Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Pelatihan Online Digital Marketing, Solusi Membantu Pelaku Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi

Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dan GoFood

Jakarta, 29 Januari 2021 – Pelaku usaha mikro merupakan salah satu pilar penting dalam sektor perekonomian nasional yang terdampak cukup signifikan dari situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hampir 1 tahun terakhir. Sebelumnya, sebagian dari mereka berjualan melalui toko fisik yang dapat dikunjungi banyak orang dan pandemi yang menganjurkan setiap orang di rumah saja memicu turunnya tingkat pembelian secara drastis dan memberi dampak hingga usaha mereka harus gulung tikar.

Sebagai upaya untuk bertahan, para pelaku usaha mikro mengusahakan berbagai cara agar dapat bekerja dari rumah dengan mengubah strategi pemasaran yang dulunya offline menjadi online. Akhir tahun 2020, Anton Hendranata, Ekonom Senior BRI menyatakan bahwa bisnis pelaku usaha mikro sudah semakin baik (Sumber: Kompas.com, 4 Desember 2020). Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa belum semua pelaku usaha mikro dapat memaksimalkan strategi online untuk menjalankan usahanya sehingga dibutuhkan suatu pembekalan keahlian untuk bidang tersebut.

Habitat for Humanity Indonesia, organisasi kemanusiaan yang terus menyuarakan bahwa setiap keluarga berhak atas kehidupan yang layak yang dimulai dari rumah, kembali melakukan terobosan dengan mengajak Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dan GoFood mengadakan Pelatihan Online Digital Marketing kepada keluarga-keluarga pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi terutama mereka yang belum fasih menggunakan strategi digital.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menuturkan “Pandemi masih berlangsung, maka Habitat masih terus mengupayakan perhatian dan kepeduliannya bagi mereka yang rentan terdampak situasi ini salah satunya adalah keluarga – keluarga berpenghasilan rendah agar mereka mampu bertahan. Saat ini rumah merupakan perlindungan pertama bagi keluarga terhadap virus Covid-19. Anjuran untuk tetap di rumah saja dapat dilihat sebagai kesempatan untuk berinovasi mengembangkan usaha dan tetap melindungi keluarga. Pelatihan Online Digital Marketing ini program kemitraan yang inovatif Habitat dan Yayasan Allianz Peduli yang diharapkan menjadi salah satu dukungan bagi mereka yang sedang berjuang dengan peningkatan keahlian marketing digital. Terima kasih kepada Yayasan Allianz Peduli dan GoFood yang telah bersinergi mengadakan kegiatan ini”.

Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli menambahkan, “Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen besar Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dalam mendukung pemberdayaan ekonomi ke masyarakat luas melalui serangkaian pelatihan yang ditujukan kepada kelompok pengusaha agar mampu bertahan menghadapi pandemi COVID-19 dengan menggunakan strategi pemasaran digital. Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan Allianz Indonesia, untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan, khususnya meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia”.

Pelatihan Digital marketing tersebut diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur, daerah yang pelaku usaha mikro terbesar mengalami dampak. Pendaftaran, seleksi peserta dilakukan secara online sejak tanggal 1 Desember 2020 dan pelatihan diadakan selama 2 tahap, tahap pertama telah dilaksanakan tanggal 26 Januari 2021 kemarin berupa pelatihan online digital marketing dan tanggal 28 Januari 2021 mengenai pembelajaran teknik pemasaran makanan dan minuman melalui mitra GoFood. Hal ini dilakukan untuk mendukung para peserta mempraktikkan langsung usaha mereka secara online.

Bayu Ramadhan, VP of Merchant Marketing Gojek menuturkan, “Ekosistem Gojek menghadirkan solusi yang lengkap dan inklusif, mencakup inovasi teknologi dan non-teknologi untuk mendukung lebih banyak UMKM di Indonesia untuk go digital. Selama pandemi COVID-19, kami bersyukur karena Gojek mampu memberi kemudahan bagi para pelaku UMKM, termasuk pelaku UMKM kuliner pemula, maupun berpengalaman, untuk beradaptasi dengan melakukan migrasi bisnis dari offline ke online. Dukungan Gojek sebagai mitra pertumbuhan UMKM tidak berhenti sampai di sana. Tetapi juga mencakup inovasi teknologi untuk operasional sehari-hari, hingga dukungan komunitas dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi pengembangan usaha digital para mitra usaha. Gojek percaya bahwa edukasi dan jejaring menjadi kunci untuk membantu para pelaku UMKM terus melaju dan semakin optimal dalam memanfaatkan digitalisasi untuk usahanya.Kami bangga dapat bersinergi bersama Habitat for Humanity dan Allianz mendukung agenda tersebut”.

Pelatihan diharapkan menjadi terobosan para pelaku usaha mikro dalam mengawali tahun 2021 dengan penuh harapan dan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup, bertahan, serta berdaya.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok. Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset. Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 21 juta nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga. Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro.