November 2019

Amerika Serikat

  • Bank sentral AS The Fed memutuskan memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin ke kisaran target 1,5-1,75 persen.
  • Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada Kamis (31/10) pihaknya akan menandatangani perjanjian dagang parsial dengan China dalam waktu dekat ini. 

 

Eropa

  • Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan akan menyerahkan keputusan penundaan Brexit ke Uni Eropa setelah kekalahan parlemen membuat ratifikasi kesepakatan dalam batas waktu 31 Oktober hampir tidak mungkin.

 

Asia

  • China menyetujui untuk meningkatkan investasi lebih dari dua kali lipat ke proyeksi investasi aset tetap sebagai upaya untuk mendukung perkembangan ekonomi yang tengah melambat selama tiga dekade.

 

Domestik

  • BI Pangkas Lagi Suku Bunga Acuan 25 bps
  • Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan defisit anggaran lebih besar dari target sehingga memerlukan tambahan pembiayaan yang lebih besar pada 2019.
  • Pemerintah memastikan tidak akan ada kenaikan harga gas untuk pelanggan industri pada 1 November ini.
  • Rancangan Undang-Undang Bea Meterai nampaknya mendapatkan secerca harapan untuk dapat diundangkan. Anggota Komisi XI DPR RI periode 2019-2024 fraksi partai Gerindra Soepriyatno mengatakan pembahasan RUU Bea Meterai tinggal 20%.  
  • Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit masih akan meningkat pada kuartal IV-2019, meski pada kuartal III-2019 saldo bersih tertimbang menunjukkan angka 68,3 atau mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya yang sebesar 78,3. 
  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya sepakat untuk menaikkan iuran Badan Penyeleggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga dua kali lipat.

Dokumen ini dipersiapkan halnya sebagai informasi umum, dan mengenai tujuan investasi khusus, ketentuan perorangan dan kebutuhan khusus dari seseorang belum dipertimbangkan. Anda tidak harus mengandalkan dokumen ini sebagai saran investasi. Jika Anda mempunyai keingintahuan apapun tentang setiap produk investasi atau tidak yakin terhadap kesesuaian dari setiap keputusan investasi, Anda harus mencari nasihat keuangan tersebut dari penasihat profesional Anda yang tepat.

 

Informasi yang dimuat dalam dokumen ini diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, namun Allianz tidak menjamin kelengkapan atau akurasi. Opini dan perkiraan yang diungkapkan dapat berubah tanpa pemberitahuan dan Allianz tegas menolak setiap dan semua tanggung jawab atas pernyataan dan jaminan, tersurat maupun tersirat, yang tercantum di sini, atau yang tidak dicantumkan.