Hari Gini Ternyata Bisa Nikah Murah, Ini Caranya

Menikah dengan pesta megah jadi impian tiap pasangan, khususnya calon mempelai wanita. Namun jika terbentur dana, apakah ada cara mengakalinya?

Menikah dengan pesta megah jadi impian tiap pasangan, khususnya calon mempelai wanita. Namun jika terbentur dana, apakah ada cara mengakalinya? Biaya pernikahan tentu saja tidak sedikit dan harus dikumpulkan jauh sebelum hari-H. Ada yang beranggapan rentang 2-3 tahun adalah lama waktu menabung yang ideal untuk mengumpulkan biaya. Jika ternyata waktu pernikahan sudah dekat namun biaya masih kurang, apa yang harus dilakukan?

 

1. Konsep

Konsep awal akan mempengaruhi biaya secara keseluruhan. Acara yang melebihi kemampuan finansial sebaiknya dihindari. Namun perlu diingat konsep menarik tak selamanya menyedot dana yang berlebihan. Perhatikan poin-poin berikutnya secara lebih mendetail.

 

2. Tempat

Pesta pernikahan yang bertempat di rumah atau aula pertemuan (yang biasa digunakan untuk acara) umumnya lebih terjangkau ketimbang ballroom hotel. Pernikahan outdoor juga cenderung lebih murah ketimbang pesta indoor di dalam gedung yang sudah terkenal reputasinya untuk pesta pernikahan.

 

3. Tamu

Jumlah tamu sebaiknya dihitung lagi dengan seksama karena mempengaruhi biaya pax makanan. Satu undangan terdiri dari dua orang dan terkadang membawa beberapa orang anak. Undanglah yang benar-benar dekat dengan calon mempelai dan keluarga.

 

4. Katering

Katering profesional mungkin meringankan pekerjaan dan lebih teratur namun hal ini juga bisa diakali.  Mintalah saudara ataupun tetangga yang ahli memasak untuk pesta di rumah dan menyewa peralatan makan dari jasa tenda yang lebih murah.

 

5. Acara

Prosesi akad nikah dan resepsi bisa digabungkan dalam satu hari dalam kurun waktu yang berbeda. Cara ini bermanfaat untuk berhemat di sini tata rias pengantin, katering hingga penyewaan kostum jika menyewa.

 

6. Undangan

Semua orang tahu bahwa undangan pernikahan pasti akan dibuang, jadi berhematlah dengan menggunakan materi yang tidak terlalu mahal. Untuk teman dekat bisa menggunakan e-mail kreatif ataupun media sosial.

 

7. Souvenir

Dari banyaknya model souvenir yang ada, pilihlah yang sekiranya akan digunakan oleh tamu yang menerima. Pilihan ini juga hadir dalam harga yang terjangkau dari sisi desain maupun bahan.

 

8. Baju Pengantin

Jika busana pengantin terasa terlalu mahal jika dibuat sendiri dari awal, tidak ada salahnya menyewa. Selain menghemat ongkos bahan, desain dan jahit, penghematan juga bisa diterapkan untuk seragam seluruh keluarga yang menjadi panitia.

 

9. Panitia

Panitia terdiri dari banyak divisi, seperti dokumentasi, dekorasi, membuat undangan hingga sesi konsumsi maupun asisten pengantin. Kerahkan keluarga dan teman-teman terdekat untuk menjadi panitia dan bagilah tugas sedetail mungkin. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan jalannya acara karena setiap orang telah memiliki tanggung jawabnya masing-masing.