Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Bentuk Kepedulian Allianz Indonesia Terhadap Masyarakat di Pulau Pramuka Melalui “Budidaya Lebah Madu Trigona sp”

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan Semesta Mangi Lestari melaksanakan sebuah program Budidaya Lebah Madu Trigona sp di Hutan Eduwisata Pulau Pramuka yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pulau Pramuka. 
10 Mei 2021 | Allianz Indonesia

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan Semesta Mangi Lestari melaksanakan sebuah program Budidaya Lebah Madu Trigona sp di Hutan Eduwisata Pulau Pramuka yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pulau Pramuka.

Melihat banyaknya jumlah Lebah Trigona sp di Pulau Pramuka, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli, bekerja sama dengan Semesta Mangi Lestari menjalankan program tanggung jawab sosial jangka panjang yaitu Budidaya Lebah Madu Trigona Biroi dan Trigona Leavicep di Hutan Eduwisata Pulau Pramuka. Program ini merupakan hasil penyaluran donasi Covid-19 dari Nasabah, karyawan dan mitra bisnis Allianz Indonesia melalui penukaran poin di Allianz Smart Point yang bertujuan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat yang terdampak pandemi, sekaligus bentuk kepedulian Allianz Indonesia di bidang lingkungan. Hutan Eduwisata Pulau Pramuka dipilih karena didominasi oleh tanaman mangrove, sukun, dan aksia yang merupakan tempat ideal untuk perkembangan madu trigona. Peternakan lebah madu tanpa sengat yang dimulai dari satu buah kotak lebah (stup) ini, dipercaya memiliki daya tahan cukup baik di daerah pantai.

Bentuk Kepedulian Allianz Indonesia

Membudidyakan Lebah Trigona bertujuan untuk memberikan berbagai manfaat seperti manfaat ekologis, yaitu proses penyerbukan oleh lebah dalam keterikatan pakan, manfaat ekonomi yang meliputi adanya produk-produk yang dihasilkan trigona berupa madu, propolis, bee pollen, dan lain sebaginya, serta manfaat sosial lainnya seperti mampu memberikan sumber penghasilan, membuka peluang usaha bagi masyarakat, menjadi objek penelitian, atau wisata daerah baru.

Hingga saat ini, telah terpasang sebanyak 12 stup Lebah Trigona Biroi dan 1 stup Trigona Leavicep. Madu yang dihasilkan dari budidaya lebah madu Trigona ini nantinya akan dipasarkan melalui tempat usaha seperti warung, restoran, kedai kopi, atau homestay di lokasi sekitar budidaya. Selain itu juga akan dipromosikan lewat media sosial yang dimiliki oleh Rumah Literasi Hijau dan jaringannya, serta yang tak kalah penting melalui wisatawan saat berkunjung dan berkegiatan di Pulau Pramuka

Penerima manfaat dari keberlangsungan program ini adalah lima keluarga yang memiliki Kartu Keluarga berdomisili di Pulau Pramuka dan kelompok pemberdayaan masyarakat Rumah Literasi Hijau yang selama ini mengelola Hutan Eduwisata Pulau Pramuka serta masyarakat luas. Tidak hanya sebatas menyajikan bentuk aktivitas pengembangan lebah, program ini juga turut menyediakan edukasi lebah madu kepada masyarakat di sekitar Hutan Eduwisata Pulau Pramuka dan para pengunjung wisata.

Program Budidaya Lebah Madu Trigona sp diharapkan mampu memberikan manfaat bagi kelompok pemberdayaan masyarakat Rumah Literasi Hijau di Pulau Pramuka serta mampu mewujudkan program masyarakat yang berkelanjutan dan memiliki dampak ekonomi positif bagi warga di Pulau Pramuka.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.