Mengenal Rider, Manfaat Tambahan dalam Asuransi Jiwa Unit Link

by Allianz | terakhir dibaca 12 Oktober 2019 17:00:05 UNDUH BACA NANTI

Buat kamu yang punya batita, tidak ada salahnya lebih waspada. Perhatikan beberapa penyakit berikut dan gejalanya.

Sebagai orang tua, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga agar anak tetap sehat dan terlindungi dari berbagai macam penyakit. Pasalnya, sistem imun atau daya tahan anak, khususnya anak yang berusia di bawah tiga tahun (batita), belum sekuat orang dewasa.

Jika anak sakit, kita akan mengalami sejumlah kerepotan. Waktu dan perhatian kita juga akan tersita sehingga kita tidak bisa produktif saat mencari nafkah. Apa lagi jika anak sampai harus menjalani perawatan di rumah sakit, ada pengeluaran ekstra untuk biaya medis yang jumlahnya tidak sedikit.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mewaspadai sejumlah penyakit yang rentan menyerang anak batita dalam daftar berikut ini.

Baca juga: Peran Asuransi Kesehatan vs Tingginya Biaya Kesehatan

Alergi

Sistem kekebalan tubuh anak yang belum sempurna membuat anak dengan usia di bawah tiga tahun mudah terserang alergi. Alergi merupakan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap sebuah zat. Penyebabnya pun bisa berbagai macam, mulai dari makanan, debu, gigitan serangga, hingga cuaca. Alergi dapat diturunkan dari orang tua sehingga kita harus mewaspadai alergi pada anak jika kita memiliki riwayat alergi terhadap zat tertentu.

Risiko terjadinya alergi dapat diminimalkan dengan menjaga kebersihan tempat tinggal serta tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu alergi dalam jumlah berlebihan. Makanan yang berpotensi menimbulkan alergi umumnya adalah makanan laut, kacang-kacangan, telur, dan susu sapi beserta produk turunannya.

Diare

Jika anak mengalami diare, artinya ada yang tidak beres di dalam sistem pencernaannya. Penyebab diare umumnya karena infeksi saluran pencernaan, keracunan atau alergi makanan, infeksi parasit, hingga penyakit iritasi usus. Saat anak diare, hal yang bisa kita lakukan adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya serta tetap memberi makan seperti biasa.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah anak diare antara lain menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, menjaga kualitas makanan yang diberikan kepada anak, serta membiasakan anak untuk cuci tangan setelah bermain di luar ruangan.

Penularan virus atau bakteri penyebab ISPA dapat terjadi melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi.

Infeksi saluran pernapasan akut

Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi pada saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak yang daya tahan tubuhnya rendah. ISPA biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, yang mudah sekali menular. Penularan virus atau bakteri penyebab ISPA dapat terjadi melalui kontak dengan percikan air liur orang yang terinfeksi.

Cara mencegah penyakit ISPA pada anak-anak adalah dengan menjaga kebersihan rumah serta memastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari kontak dengan penderita ISPA atau orang yang memiliki gejala ISPA, seperti bersin dan batuk. Biasakan untuk menggunakan masker saat berada di tempat umum, misalnya di dalam transportasi umum atau rumah sakit.

Meski sudah mengetahui penyakit yang rentan menyerang batita dan cara meminimalkan risikonya, penyakit tetap dapat menyerang kapan saja. Tersebab hal itu, kita sebagai orang tua harus lebih siap, salah satu caranya adalah dengan melindungi anak dengan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan bisa memberikan ketenangan pikiran dan meminimalkan risiko keuangan dengan melindungi tabungan kita ketika harus melakukan pembayaran dalam jumlah besar untuk penyedia layanan kesehatan ketika masuk rumah sakit. Tagihan biaya kesehatan yang timbul dapat dibayar menggunakan klaim asuransi kesehatan.

Untuk menambah meringankan beban, kamu juga bisa memilih asuransi kesehatan yang memiliki fitur cashless. Dengan demikian, saat melakukan rawat jalan di rumah sakit rekanan, kamu tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk pembayaran. Cukup tunjukkan kartu peserta asuransimu, seluruh biaya akan ditanggung oleh asuransi.

Selain itu, kini asuransi kesehatan tersedia dalam banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita sendiri. Yuk, lindungi keluargamu sekarang juga.

Tentang penulis

Allianz






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2018 15:13:59

Mengenal Asuransi Kesehatan Dari Kantor

Beberapa perusahaan memfasilitasi karyawannya dengan asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi kamu saat mulai bekerja di perusahaan baru. Apa saja manfaat yang pada umumnya didapatkan oleh karyawan? Simak ulasan singkatnya dalam artikel berikut!

04 Juni 2018 15:13:54

Pre-Existing Condition dalam Asuransi Kesehatan

04 Juni 2018 15:13:35

Cara Agar Pembayaran Klaim Dapat Cepat Diterima