Cara Agar Pembayaran Klaim Dapat Cepat Diterima

by Jurnal Allianz | terakhir dibaca 20 Agustus 2019 17:00:05 UNDUH BACA NANTI

Bagaimana tips agar pembayaran klaim dapat segera diterima? Baca artikel berikut untuk informasi selengkapnya

Bagaimana proses klaim asuransi kesehatan berlangsung?

Pada prinsipnya, proses klaim asuransi kesehatan pada layanan ini sama dengan proses klaim asuransi kesehatan pada umumnya. Kita harus mengirimkan semua hardcopy dokumen klaim yang sudah lengkap dan layak bayar ke kantor pusat. Kita juga bisa menggunakan aplikasi pengajuan klaim secara online yang terdapat di beberapa perusahaan asuransi. Kita cukup mengunggah dokumen klaim ke dalam aplikasi tersebut.

Sebagai catatan, proses klaim akan dimulai saat dokumen diterima oleh kantor pusat dan bukan pada saat dokumen dikirimkan.

Apa saja syarat yang harus saya penuhi?

Pada dasarnya, kita cukup mengajukan dokumen klaim asuransi kesehatan yang diperlukan. Setelah itu, perusahaan asuransi akan menentukan apakah dokumen tersebut sudah memenuhi syarat atau belum. Oleh karena itu, periksalah kelengkapan dokumen dengan saksama sebelum mengajukan klaim asuransi kesehatan.

Terdapat istiliah clean docs dalam syarat untuk mengklaim asuransi. Apa yang dimaksud dengan clean docs?

Clean docs adalah kondisi di mana dokumen klaim asuransi kesehatan yang dibutuhkan sudah lengkap, sesuai dengan persyaratan polis, dan jelas (bisa dibaca) sehingga tidak memerlukan investigasi lebih lanjut. Jika dokumen belum lengkap, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan waktu lagi untuk melengkapi dokumen tersebut. Adanya periode tambahan waktu tersebut akan membuat jaminan klaim tidak berlaku.

Adakah layanan asuransi yang memberikan jaminan proses pembayaran klaim asuransi kesehatan?

Jaminan proses pembayaran klaim asuransi kesehatan adalah jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi bahwa klaim asuransi kesehatan akan cair dalam waktu tertentu atau sesuai dengan ketentuan jaminan dari perusahaan asuransi masing-masing. Ketentuan ini berlaku bila dokumen klaim yang diajukan sudah lengkap dan sesuai prosedur.

Semua nasabah, baik baru ataupun lama, bisa mendapatkan layanan jaminan pembayaran klaim selama dokumen klaim yang disyaratkan sudah lengkap.

Saat ini, memang belum banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan jaminan proses pembayaran klaim asuransi kesehatan. Bila Anda ingin mengetahui perusahaan asuransi mana saja yang memberikan layanan tersebut, kita bisa mengecek di website perusahaan atau bertanya langsung ke agen sebelum membeli polis asuransi kesehatan.

Tentang penulis

Jurnal Allianz






Allianz Indonesia - Beranikan Diri

SmartLink New Flexi Account

Jaminan perlindungan jiwa seumur hidup, pasti dan maksimal. 

Selengkapnya

Explore Terkait

04 Juni 2018 15:13:57

Nyaman Dengan Asuransi Kesehatan

Banyak diantara kita yang masih belum menganggap asuransi kesehatan merupakan hal yang penting, apalagi jika sudah memilikinya dari tempat bekerja. Padahal idelanya ialah, kita tetap melengkapi manfaat dengan membeli polis asuransi kesehatan pribadi. Jangan sampai seperti Bu Rita dalam komik ini ya, aktivitas terganggu  akibat sakit giginya yang tidak mendapatkan rawat jalan yang tepat.

20 Maret 2019 19:10:53

Peran Asuransi Kesehatan vs Tingginya biaya Kesehatan

04 Juni 2018 15:13:32

Dapatkah Kita Mengubah Jumlah Tanggungan dan Plan Manfaat pada Asuransi Kesehatan?