Inilah Ragam Manfaat Sunscreen Selain Mencegah Kanker dan Kulit Terbakar

by Allianz Indonesia | terakhir dibaca 20 Januari 2020 16:00:05 UNDUH BACA NANTI

Sunscreen biasanya dipakai sebelum beraktivitas di luar ruangan. Namun ternyata itu kurang tepat. Karena sunscreen bukan hanya untuk melindungi kulit saat berjemur di bawah terik matahari. Yuk simak penjelasannya!

Musim kemarau yang panjang menyebabkan cuaca panas dan sinar matahari terasa menyengat hingga saat ini. Menggunakan produk perawatan kulit jadi salah satu hal wajib sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama mengoleskan sunscreen ke permukaan kulit agar tidak terpapar langsung oleh radiasi sinar ultra violet (UV) baik UVA dan UVB yang dipancarkan matahari.

Para pakar kesehatan kulit dan ahli kecantikan merekomendasikan penggunaan sunscreen sebagai tameng terhadap radiasi sinar UV. Tanpa sunscreen, sinar UV-A (Ultraviolet-Aging) bisa menembus bagian terdalam kulit, sehingga bisa menyebabkan kerusakan bahkan kanker kulit. Sedangkan sinar UV-B (Ultraviolet-Burning) dapat menyebabkan kulit terbakar. Selain untuk mencegah kanker dan kulit terbakar, penggunaan sunscreen juga punya manfaat lain, yakni:

 

Baca juga : 5 Cara Menangkal Bahaya Polusi Udara dan Radikal Bebas

 

a) Mencegah penuaan dini

Paparan sinar matahari menyebabkan kulit kering dan cepat keriput. Serangan terhadap kulit dimulai dari timbulnya plek hitam, lalu kulit menjadi kusam, kering, dan akhirnya keriput. Normalnya, kulit keriput terjadi saat usia senja. Jika Anda tidak rajin menggunakan sunscreen, kulit menjadi keriput lebih cepat atau terjadi penuaan dini

b) Mencegah munculnya komedo

Paparan sinar matahari juga menjadi penyebab utama timbulnya komedo. Awalnya, sinar matahari menyebabkan kulit kering. Sel kulit yang mati akan menutup pori-pori sehingga timbul komedo. Untuk mencegah timbulnya komedo, pastikan selalu mengoleskan sunsreen secara rutin.

 

Baca juga : Waspada! Perempuan Rentan Terhadap Beberapa Penyakit Berikut

 

c) Membuat warna kulit tetap merata

Beraktivitas di bawah sinar matahari mempercepat perubahan warna kulit. Makanya, Anda jangan hanya mengoleskan sunscreen pada kulit wajah, lengan tangan, dan kaki saja kalau tidak ingin kulit belang. Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) merekomendasikan penggunaan sunscreen di seluruh area kulit tubuh yang tidak tertutup pakaian seperti leher dan sekitarnya. 

d) Mempercepat proses penyembuhan noda bekas jerawat

Kemunculan jerawat selalu meninggalkan noda gelap atau kemerahan. Penggunaan sunscreen akan meminimalkan paparan sinar matahari sehingga proses penyembuhan noda bekas jerawat berlangsung lebih cepat.

e) Untuk makeup dasar

Penggunaan sunscreen menjadikan kulit lembab sehingga produk makeup lebih mudah menempel di kulit. Hasil aplikasi makeup pun akan terlihat jauh lebih merata dan tahan lama.

 

Baca juga : 6 Cara Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan untuk Persiapan Menikah

 

Namun berbagai manfaat di atas akan kurang optimal jika Anda menggunakan sunscreen sembarangan dan tidak teratur. Dikutip dari Kompas.com, Lauren Plioch, MD, dematolog dan anggota America Academy of Dermatology menyarankan tiga hal dalam penggunaan sunscreen.

1) Pilih suncreen yang mengandung SPF tinggi

Sunscreen ada dua macam, yakni dengan SPF 30 yang mampu melindungi kulit hingga 97% dan SPF 50 yang melindungi kulit mencapai 98%. 

2) Rutin mengoleskan sunscreen

Kemampuan sunscreen melindungi kulit dari radiasi UV hanya berlangsung beberapa jam saja. Anda harus rutin mengoles sunscreen, jangan hanya sehabis mandi saja. Oleskan juga suncreen saat di dalam ruangan, karena radiasi UVB bisa menembus kaca. 

3) Gunakan sunscreen sesuai peruntukan

Produk sunscreen sangat beragam, ada yang untuk wajah dan kulit tubuh lainnya. Jangan menggunakan sunscreen badan untuk kulit wajah, karena kandungan minyaknya berbeda.

Jika kulit saja butuh tameng dari radiasi UV, jiwa dan kesehatan kita juga harus mendapat perlindungan dari asuransi, ya gak?

Tentang penulis

Allianz Indonesia






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

21 Maret 2019 11:55:18

Waspada Penyakit yang Mengintai di Musim Penghujan

Saatnya jaga kesehatan dengan pengaman ganda Terlebih saat cuaca sering tidak menentu.

04 Juni 2018 15:13:42

Perbedaan Klaim COB dan Double Claim

12 September 2019 13:35:46

Ini 5 Jenis Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Polusi Udara