Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 24 Februari 2020 05:49:17 UNDUH BACA NANTI

Perubahan status dari fresh graduate menjadi first jobber merupakan kebahagiaan yang tidak bisa dilukiskan. Pasalnya, first jobber berkesempatan mengukir karier pertama sekaligus leluasa dalam mengelola keuangan.

Namun, jangan sampai penghasilan pekerjaan pertama hanya untuk foya-foya atau sampai terbelit utang. Meski masih berstatus first jobber, kamu harus memiliki perencanaan keuangan yang terukur atau sesuai pemasukan. Kamu cukup melakukan tiga hal ini untuk memiliki keuangan yang sehat.

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan ketika gajian datang adalah membuat pos pengeluaran. Ada baiknya, Kamu disiplin dengan pengeluaran ini.

Kedua, membagi pos pengeluaran yang terdiri dari a. Biaya harian (makan, minum, transportasi, telekomunikasi, internet) untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga bisa digunakan untuk memenuhi hiburan pada akhir pekan.

b. Biaya cicilan. Gunakan pos ini untuk membayar cicilan seperti kendaraan atau barang elektronik. Sebaiknya segera bayar cicilan sesuai jadwal. Jika melebihi jatuh tempo, pihak pemberi kredit akan memberikan denda yang tidak masuk dalam rencana keuangan.

c. Investasi. Sebelum memulai berinvestasi, kamu pelajari dulu tujuan dan risikonya. Tetapi satu hal yang penting, investasi yang dimulai sejak usia muda bisa menjadi harta untuk masa depan (untuk menikah, melancong, melanjutkan kuliah).

d. Asuransi. Seperti investasi, produk asuransi merupakan hal penting dalam hidup. Melengkapi diri dengan asuransi juga merupakan investasi, terlebih soal asuransi kesehatan. Sebagai first jobber, tak ada salahnya kamu memiliki asuransi kesehatan sendiri untuk melindungi risiko kesehatan yang datang tiba-tiba.

Tak masalah jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor atau BPJS. Seandainya sakit atau kecelakaan, dan limit manfaat dari asuransi kantor maupun BPJS kamu sudah habis, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan sendiri yang kamu miliki. Sehingga uang tabunganmu tidak akan terkuras habis untuk biaya medis.

Ketiga, pola hidup sehat. Jangan sampai kamu lalai hidup sehat hanya karena euforia sebagai first jobber. Miliki pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan cukup minum air mineral minimal delapan gelas per hari.

Dengan menjalankan perencanaan keuangan di atas, kamu mampu memiliki finansial dan tubuh yang sehat.

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2018 15:13:52

Merencanakan Ibadah Haji Lebih Pasti

Dana naik haji biasanya merupakan persiapan yang menjadi prioritas, karena perlu disiapkan dalam waktu yang cukup lama. Instrumen keuangan apa saja yang bisa mendukung persiapan dana haji? 

11 Maret 2019 16:14:34

Investasi Apa yang Cocok untuk Generasi Milenial?

04 Juni 2018 15:14:00

Kamu masih single? Ini Saat yang Tepat Untuk Mulai Investasi!