Terapkan Konsep ini Agar Pernikahan Tidak Menyedot Budget Tinggi

Banyak metode yang bisa diaplikasikan agar pesta pernikahan tetap istimewa dengan penghematan budget maksimal. Yuk kita tengok berbagai konsep pernikahan menarik.

Pernikahan dengan konsep unik dan menarik tentu menyedot biaya yang tidak sedikit. Jangan biarkan masalah biaya menjadi halangan untuk memiliki konsep pernikahan yang berbeda dari biasanya. Banyak metode yang bisa diaplikasikan agar pesta tetap istimewa dengan penghematan budget maksimal. Yuk kita tengok berbagai konsep pernikahan menarik yang semuanya berbasis venue.

 

 

1. Hari Penyewaan Venue

Tahukah Anda biaya venue di luar akhir pekan bisa jauh lebih murah? Sabtu dan Minggu memang jadi favorit untuk mengadakan pesta karena faktor undangan yang bekerja di hari kerja. Bila Anda menentukan acara di hari kerja, hal ini menjadi pemasukan kaget bagi pemilik venue dan jatuhnya akan lebih efisien.

 

2. Prioritas

Apa yang paling Anda inginkan dari pesta pernikahan ideal? Pemandangan spektakuler, makanan enak, dekorasi menawan atau lokasi yang mudah dijangkau banyak orang? Banyak vendor menyediakan paket katering termasuk dekorasi hemat namun venue biasanya tidak termasuk. Pikirkan matang-matang apa yang ingin Anda tampilkan kepada tamu di pesta.

 

3. Non-Tradisional

Jadilah kreatif dengan memilih venue pesta yang tidak biasa seperti taman publik, galeri seni, ataupun hutan di pinggiran kota seperti yang dilakukan musisi Andien. Tempat-tempat yang tidak umum dipakai sebagai venue pesta akan menawarkan harga yang lebih murah.

 

4. Kota Kecil vs. Kota Besar

Kota kecil memiliki nuansa pedesaan yang kental dan romantis ketimbang kota besar. Ada memori yang akan terlekat dalam benak para tamu yang akan hadir. Terlepas dari bagaimana cara agar para undangan bisa sampai ke venue, hal ini bisa jadi pertimbangan menarik untuk pesta yang tidak biasa.

 

5. Dua Acara Jadi Satu

Banyak orang yang berpikir bahwa akad nikah dan resepsi harus dipisah harinya. Pada kenyataannya, seringkali tamu mengeluhkan ketika mereka harus berpindah-pindah tempat ataupun mengulang perjalanan di hari yang berbeda. Berhematlah dan buat segala sesuatunya efisien dengan menggabungkannya menjadi satu.

 

6. Pagi vs. Malam

Di beberapa venue, hidangan pagi jatuhnya lebih murah ketimbang set makan malam. Beratnya makan pagi atau siang biasanya akan lebih ekonomis ketimbang malam hari yang jumlah hidangan dan variannya jauh lebih bervariasi.

 

7. Bayar Penuh Dapat Diskon

Layaknya membeli barang dengan harga tinggi, membayar penuh di muka akan jauh lebih ekonomis ketimbang dicicil dua kali dengan membaginya dengan uang muka dan kemudian pasca pesta.

 

8. Pesta Kebun di Rumah Sendiri

Bila kebetulan rumah sendiri, keluarga atau kerabat terdekat memiliki kebun atau halaman belakang yang luas, tak ada salahnya menggunakan area tersebut. Tentu saja jika Anda menyulapnya besar-besaran dengan dekorasi ekstravagan, budget akan membengkak. Namun dengan perangkat sederhana dan menguatkan kebersamaan dan momentum, pesta tetap akan istimewa.

 

9. Tempat yang Baru Dibuka

Taktik lainnya untuk mendapatkan venue yang lebih murah adalah menggunakan tempat yang baru dibuka. Venue seperti ini tentu sedang berpromosi dan membutuhkan dana cepat. Reputasi yang baik dan melancarkan bisnis untuk jangka panjang menjadi alasan utama mereka untuk memberikan harga ekonomis.