Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.


Rilis Media

Allianz Indonesia Dukung Remaja Jadi Entrepreneur dalam Rangkaian
Kegiatan Global Money Week 2021

04 April 2021 | Allianz Indonesia

Memasuki tahun 2021, Indonesia terkena berbagai bencana alam di sejumlah wilayah. Hal ini menyebabkan daerah terdampak mengalami kerusakan, banyaknya warga yang mengungsi, hingga jatuhnya korban jiwa. Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli menyalurkan bantuan berupa paket kebersihan untuk korban bencana longsor di Sumedang, Jawa Barat, gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, serta banjir di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Jakarta, 8 April 2021 -- Memasuki tahun 2021, Indonesia terkena berbagai bencana alam di sejumlah wilayah. Hal ini menyebabkan daerah terdampak mengalami kerusakan, banyaknya warga yang mengungsi, hingga jatuhnya korban jiwa. Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli (YAP) menyalurkan bantuan berupa paket kebersihan untuk korban bencana longsor di Sumedang, Jawa Barat, gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, serta banjir di Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Humanitarian Forum Indonesia (HFI), yang memiliki jaringan ke berbagai lembaga sosial lainnya di wilayah sasaran bantuan. Selain itu, YAP juga menyampaikan bantuan paket kebersihan dan kesehatan, pakaian, dan selimut kepada para korban banjir di Jakarta dan sekitarnya, melalui lembaga Berbagi Hidup.

“Di saat kita masih berjuang menghadapi pandemi COVID-19, peristiwa bencana alam secara berurutan juga menimpa Indonesia di awal tahun ini. Hal ini sepatutnya kita jadikan momentum untuk semakin menguatkan satu sama lain. Inilah yang mendorong Yayasan Allianz Peduli menyalurkan bantuan ke beberapa wilayah yang terdampak bencana banjir, longsor, dan gempa bumi. Harapannya, penyampaian donasi dari kami bisa meringankan beban saudara-saudara kita di sana,” kata Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli

  1. Turut hadir membuka acara dan mendukung penuh kegiatan ini, Ibu Kristrianti Puji Rahayu, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan mengatakan, "Milenial sebagai generasi yang adaptif terhadap teknologi digital diharapkan bisa mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha sehingga dapat tercipta milenial-preneur baru yang dapat menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan peran untuk membangkitkan sektor UMKM dengan transformasi digital. Dalam rangka mengakselerasi tingkat literasi dan inklusi keuangan serta memperkuat UMKM, milenial sebagai agent of change dapat menjadi duta literasi dan mengakses berbagai inovasi produk keuangan untuk mengembangkan bisnisnya,"
  2.  
  3. Dalam acara ini, Digital and Growth Consultant, Jonathan End menyebutkan pentingnya saving dan proteksi keuangan bagi diri kita, "Mencari pemasukan itu penting, tapi jangan lupa juga mengelola keuangan dengan baik agar uangnya tidak habis. Tingkatkan pemasukan kamu dari side hustle dan bisnis kecil-kecilan, jangan lupa persiapkan dulu dana darurat dan asuransi buat jaga-jaga, sehingga kita bisa lebih nyaman menabung dan investasi,"
  4.  
  5. Proteksi dan saving yang merupakan dari mengatur keuangan, dapat mengantarkan kita menjadi seorang entrepreneur muda. Sebab, entrepreneur harus memiliki kemampuan pengaturan keuangan yang baik. Dengan kata lain, mulai atur keuangan sebelum menjadi seorang entrepreneur.
  6.  
  7. Pebisnis muda yang juga hadir dalam acara ini, Wirda Mansyur, mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu disiapkan jika kita ingin menjadi entrepreneur muda. "Menjadi seorang pengusaha itu sebenarnya tentang mindset, jadi harus mempunyai mindset yang seluas luasnya, seterbuka terbukanya, mau belajar terus dan willing untuk melakukan perubahan dan pantang mundur jadi semangat terus kedepan, pikirannya tentang kedepannya terus."
  8.  
  9. Banyak peluang yang bisa kita lakukan jika sungguh-sungguh ingin menjadi pengusaha muda. Paling penting adalah soal mindset dan mau belajar. Berbicara mengenai entrepreneurship, sejak tahun 2018, Allianz memfasilitasi generasi milenial yang ingin membangun kemampuan entrepreneurship melalui program rekrutmen LifeChanger. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah strategis untuk mengantisipasi dan mengoptimalkan pertumbuhan pasar di masa depan.
  10.  
  11. Salah satu perwakilan Allianz LifeChanger, Haffi Achdiputra, mengingatkan kaum muda untuk enggak berhenti belajar khususnya soal literasi keuangan. “Banyak pembelajaran soal literasi keuangan yang kita dapati di LifeChanger. Kita enggak bisa sukses sendiri, jadi aku harus mengajak teman-teman yang lain untuk bisa sukses bersama. Setiap orang punya preferensi masing-masing, jadi kenali diri kita dulu dan bisa manage keuangan itu wajib hukumnya.”
  12.  
  13. “Di masa pandemi ini, semua orang menghadapi berbagai tantangan baru dalam kehidupan, tak terkecuali generasi milenial dalam hal kesempatan berkarir. Melalui program LifeChanger para generasi muda tidak hanya dapat mengembangkan potensi diri sendiri sebagai seorang entrepreneur, tapi juga membawa perubahan yang baik untuk orang lain,” ujar Ratna Juwita Hasibuan, Business Development for Millennials Allianz Indonesia.
  14.  
  15. Satu hal lagi yang tidak boleh remaja lewatkan adalah pentingnya menabung sejak dini. Turut mendukung rangkaian acara Global Money Week 2021, Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, juga berkomitmen untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia melalui platform Jenius Co.Create. “Kami percaya bahwa kebiasaan mengelola finansial perlu dibentuk sejak dini. Melalui platform Jenius Co.Create, masyarakat digital savvy termasuk remaja, dapat bergabung dan mengikuti beragam kelas untuk mengembangkan diri, menyuarakan pendapat dan ide, serta membangun networking. Jenius Co.Create mengadakan kelas dan workshop secara reguler dengan topik keuangan, teknologi, dan kreativitas. Kelas dan workshop tersebut diisi oleh narasumber, antara lain dari kalangan pakar, business coach, serta praktisi. Informasi lebih lanjut mengenai Jenius Co.Create dan rangkaian acaranya tersedia di https://www.cocreate.id/,” jelas Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN.