Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.


Rilis Media

Peringati Hari Bumi Sedunia, Ini yang Allianz Indonesia Lakukan
Sebagai Bentuk Komitmen Terhadap Lingkungan

22 April 2021 | Allianz Indonesia

Tahun 2021, tema Hari Bumi adalah "Restore Our Earth" yang berfokus pada proses alam, perkembangan teknologi ramah lingkungan dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Fokus tersebut konsisten dengan usaha yang telah dilakukan oleh Allianz Indonesia selama beberapa tahun terakhir sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan.

Jakarta, 22 April 2020 – Perubahan iklim global yang dirasakan paling ekstrim selama satu dekade terakhir berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat. Berdasarkan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ada beberapa dampak negatif perubahan iklim yang kini dirasakan langsung oleh masyarakat, di antaranya gagal panen, cuaca ekstrim, serta meningkatnya wabah penyakit.

Tahun 2021, tema Hari Bumi adalah "Restore Our Earth" yang berfokus pada proses alam, perkembangan teknologi ramah lingkungan dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Fokus tersebut konsisten dengan usaha yang telah dilakukan oleh Allianz Indonesia selama beberapa tahun terakhir sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan.

“Selama lebih dari dua dekade, Allianz Indonesia terus berupaya mengembangkan dan menjaga bisnis yang kuat dan berkelanjutan dengan menyediakan solusi asuransi dan keuangan. Kami sepenuhnya menyadari bahwa tindakan yang kami ambil hari ini akan menjadi landasan bagi generasi mendatang. Kami percaya dengan menanamkan perspektif keberlanjutan di seluruh lini operasi, akan dapat menjadi pendorong kesuksesan jangka panjang perusahaan,” kata Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia.

  1. Komitmen Allianz Indonesia untuk melakukan bisnis yang berkelanjutan terlihat dari transformasi digital yang terus dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Kini Allianz Indonesia menyediakan berbagai layanan digital yang terbukti berhasil mengurangi penggunaan kertas, seperti Allianz Discover, portal Allianz eAZy Connect, serta layanan polis elektronik. Dengan memilih polis elektronik ini berarti dapat mengurangi penggunaan kertas sebanyak 26 lembar dalam setiap penerbitan polis cetak. Allianz Indonesia juga secara aktif melibatkan lebih dari 34.000 mitra bisnis untuk menggunakan berbagai perangkat digital tidak hanya untuk memberikan kemudahan dan kecepatan, tetapi juga untuk lebih sadar lingkungan dengan mengubah kebiasaan kerja dengan dukungan teknologi terkini.
  2.  
  3. Pada tahun 2020, Allianz Indonesia membuat kemajuan signifikan dalam menjalankan bisnis secara bertanggung jawab. Dengan diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah dan pembatasan sosial sejak awal pandemi, Allianz Indonesia telah mengurangi 22,86% dari konsumsi energi dan 51,74% dari konsumsi air dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Limbah pada kantor pusat Allianz Indonesia juga tercatat menurun sebesar 77,89% atau sebesar 82.548 kg dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam mengurangi sampah.
  4.  

Salah satu program yang menjadi fokus dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Allianz Indonesia adalah lingkungan hidup. Kami secara konsisten mendukung program Bank Sampah sejak tahun 2018 di gedung kantor pusat Allianz Indonesia di mana kami mengajak karyawan maupun masyarakat sekitar untuk membawa sampah yang telah dipilah untuk disetorkan ke Bank Sampah. Sehingga sampah rumah tangga pun memiliki nilai produktif. Selain itu, dalam rangka World Clean Up Day, sejak tahun 2019 Allianz Indonesia juga melakukan gerakan tanam 3.000 mangrove di Muara Tawar, Bekasi, sebagai bagian kampanye tanam mangrove untuk setiap polis elektronik yang diterbitkan. Sedangkan di tahun 2020, Allianz Indonesia kembali melakukan penanaman 2.000 pohon mangrove dan kegiatan pembersihan di Pulau Pramuka.

Komitmen Allianz Indonesia melalui kegiatan-kegiatan CSR juga diganjar penghargaan Bisnis Indoneisa Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2021 dengan kategori Silver Champion in Corporate Social Responsibility Program, serta Indonesia CSR Brand Equity Award 2020 yang diadakan oleh Iconomics dengan kategori Excellence Corporate Social Responsibility Program in 2020.

“Komitmen kami untuk terus melakukan bisnis yang berkelanjutan tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh karyawan, mitra bisnis, regulator, dan tentunya seluruh nasabah atas kepercayaan selama ini, terutama di tahun 2020 yang menantang. Kami akan terus berupaya memperkuat praktik bisnis kami untuk membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan menciptakan warisan bagi generasi masa depan,” tutup Karin.