konsumen menggunakan database perusahaan-perusahaan yang aktif di pasar dan mewakili 92% dari total GDP dunia, sampai dengan pembayaran klaim yang cepat ketika mitra dagang mengalami gagal bayar. Perlindungan tersedia untuk perdagangan domestik dan ekspor dan risiko yang terjadi di pasar maju maupun berkembang dan akan terus dimonitor sepanjang polis berlaku.

“Kerja sama ini menawarkan akses yang lebih mudah terhadap Asuransi Kredit khususnya bagi Perusahaan-perusahaan di Indonesia pada saat mereka bertumbuh di pasar domestik, regional maupun global,” kata Ricky Natapradja, Vice President – Head of Credit Insurance Allianz Utama. “Penetrasi Asuransi Kredit di Indonesia masih rendah dibandingkan pasar yang sudah maju seperti di Eropa dan lainnya di Asia. Kami yakin bahwa investasi yang kami lakukan untuk meluncurkan produk ini akan mendorong pertumbuhan yang signifikan dan tajam di Indonesia pada saat nasabah kami merasakan bagaimana Asuransi Kredit membantu untuk melindungi dan mengembangkan usaha mereka.” 


Tentang Allianz

Bersama dengan tertanggung dan mitra penjualan, Allianz adalah salah satu komunitas keuangan terkuat. Lebih dari 83 juta tertanggung pribadi dan korporasi mengandalkan pengetahuan, jangkauan global, kekuatan modal dan kesolidan Allianz untuk membantu mereka memanfaatkan peluang keuangan serta untuk menghindari dan menjaga diri terhadap risiko.
Di tahun 2013, dengan dukungan 148,000 karyawan di lebih dari 70 negara, Allianz berhasil meraih pendapatan 110.8 milliar Euro dan laba operasional 10,1 miliar Euro. Manfaat yang didapat bagi tertanggung mencapai 93,9 miliar Euro.

Tentang Euler Hermes Group

Euler Hermes adalah pemimpin pasar penyedia Asuransi Kredit dan dikenal sebagai spesialis di area bonding, penjaminan dan penagihan. Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, Perusahaan menawarkan jasa keuangan kepada tertanggung komersial (business to business) untuk mengelola keuangan dan piutang dari kegiatan perdagangan. Jaringan intelijen yang dimilikinya melacak dan menganalisa perubahan harian dalam solvabilitas berbagai perusahaan baik itu perusahaan skala kecil, menengah dan multinasional yang aktif di pasar dan mewakili 92% dari global GDP. Berkantor pusat di Paris, perusahaan ini hadir di lebih dari 50 negara dengan lebih dari 6.000 karyawan. 
Euler Hermes merupakan anak perusahaan dari Allianz, terdaftar di Euronext Paris (ELE.PA) dan memperoleh peringkat AA-oleh Standard & Poor dan Dagong. Perusahaan membukukan pendapatan konsolidasi sebesar €2,5 miliar pada tahun 2013 dan mengasuransikan transaksi usaha global sebesar €789 miliar pada akhir tahun 2013. Informasi lebih lengkap: www.eulerhermes.com, LinkedIn atau Twitter @eulerhermes. 
 
Tentang Euler Hermes Di Asia Pasifik

Asuransi Kredit Euler Hermes hadir di Asia Pasifik pada tahun 2000 dan saat ini dioperasikan secara langsung atau melalui mitra lokal di Australia, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Taiwan dan Thailand. Sebagai penyedia Asuransi Kredit swasta yang terbesar dan tercepat dalam pertumbuhan di Asia Pasifik, Euler Hermes mempekerjakan lebih dari 250 orang di bidang kredit perdagangan, bonding dan penagihan di seluruh wilayah ini. Euler Hermes  di Asia Pasifik berpusat di Hong Kong. 
Di tahun 2013 dan 2014, Euler Hermes dinobatkan sebagai penyedia Asuransi Kredit terbaik di Asia Pasifik dalam acara penghargaan GTR Asia  Leaders in Trade oleh majalah GTR (Global Trade Review). Sedangkan di tahun 2013 sebagai penyedia layanan kredit terbaik di Cina pada acara 10th China International Credit dan Risk Management Conference di Beijing.


Adrian DW


Corporate Communications
Telp       : 021 2926 8060
HP        : 0818 0863 2772
Email    : adrian.dosiwoda@allianz.co.id