Warning: You are using an outdated Browser, Please switch to a more modern browser such as Chrome, Firefox or Microsoft Edge.

Waspada Aksi Pencurian, Ini Tips Agar Rumah Aman dari Pencuri

10 Juni 2020 | Allianz Indonesia
Di masa pandemi, ternyata tingkat kriminalitas akhir-akhir ini juga ikut meningkat. Saat #diRumahAja bagaimana cara menjaga agar rumah aman dari pencuri?

Sejak masa pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia, hingga saat ini memang banyak sekali dampak yang dirasakan. Salah satunya adalah banyak buruh atau pekerja yang terkena PHK dan ada juga pegawai yang dirumahkan dengan gaji yang dipotong mulai dari 20 hingga 50 persen.

Belum lagi semua bisnis yang kehilangan pendapatannya karena harus menutup tokonya. Tentu saja ini membuat pendapatan mereka menurun yang sayangnya justru terjadi di tengah masa yang sulit.

Alhasil, kita semua kini memiliki kekhawatiran baru selain COVID-19 itu sendiri. Kekhawatiran dan keresahan yang mulai timbul adalah mengenai situasi keamanan di sekitar kita terutama yang terkait dengan aksi pencurian dan pengambilan paksa barang milik orang lain.

Mengutip dari Kompas.com, Kapolda Metro Jaya, Irien Nana Sudjana mengungkapkan adanya peningkatan angka kriminalitas sebesar 10 persen di wilayah Jadetabek selama pandemi COVID-19 sejak Maret hingga April 2020.

Mungkin kamu juga sudah melihat langsung di beberapa berita adanya pencurian rumah dengan modus mematikan lampu rumah yang diincar, dan pencuri menunggu penghuni untuk keluar mengecek baru setelahnya mereka masuk ke rumah dan melakukan pencurian. Atau juga ada modus pencurian kendaraan yang diparkir di dalam rumah.

Tentu saja, harapan kita semua jangan sampai tindak kejahatan ini ikut terjadi di rumah kamu. Langkah preventif apa saja ya yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah untuk menjaga agar rumah tetap aman dari pencuri? Yuk, coba lakukan beberapa cara ini.

 

Baca juga: Yuk, Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi pada COVID-19

 

Pastikan Semua Akses Masuk Terkunci

Kebanyakan pencuri akan mengincar target yang mudah mereka bobol. Cara terbaik untuk menanggulanginya adalah menutup akses mereka untuk masuk. Terapkan jam malam di rumah terlebih di tengah masa pandemi seperti saat ini. Mulailah kunci semua akses masuk seperti pagar depan rumah, pintu, hingga semua jendela sejak jam delapan malam. Penerapan jam malam ini bisa menyesuaikan lebih cepat bila memang lingkungan tempat tinggal kamu biasanya sudah sepi sebelum jam tersebut. Bila perlu di beberapa akses masuk utama, kamu bisa gunakan kunci ganda.

Perhatikan Tempat Penyimpanan Kunci

Percuma saja kan kalau sudah kamu kunci semua akses masuk, tapi anggota keluarga kamu menyimpan kunci dengan sembarangan begitu saja. Jangan lagi menyimpan kunci di tempat yang sudah bisa diterka semua orang seperti di bawah karpet, di atas pintu, atau di bawah pot tanaman di depan rumah kamu. Kumpulkan di satu tempat di ruangan utama rumah atau bila perlu masukkan kunci di safety box.

 

Baca juga: Mengingat Kembali Imbauan Pemerintah Mengenai Pandemi COVID-19

 

Perhatikan Juga Tempat Penyimpanan Barang Berharga

Bisa jadi setelah bermain dengan sepeda atau gawai, anak kamu atau anggota keluarga lainnya sembarangan saja meninggalkannya di sofa. Barang sekecil apa pun nilainya akan membuat kamu rugi bila hilang. Kunci sepeda, motor, dan juga mobil kamu. Setelah mengunci semua termasuk pintu rumah, coba cek berbagai sudut bagian rumah untuk mengumpulkan barang-barang ini dan menyimpannya di satu tempat yang tidak mudah dilihat orang lain.

Bila Ada Bujet, Pasang Kamera Pengaman Juga Motion-sensing Light

Kamera pengaman ini bisa sangat membantu kamu bila ada orang asing masuk ke dalam area properti kamu. Terlebih lagi bila menggunakan motion-sensing light, kamu bisa langsung mendeteksi pergerakan yang terjadi di sekitar rumah kamu.

Gunakan Tirai Gelap atau yang Bermotif

Apa sih kegunaannya? Tirai yang transparan akan memudahkan pencuri saat mereka memulai pengincarannya ke rumah kamu dan meneliti dari luar barang apa saja yang ada di rumah kamu. Dengan menggunakan tirai yang gelap dan bermotif, ini akan membuat pandangan para pencuri tidak bisa melihat langsung isi rumah kamu.

 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Harus Kembali Masuk Kantor Setelah Lama WFH

 

Berkoordinasi dengan Tetangga Terdekat Rumah

Kita tahu berbagai modus bisa saja dijalankan oleh para pencuri, seperti kasus pencurian dengan modus mematikan lampu rumah target. Maka, bila kamu sebelumnya sudah berkoordinasi dengan tetangga terdekat, kamu bisa menanyakan dahulu apakah memang ada pemadaman? Jangan langsung mengecek keluar sendirian. Bila ingin mengecek langsung, ajak anggota keluarga yang lain dan meminta bantuan tetangga juga untuk keluar rumah mereka. Jadi, bila sesuatu hal buruk terjadi, kamu bisa langsung mendapatkan bantuan tetangga sekitar.

Pelihara Hewan Penjaga

Kehadiran hewan di rumah kamu biasanya akan dihindari oleh pencuri. Ia akan berjaga dan akan langsung menggonggong bila memang ada kehadiran orang asing yang mencoba masuk ke rumah kamu.

Kondisi meningkatnya kriminalitas ini memang dapat mengkhawatirkan semua orang. Tapi, jangan sampai mengganggu kenyamanan seluruh anggota keluarga di rumah ya. Lakukan hal-hal sederhana di atas untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan kamu di rumah. Stay safe!

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan