Fokus Tingkatkan Kualitas Layanan, Produk dan Reputasi Perusahaan, Allianz Indonesia Terus Raih Berbagai Penghargaan


Fokus Tingkatkan Kualitas Layanan, Produk dan Reputasi Perusahaan, Allianz Indonesia Terus Raih Berbagai Penghargaan

02-08-2019 | Allianz Indonesia
Sejumlah penghargaan terus dikumpulkan oleh Allianz Indonesia memasuki paruh waktu kuartal kedua dan ketiga tahun 2019, sejalan dengan fokus perusahaan untuk meningkatkan layanan dan produk yang berkualitas untuk nasabah, serta meningkatkan citra positif maupun reputasi perusahaan.

LIHAT LEBIH LANJUT

Jakarta, 2 Agustus 2019 – Sejumlah penghargaan terus dikumpulkan oleh Allianz Indonesia memasuki paruh waktu kuartal kedua dan ketiga tahun 2019, sejalan dengan fokus perusahaan untuk meningkatkan layanan dan produk yang berkualitas untuk nasabah, serta meningkatkan citra positif maupun reputasi perusahaan.

 

Tercatat ada lima penghargaan penting yang diraih Allianz Indonesia dalam kurun waktu tersebut. Yang pertama adalah Service Quality Award 2019 untuk dua kategori, yaitu kategori Convensional Service untuk Life and Health Insurance, serta kategori Digital Service untuk Life and Health Insurance. Penghargaan ini diberikan berdasarkan survey kepuasan pelanggan Service Quality Index (SQI) dimana hasil penilaiannya menunjukkan Allianz Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang dinilai mempunyai nilai SQI tertinggi dan di atas rata-rata nilai industri dengan kategori Diamond.

 

Hasil Survey SQI ini selaras dengan hasil survey pengukuran kepuasan nasabah Net Promotor Score yang secara teratur dilakukan oleh Allianz Life Indonesia setiap tahun terhadap 39 titik area pelayanan nasabah. Selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016 hingga 2018 tingkat kepuasan nasabah melalui nilai NPS yang diperoleh Allianz Life Indonesia terus meningkat dan di atas rata-rata industri asuransi, tiga diantaranya yang terpenting adalah:

  • Tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan Allianz terus membaik, ditandai dengan berkurangnya jumlah keluhan pada Q2 2019 sebanyak 48% dibandingkan dengan Q2 2018.
  • Peningkatan penggunaan eAZy Claim: 25% lebih banyak klaim yang diajukan secara digital dibandingkan tahun 2018.
  • Tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan agen Allianz pada penilaian NPS menunjukkan peningkatkan sebesar 32 poin per 2018, meliputi tingkat responsif agen, kemudahan untuk dihubungi, kemauan untuk membantu dan sikap kepedulian terhadap nasabah.

 

“Kami menggunakan feedback nasabah dari hasil penilaian NPS sebagai dasar untuk melakukan pelayanan yang unggul dan sebagai insight untuk customer touch points. Kami mendengarkan pelanggan kami dan meningkatkan layanan berdasarkan hal tersebut,” kata Alessandro Martirani, Chief Operating Officer Allianz Life Indonesia saat menerima penghargaan SQA Award 2019.

 

 

Penghargaan selanjutnya adalah Corporate Image Award 2019 dari majalah Marketing & lembaga survey Frontier, yang melakukan pengukuran terhadap 4 dimensi meliputi Quality, Performance, Responsibility dan Attractiveness. Hasil penilaian untuk Kategori Total Asset di atas Rp 20 Trilliun, PT Asuransi Allianz Life Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang berhasil meningkatkan Corporate Image Index (CII)-nya sebelumnya masih dibawah 1, untuk saat ini menjadi di atas 1 atau di atas rata-rata industri dengan kategori “excellent”.

 

“Kami percaya bahwa customer centricity akan memberikan pengalaman positif bagi nasabah dalam mempertahankan posisi perusahaan di pasar dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Customer centricity tidak hanya membantu Allianz membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah, tetapi juga reputasi yang kuat,” kata Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer saat mewakili perusahaan menerima penghargaan baru-baru ini.

 

 

Penghargaan sejenis lainnya diperoleh Allianz Indonesia di ajang Indonesia Corporate PR Award 2019 dari Warta Ekonomi, yang melakukan penilaian terhadap media monitoring/pemberitaan perusahaan atas lima aspek meliputi ekspansi bisnis, kegiatan sosial perusahaan, operasional ramah lingkungan, inovasi perusahaan dan kinerja bisnis. Hasilnya menunjukkan pemberitaan Allianz Life Indonesia memenuhi semua aspek tersebut dan menduduki peringkat pertama untuk kategori Top 3 Perusahaan Asuransi Jiwa Terpopuler 2019. Hal ini juga sesuai dengan hasil Market Metrix Report 2018, dimana Allianz Life Indonesia menunjukkan hasil di atas rata-rata industri dan secara stabil menjadi top brands untuk PIM (Power in the Mind).

 

Tidak hanya itu, Allianz Indonesia juga termasuk dalam daftar Asuransi di Indonesia yang menjadi Penerima Anugerah Produk Keuangan Terbaik 2019 dari Warta Ekonomi. Ada empat indikator utama yang menjadi penilaian dalam menetukan produk terbaik, meliputi Awareness Produk Keuangan, Brand Used Most Often, Brand Satisfaction dan Net Promoter Score. Berdasarkan penilaian tersebut, Ada empat produk Allianz Indonesia yang masuk dalam daftar produk keuangan terbaik 2019, yaitu:

  • Produk Asuransi jiwa SmartLink Flexi Account Plus dari Allianz Life Indonesia
  • Produk Asuransi kesehatan Allianz Smart Health Light Titanium dari Allianz Life Indonesia
  • Produk Asuransi kendaraan bermotor Allianz Mobilku dari Allianz Utama Indonesia
  • Produk Asuransi jiwa syariah Allisya Maxi Fund Plus dari Allianz Life Syariah Indonesia

 

Semua penghargaan yang diperoleh Allianz Indonesia ini menjadi penyemangat dan landasan bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja serta memberikan yang terbaik bagi nasabah. Perusahaan akan terus komit mendukung program pemerintah meningkatkan penetrasi asuransi dan literasi keuangan dengan fokus pada strategi untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia dengan cara yang semudah dan senyaman mungkin, to insure more people in the easiest & convenient possible way.

 

Allianz telah terdaftar pada dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan