Memilih Rider Wajib Dalam Asuransi Jiwa Unit Link

20 Agustus 2019 | Allianz Indonesia
Apa saja manfaat tambahan asuransi jiwa yang perlu kamu miliki? Cek penjelasan berikut ini.

Asuransi jiwa unit link semakin diminati karena menawarkan dua manfaat sekaligus, yakni perlindungan diri dan investasi. Selain itu, asuransi jiwa unit link juga dapat ditambahkan dengan rider yang sesuai kebutuhan.

Rider atau perlindungan tambahan merupakan fitur atau layanan tambahan yang dapat dibeli untuk melengkapi produk asuransi jiwa yang telah dimiliki. Perlindungan tambahan ini merupakan langkah antisipasi terhadap berbagai risiko atau musibah yang mungkin terjadi di masa depan.

 

Baca juga: Siapa Saja yang Bisa Kita Tanggung Melalui Asuransi?

 

Namun, sebelum membeli asuransi tambahan, ada baiknya kita mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan sehingga kita dapat memilih rider yang sesuai. Berikut beberapa jenis rider wajib yang dapat kamu pilih.

Payor Benefit

Payor Benefit merupakan salah satu rider yang sering ditambahkan untuk asuransi jiwa unit link. Dengan rider ini, kamu akan dibebaskan dari kewajiban membayar premi jika mengalami kondisi yang bisa menyebabkan kesulitan dalam membayar premi. Kondisi tersebut meliputi cacat tetap total atau sakit kritis. Selain itu, ada juga tambahan Spouse Payor Benefit, yakni penghapusan premi jika pasangan pemegang polis menderita cacat tetap total atau sakit kritis.

Rider terpenting yang wajib dimiliki pemegang polis asuransi jiwa unit link adalah critical illness. Rider ini memberikan perlindungan tambahan bagi pemegang polis terhadap risiko penyakit kritis.

Asuransi kesehatan

Saat membeli asuransi jiwa unit link untuk perlindungan diri dan investasi, kamu dapat melengkapi polis asuransi dengan membeli rider asuransi kesehatan sebagai manfaat tambahan. Sehingga saat kamu sakit, kamu dapat memanfaatkan rider yang dibeli untuk melakukan klaim biaya pengobatan.

Critical illness

Selain asuransi kesehatan, rider terpenting yang wajib dimiliki pemegang polis asuransi jiwa unit link adalah critical illness. Rider ini memberikan perlindungan tambahan bagi pemegang polis terhadap risiko penyakit kritis.

Saat ini perusahaan asuransi juga memberikan fleksibilitas perlindungan, mulai dari tahap awal penyakit kritis terdeteksi. Masa perlindungan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti yang diungkapkan oleh Aditya Sumirat dari Allianz.

"Untuk penyakit kritis rider Allianz bisa dibilang unggul, karena rider-nya punya beberapa pilihan. Ada yang melindungi 49 penyakit kritis, ada juga yang melindungi hingga 100 penyakit kritis, mulai dari early stage penyakit katastrofis. Masa perlindungannya pun fleksibel, sampai usia 70, 80, bahkan 100 tahun," ujarnya.

Agar asuransi jiwa unit link yang dimiliki dapat memberikan manfaat maksimal, kamu perlu menggali informasi lebih banyak dari agen asuransi terkait agar rider yang dipilih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhanmu

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023