Jumlah sepeda motor setiap tahun terus bertambah, terlebih di berbagai kota besar. Tak heran jika hal ini dapat terjadi, karena sepeda motor menjadi pilihan kendaraan favorit yang punya banyak keuntungan.

Jumlah sepeda motor setiap tahun terus bertambah, terlebih di berbagai kota besar. Tak heran jika hal ini dapat terjadi, karena sepeda motor menjadi pilihan kendaraan favorit yang punya banyak keuntungan. Paling mudahnya, memiliki si kuda besi akan mampu menghemat biaya transportasi setiap harinya. Bayangkan saja, dari jenis sepeda motor bebek jenis yang paling banyak dimiliki masyarakat- cukup dengan 3 -3,5 liter bensin, tangki bahan bakar tersebut pun penuh terisi. Irit bukan? Di sisi lain, sepeda motor membantu Anda untuk menembus kemacetan kota. Praktis untuk menemani aktivitas harian. Namun, di balik beberapa contoh keunggulan sepeda motor, ada kiat-kiat yang perlu dilakukan agar Anda siap.mengendarainya.

Pastikan ke mana dan kapan pun tujuannya, Anda selalu memakai helm berkualifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Pastikan setiap anggota keluarga memiliki helm sesuai ukuran kepalanya, terlebih untuk si buah hati. Kini pilihan helm semakin beragam. Tersedia ukuran dari helm anak-anak, seperti extra small (XS) hingga extra large (XL). Disarankan untuk membeli helm full face, yang akan lebih melindungi kepala Anda dari benturan, bila terjatuh.

Sebagai tambahan aksesori, untuk Anda yang kerap menyetir motor, disarankan untuk memakai pelindung dada, baru kemudian jaket berbahan nylon, kulit, atau denim yang kuat melindungi Anda dari terpaan angin. Kemudian jangan lupa, sebelum berkendara, pastikan spion Anda terpasang dengan benar, begitu pula dengan kondisi lampu depan dan belakang. Sempatkan juga untuk memeriksa kondisi tangki bensin, mengecek kondisi ban, dan “memanaskan” motor kurang lebih 5-10 menit sebelum dikendarai.

Saat menaiki motor, upayakan posisi duduk Anda senyaman mungkin. Usahakan setang kemudi terjangkau nyaman, posisi siku tangan tidak lurus, tetapi sedikit menekuk supaya bisa membelokkan motor dengan sempurna. Pastikan Anda memegang setang kemudi, serta mudah menarik tuas kopling dan rem. Kaki pada pedal diletakkan sedemikian rupa sehingga posisi kaki dekat pada rem belakang atau gigi percepatan, agar dapat bereaksi cepat bila Anda terpaksa harus mengerem mendadak. Disarankan juga agar Anda jangan terlalu kencang melintasi tikungan atau melakukan pengereman mendadak supaya motor tidak tergelincir. Saat akan melewati tikungan, kurangi kecepatan dan bila perlu mengerem dengan rem depan dan belakang sekaligus.

Saat hendak membelok, segeralah memasang lampu sein. untuk memberikan tanda pada pengendara di belakang Anda. Jangan sekali-kali, memotong jalur dari sisi kanan untuk membelok kiri. Sesuaikan pula pemindahan gigi persneling dengan kecepatan motor. Lalu, kendalikan sepeda motor Anda dengan kecepatan normal, jangan mengebut sembarangan, dan taati rambu-rambu lalu lintas. Dengan beberapa tips singkat ini, diharapkan Anda siap untuk mengendarai si kuda besi.

Memiliki sepeda motor, tentu, merupakan investasi yang menguntungkan. Selain irit bahan bakar, si kuda besi ini mampu menjembatani kebutuhan Anda terhadap moda kendaraan yang hemat biaya sekaligus fleksibel. Di balik keuntungan yang ada, ada baiknya Anda untuk memahami dan mempraktikkan ‘cara berkendara yang aman. Bila ada yang mem- bonceng cukup satu orang dewasa, bagaimana bila kondisi “memaksa” Anda untuk membonceng si kecil? Berikut ini beberapa tips singkat untuk membantu memberikan “pencerahan”. Sebelum membonceng si penumpang cilik ada baiknya lengkapi dirinya dengan aksesori yang menunjang keamanan. Pertama adalah helm. Ajaklah si kecil untuk bersama-sama membeli helm di toko perlengkapan motor yang memadai.
Biarkan si kecil untuk memilih warna helm favoritnya dan lantas mencobanya. Helm anak-anak kini telah dilengkapi dengan kualifikasi SNI. Pastikan buah hati memilih helm yang nyaman dengan besar kepalanya.

Sebaiknya, Anda perlu membimbing, agar dia memilih jenis helm full face yang paling disesuaikan dengan ukuran kepala. Setelah memilih helm, belikan juga masker dan sarung tangan anak-anak. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan kesehatan si kecil. Terdapat pilihan untuk jaket anak-anak, yang dapat digunakan saat mengajaknya berkendara dengan sepeda motor.

ldealnya, untuk tempat duduk, si kecil harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footpeg dengan sempurna. Pastikan tangannya berpegangan pada pinggang atau perut pengendara.

Kini di pasaran, tersedia Child’s Riding Belt. Ini adalah aksesori yang membantu si kecil aman berada di belakang Anda, saat mengantuk sekalipun.

Bila kebetulan kaki anak belum dapat mencapai footpeg dengan sempurna, dia dapat ditempatkan duduk di depan Anda. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar kakinya menjejak tepat dan pastikan tipe motor Anda adalah jenis sepeda motor bebek. Saat ditempatkan di depan, pastikan tangan anak berpegangan di setang bagian dalam, sehingga tidak mengganggu putaran gas, atau sistem kendali. Selamat berkendara!

Sumber: http://www.anakunhas.com/2011/07/tips-berkendara-motor-dan-membawa-sikecil.html