Bukalapak dan Allianz Indonesia Luncurkan BukaProteksi Diri, Berikan Perlindungan Mudah, Aman, Cepat, dan Terjangkau


Bukalapak dan Allianz Indonesia Luncurkan BukaProteksi Diri, Berikan Perlindungan Mudah, Aman, Cepat, dan Terjangkau

02-05-2019 | Allianz Indonesia
Bukalapak, sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, bersama dengan Allianz Indonesia, perusahaan asuransi jiwa terdepan di Indonesia, hari ini meluncurkan produk asuransi ‘BukaProteksi Diri’.

LIHAT LEBIH LANJUT

Jakarta, 2 Mei 2019Bukalapak, sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, bersama dengan Allianz Indonesia, perusahaan asuransi jiwa terdepan di Indonesia, hari ini meluncurkan produk asuransi BukaProteksi Diri.

 

BukaProteksi Diri adalah produk Asuransi kesehatan pertama yang ditawarkan untuk memberikan pengalaman digital (digital experience) yang terbaik melalui aplikasi marketplace Bukalapak. Nasabah dapat dengan mudah melakukan registrasi, pembayaran, menerima polis dan bahkan melakukan klaim secara online.

 

Lebih dari sekadar marketplace, Bukalapak kini hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia serta melengkapinya dengan meluncurkan fitur BukaAsuransi yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk membeli produk Asuransi kesehatan dengan harga yang terjangkau dengan premi tahunan mulai dari harga Rp236,250,- hingga Rp945,000,-. Bukalapak dan Allianz Indonesia bekerjasama dengan erat untuk meningkatkan literasi keuangan maupun inklusi keuangan yang menjadi salah satu program fokus pemerintah.

 

Melalui serangkaian inovasi digital, BukaProteksi Diri menawarkan asuransi kesehatan yang terjangkau yang dapat dibeli dengan mudah, cepat dan aman oleh nasabah melalui aplikasi Bukalapak.

 

 

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak mengatakan “Bukalapak menyambut baik kerjasama penyediaan Asuransi Kesehatan BukaProteksi Diri dari Allianz Indonesia untuk BukaAsuransi ini. Allianz adalah partner yang tepat untuk memberikan perlindungan Asuransi sesuai kebutuhan konsumen pengguna Bukalapak. Melalui kerja sama ini kami percaya inovasi teknologi kami dapat bermanfaat bagi jutaan masyarakat sehingga proses memiliki produk asuransi menjadi semakin mudah dan cepat hanya dengan mengakses aplikasi Bukalapak.” Fajrin Rasyid menambahkan bahwa selain pendaftaran dan pembelian, pengajuan klaim juga dapat dilakukan melalui aplikasi Bukalapak.

 

Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, dalam kesempatan yang sama mengatakan, “Allianz Indonesia bertumbuh dengan sangat cepat di kedua kanal distribusi baik agensi maupun bancassurance. Allianz juga berkomitmen untuk meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan serta inklusi keuangan, sekaligus memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia yang belum banyak dijangkau oleh kanal distribusi yang ada. Berangkat dari kondisi masih rendahnya penetrasi asuransi dibandingkan dengan kondisi demografi dan luas wilayah Indonesia, kami melakukan kerja sama dengan mitra digital untuk bersama-sama melakukan inovasi dan sinergi mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri asuransi saat ini, terutama dalam menyediakan layanan keuangan dan akses asuransi bagi segmen masyarakat yang belum tersentuh.”

 

Joos menambahkan, langkah strategis yang dilakukan oleh Allianz Indonesia dengan mitra digital melengkapi kanal distribusi yang saat ini sudah dimiliki. Selain itu mendukung strategi perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat, khususnya yang berasal dari masyarakat yang masuk dalam kategori mass & emerging segments. Melalui inisiatif ini, Allianz Indonesia tidak hanya berfokus pada pertumbuhan premi saja namun juga pertumbuhan jumlah masyarakat yang mendapatkan perlindungan.

 

 

“Dengan basis nasabah yang sangat besar yang dimiliki Bukalapak, BukaProteksi Diri akan menjangkau masyarakat Indonesia yang sangat luas. BukaProteksi Diri juga didesain khusus untuk distribusi secara digital sehingga nasabah dapat membeli dengan cepat, mudah dan aman kapanpun dan dimanapun. Harga premi yang terjangkau mulai dari Rp236,250,- dibayarkan untuk pertanggungan satu tahun, yang mana jumlah ini ekuivalen dengan Rp 19 ribu per bulan atau seharga segelas kopi untuk setiap bulannya. Dengan jumlah tersebut, nasabah mendapatkan banyak manfaat, di antaranya adalah penggantian biaya rawat inap Rumah Sakit sebesar Rp200,000,- per hari dan maksimum limit klaim sebesar Rp6.000.000,-”, ungkap Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer Allianz Life Indonesia.

 

Berdasarkan survey Market Metrix yang dilakukan oleh TNS pada tahun 2018 bertajuk “Customer and Market Insights and Analytics”, sebanyak 14% konsumen mengakses informasi terkait asuransi melalui jalur online, dan sebanyak 84% dari jumlah konsumen tersebut melanjutkan hingga proses perolehan proposal melalui jalur yang sama. Namun demikian, kondisi saat ini menunjukkan bahwa pilihan produk yang tersedia secara online masih sangat terbatas di pasar, malah bisa dikatakan belum ada produk yang memberikan end-to-end digital experience. Hal ini terbukti berdasarkan data riset TNS yang menunjukkan bahwa pembelian asuransi secara online baru mencapai 1%, sehingga penawaran produk asuransi secara online masih berpotensi untuk terus meningkat, apalagi mengingat produk asuransi kesehatan adalah produk yang paling diminati masyarakat Indonesia.

 

 

Di samping itu, menurut Bank Indonesia (BI), pertumbuhan transaksi online ditargetkan tembus hingga US$130 miliar pada tahun 2020 yang mendorong pasar Indonesia untuk meningkatkan transaksi online, termasuk di sektor asuransi. Agar dapat mewujudkan hal ini, inovasi produk dan layanan asuransi berbasis online diperlukan untuk memperluas penetrasi pada segmen konsumen digital. Sejalan dengan hal ini, Allianz Indonesia terus melakukan inovasi produk dan layanan dengan ragam solusi digital baik untuk agensi, bancassurance maupun partner digital yang ada. Hal ini tercermin dalam pencapaian Allianz Life yang menjadi pemimpin pasar untuk distribusi melalui e-commerce berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada kuartal keempat 2018.

 

Untuk menambah minat masyarakat memberikan perlindungan kesehatan melalui BukaProteksi Diri, Bukalapak memberikan promo potongan harga sebesar 50% pada para pengguna Bukalapak yang ingin membeli asuransi. Pengguna dapat memanfaatkan kode voucher ALLIANZ01, ALLIANZ02, ALLIANZ03 dan ALLIANZ04 tergantung pada jenis plan asuransi yang dipilih. Promo ini dapat dinikmati oleh pengguna Bukalapak hingga tanggal 31 Mei 2019. Keterangan lebih lanjut mengenai BukaAsuransi dapat dilihat di www.bukalapak.com/bukaasuransi

 

To read press release in English, please click link below:

Press Release - Bukalapak and Allianz Indonesia Launch BukaProteksi Diri, Provide Convenient, Safe, Quick, and Affordable Protection.pdf