Istilah-istilah virus Corona

Dana Pensiun: Usia Berapakah yang Ideal Untuk Mempersiapkannya?

4 Juni 2018 | Allianz Indonesia
Apa itu dana pensiun? Kapan kita harus memulai melakukan perencanaan dana pensiun? simak penjelasan lengkap berikut ini

Apa yang dimaksud dengan dana pensiun?

Dana pensiun dikumpulkan sebagai persiapan saat kita memasuki usia pensiun dan digunakan untuk memastikan kebutuhan di masa pensiun tetap terpenuhi. Dana pensiun dapat dikumpulkan saat kita berada di usia produktif dan dapat dicairkan ketika memasuki masa pensiun atau saat kita sudah tidak produktif lagi.

Mempersiapkan dana pensiun sama seperti kita sedang menabung. Akan tetapi, dana pensiun memiliki manfaat lebih yang tidak dimiliki tabungan biasa. Misalnya,  manfaat pensiun normal, manfaat pensiun dipercepat, manfaat pensiun meninggal dunia dan juga manfaat pensiun cacat.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat menentukan dana pensiun yang dibutuhkan. Yaitu, durasi masa pembayaran iuran atau kontribusi, keadaan finansial yang dimiliki, dan biaya yang dikenakan.

 

Mengapa kita membutuhkan persiapan dana pensiun?

Ketika memasuki masa pensiun, kita tentu ingin tetap dapat menikmati masa pensiun dengan tenang, aman, dan bahagia tanpa terbebani urusan finansial. Contohnya, menikmati liburan keluarga atau  merasakan gaya hidup yang sama seperti saat kita masih dalam usia produktif. Hal-hal seperti inilah yang menjadikan dana pensiun menjadi penting dimiliki.

Kita tentu tidak ingin mengalami kesulitan finansial saat memasuki usia pensiun dan akhirnya  bergantung pada keluarga atau anak-anak, bukan? Nah, untuk mengantisipasinya, akan lebih baik jika kita segera mempersiapkan dana untuk memasuki masa pensiun yang bahagia, aman, dan sejahtera.

 

Kapan waktu yang terbaik untuk kita memiliki persiapan dana pensiun?

Dana pensiun harus disiapkan sedini mungkin. Besaran premi persiapan dana pensiun pada usia 20-an tentu berbeda dengan besaran dana premi yang perlu dibayarkan pada usia 40-an. Oleh karena itu, usia yang paling ideal untuk mulai mempersiapkan dana pensiun adalah saat kita sudah memiliki penghasilan sendiri atau pada masa awal bekerja. Premi yang tidak terlalu besar akan memudahkan kita dalam menyiapkan dana pensiun. Harapannya, kita bisa memasuki masa pensiun dengan tenang karena sudah melindungi diri dengan persiapan dana pensiun.

Author: Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Kini Allianz Indonesia hadir untuk bisnis asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah yang didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.
Pilihan Artikel yang direkomendasikan

Nov 08, 2023

Okt 26, 2023