Bukan Waktunya Bangga Usai Minum Soda

Lebih dari sebuah minuman manis, soda ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan. Bahkan, peneliti dari John Hopkins Bloomberg School of Public Health, menyebutkan bila zat kimia yang terkandung dalam soda berpotensi menjadi karsinogen sekaligus menyebabkan kanker sejak dini. Lantas, sebegitu bahaya kah efek minum soda ini?

 

Soda memang dikenal sebagai salah satu minuman yang cukup digemari oleh sebagian besar masyarakat. Namun, setiap orang semestinya juga tidak boleh mudah tergiur dengan rasanya. Sebab, berbagai penelitian menyebutkan bila kebiasaan minum soda apalagi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena obesitas. Lebih jauh, obesitas akan memicu beragam penyakit lain yang lebih berbahaya, bila kebiasaan minum soda ini tak kunjung dihentikan.

 

Menurut laporan Consumer Reports, efek jangka panjang dari kebiasaan minum soda pasca obesitas adalah terkena diabetes. Selain itu, dampak buruk lainnya akan membuat lebih sering mengalami pingsan, hingga detak jantung yang tidak stabil. Laporan ini diperkuat dengan hasil penelitian dari Center for Livable Future John Hopkins Bloomberg School of Public Health.

 

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bila minuman bersoda mengandung zat kimia bernama 4-Mel. Zat kimia tersebut termasuk yang bisa berpotensi menjadi karsinogen atau zat yang dapat memicu munculnya sel kanker dalam tubuh. Risiko terkena kanker ini bukan saja pada orang dewasa, anak-anak maupun remaja yang memiliki kebiasaan minum soda secara rutin juga akan menerima risiko yang sama.

 

Secara lebih rinci, hasil penelitian tersebut didasarkan dari data pengujian 110 sampel minuman bersoda. Hasil yang didapat mengindikasikan hampir semua sampel kecuali yang berwarna kuning, mengandung zat kimia 4-Mel sebesar 3,4 sampai 352,4 mikrogram per kaleng atau botol minuman bersoda.

 

Maka dari itu, bila Anda termasuk yang hobi minum minuman bersoda, mulailah untuk menguranginya secara perlahan hingga dapat berhenti meminumnya secara total. Sebagai gantinya, perbanyak asupan air putih, setidaknya delapan gelas per hari, agar tubuh lebih bugar dan tetap sehat selama beraktivitas sepanjang hari. Lindungi jiwa anda mulai dari sekarang dan juga kesehatan Anda dengan rider Smartlink CI100 yang memberikan perlindungan bagi Anda dari 100 macam kondisi penyakit kritis apapun kondisinya, mulai dari awal hingga kondisi lanjut.

 

Kurangi minuman soda dari sekarang yuk!