Allianz Tasbih | Asuransi Syariah : Allianz Indonesia

Ritual dan aktifitas yang dilakukan dalam ibadah Haji

Home / artikel
Posted on Jul 6, 2015 3:33:00 PM

Dalam Rukun Islam, naik haji merupakan salah satu pilar penting yang menjadi prioritas tertinggi dalam kehidupan umat Muslim. Ibadah haji sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu, namun seringkali tidak sedikit umat Muslim yang lebih memilih berangkat umrah ketimbang naik haji. Ibadah haji dan umrah sama-sama berfungsi untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT tapi ada beberapa perbedaan mendasar antara ibadah haji dan umrah, yaitu:

Haji, atau yang sering disebut sebagai haji besar hanya sah dilaksanakan setahun sekali setiap musim haji/bulan haji yaitu 9-13 zulhijjah. Sedangkan Anda dapat bepergian umrah kapanpun.

Dari segi praktek, umrah hanya terdiri dari niat, thawaf, sa’i serta memotong rambut (tahallul) sedangkan haji meliputi semua tata cara umrah ditambah dengan wuquf di Arafah, mabit (menginap) di Mina & Muzdalifah, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu melempar jumroh.

Ibadah haji yang menjadi pilar penting Rukun Islam dalam perjalanan spiritual Muslimah dan Muslimin memiliki berbagai kegiatan serta tata cara pelaksanaan yang harus dijalankan oleh setiap calon jamaah Haji. Urutan kegiatannya adalah:

Melaksanakan Tawaf haji di Masjid Al Haram, Makkah.

Menjalankan ibadah wukuf hingga Maghrib di padang Arafah.

Melanjutkan perjalanan ke Mina untuk melaksanakan ibadah melontar jumroh.

Melempar jumroh sebanyak 7 kali ke jumroh Aqoqah dilanjutkan dengan tahalul yaitu mencukur rambut atau sebagian rambut.

Calon jamaah haji bisa melanjutkan perjalanan ke Masjidil Haram untuk Tawaf Haji jika mengambil nafar awal, sedangkan jika mengambil nafar akhir jamaah tetap tinggal di Mina dan melanjutkan ibadah melontar jumroh sambungan (Ula dan Wustha).

Allianz Syariah memahami betul satu hal terpenting yang sangat berarti bagi kehidupan umat Muslim, oleh karena itu asuransi tabungan haji dari Allianz Tasbih hadir untuk memberikan kesempatan bagi Anda untuk menunaikan ibadah haji tanpa rasa khawatir. Dengan berbagai benefit yang bisa didapatkan seperti tabungan berjangka yang terjangkau untuk dibayarkan per trimester, bulan ataupun tahun, jaminan perlindungan kesehatan selama berada di tanah Suci hingga jumlah kontribusi yang fleksibel dengan kesiapan finansial Anda, Allianz Tasbih siap menjadi produk asuransi tabungan haji yang bisa Anda andalkan.


Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk allianz tasbih klik :