Home LayananKlaim Asuransi AllianzKlaim Asuransi KesehatanService Guarantee

Service Guarantee

Definisi layanan

Jaminan Penggantian Klaim Kesehatan Reimbursement 7 Hari Kerja (Health Claim Reimbursement Service Guarantee 7 Working Days)

 

Layanan Health Claim Reimbursement Service Guarantee 7WD  menjamin klaim asuransi kesehatan yang diserahkan nasabah akan dibayarkan dalam 7 hari kerja (syarat & ketentuan berlaku). Apabila klaim asuransi kesehatan dibayarkan lebih dari 7 hari kerja, maka nasabah akan mendapatkan kompensasi layanan berupa voucher belanja senilai Rp 100.000,- yang dikirimkan ke alamat surat ataupun email nasabah yang terdaftar di Allianz.

Layanan ini berlaku untuk semua klaim asuransi kesehatan reimbursement  yang diterima di kantor pusat Allianz.

SLA 7 hari kerja dihitung mulai sejak tanggal dokumen klaim lengkap diterima (date of receive) di kantor pusat Allianz hingga tanggal dana dikirimkan ke rekening pemegang polis/karyawan peserta (date of transmitted)

Service Guarantee berlaku untuk  klaim asuransi kesehatan reimbursement rawat inap dan rawat jalan dari pemegang polis asuransi kesehatan individu (termasuk pertanggungan tambahan kesehatan dari polis asuransi jiwa individual) maupun peserta polis asuransi kesehatan kumpulan. 

Jenis Produk

Polis asuransi yang termasuk dalam layanan Health Claim Reimbursement Service Guarantee 7WD adalah:

Layanan ini berlaku juga untuk klaim kesehatan reimbursement  yang dikirimkan melalui aplikasi eAZy Claim

Syarat dan Ketentuan

Syarat & Ketentuan(*) Health Claim Service Guarantee 7 Working Days adalah :

  1. Dokumen klaim diajukan dengan lengkap sejak pertama kali diajukan. 
  2. Clean case atau klaim asuransi kesehatan tidak memerlukan penyelidikan lebih lanjut atau informasi tambahan (untuk mendapatkan klarifikasi dokumen klaim yang diajukan). 
  3. Bukan klaim pra dan pasca rawat inap atau klaim maternity yang masih diproses oleh Allianz. 
  4. Perawatan Rumah Sakit/ pengobatan yang dilakukan di Indonesia.
  5. Klaim asuransi kesehatan bukanlah klaim koordinasi dengan asuransi lain/ organisasi lain. 
  6. Kondisi polis, keanggotaan dan produk masih aktif dalam sistem Allianz (tidak dalam kondisi yang terkait dengan proses renewal atau dalam kondisi penghentian layanan sementara).
  7. Pengajuan beberapa klaim asuransi kesehatan dari satu Pemegang Polis yang sama atau keluarga karyawan yang sama dan diterima di Allianz di tanggal yang sama, maka dihitung sebagai satu case.   
  8. Tidak berlaku untuk polis yang memiliki pembayaran reimbursement terjadwal dan polis dengan ketentuan pembayaran klaim ditransfer ke rekening  perusahaan pemegang polis dan bukan ditransfer ke rekening karyawan (khusus untuk polis asuransi kesehatan kumpulan).

 

(*) Allianz berhak untuk melakukan perubahan atas syarat dan ketentuan ini. 

 

FAQ

Tanya Jawab Allianz Health Claim Service Guarantee 7 Hari Kerja

  • 1. Apakah yang dimaksud dengan “Allianz Health Claim Service Guarantee 7 Hari Kerja”?

    Layanan terbaru dari Allianz Health & Corporate Solutions (AHCS) yang diluncurkan saat Hari Pelanggan Nasional tanggal 4 September 2015, yang memberikan Jaminan Layanan 7 Hari Kerja untuk Klaim Kesehatan Reimbursement, jika melebihi 7 Hari Kerja dan memenuhi Syarat & Ketentuan yang berlaku, maka Allianz akan memberikan kompensasi layanan berupa voucher belanja senilai Rp 100,000,- . 

  • 2. Klaim dari Polis apa saja yang termasuk didalam cakupan layanan ini?

    Klaim Kesehatan Reimbursement Rawat Inap dan Rawat Jalan dari Polis-Polis Asuransi Kesehatan Individu (termasuk Pertanggungan Tambahan Kesehatan dari Polis Individual Life), maupun Polis Asuransi Kesehatan Kumpulan sebagai berikut:

    Polis Asuransi Kesehatan Individu (Individual Health):

    1. SmartHealth Maxi Violet
    2. Allisya Care
    3. SmartMed Premier

    Pertanggungan Tambahan Kesehatan (Health Rider):

    1. FlexiCare Rider
    2. H&S Care + Rider
    3. H&S Allisya Care+

    Polis Asuransi Kesehatan Kumpulan (Group Health):

    1. SmartHealth Blue Sapphire
    2. SmartHealth Classic Premier
    3. SmartHealth Light Titanium

     

  • 3. Kapan dimulainya program ini?

    Layanan ini dimulai sejak dokumen klaim masuk per 4 September 2015. 

  • 4. Bagaimana penghitungan 7 hari kerja tersebut?

    Sejak tanggal dokumen klaim lengkap diterima di Kantor Pusat Allianz (Date of Receive) hingga tanggal dana dikirimkan ke rekening Pemegang Polis/Karyawan Peserta (Date of Transmitted)

  • 5. Apa saja syarat & ketentuannya?
    1. Dokumen klaim diajukan dengan lengkap sejak pertama kali diajukan.
    2. Clean Claim yaitu klaim yang tidak memerlukan penyelidikan lebih lanjut atau informasi tambahan (untuk mendapatkan klarifikasi dokumen klaim yang diajukan). Dalam arti tidak ada masalah/tertunda untuk di proses klaimnya.
    3. Perawatan rumah sakit/ pengobatan dilakukan di Indonesia.
    4. Bukan klaim pra dan pasca rawat inap atau klaim maternity yang masih diproses oleh Allianz.
    5. Klaim bukanlah klaim koordinasi dengan asuransi lain/ organisasi lain.
    6. Kondisi Polis, keanggotaan, dan produk masih inforce/ aktif dalam sistem Allianz (tidak dalam kondisi yang terkait dengan proses renewal atau dalam kondisi penghentian layanan sementara) hingga saat pengiriman kartu voucher/E-voucher TaDa!.
    7. Pengajuan beberapa klaim dari satu Pemegang Polis yang sama atau keluarga karyawan yang sama dan diterima di Allianz di tanggal yang sama, maka dihitung sebagai satu case.  
    8. Allianz dapat sewaktu-waktu mengubah syarat dan ketentuan di atas. 
  • 6. Apa yang dimaksud dengan Clean Claim di dalam syarat & ketentuan di atas?

    Clean claim adalah klaim yang tidak ada masalah/tertunda untuk di proses klaimnya. Klaim tertunda prosesnya karena beberapa sebab, yaitu: dokumen pengajuan klaim tidak lengkap, Allianz membutuhkan informasi tambahan baik dari peserta maupun dari pihak RS, polis sedang dalam proses renewal kepesertaan, polis sedang dalam status cut service, dan revisi klaim.

  • 7. Bagaimana saya mengetahui tanggal berapa dokumen klaim saya lengkap diterima di Kantor Pusat Allianz?

    Anda dapat melihat tanggal dokumen klaim diterima dan status klaim Anda di:

    1. Website Allianz: https://www.allianzlife.co.id/CustomerOnlinePortal/  atau
    2. Aplikasi eAZy Claim   
  • 8. Apa saja yang tidak termasuk dari layanan ini?
    1. Peserta dari Polis Asuransi Kesehatan Kumpulan yang pembayaran klaimnya telah dijadwalkan pada setiap tanggal tertentu
    2. Peserta Polis Asuransi Kesehatan Kumpulan yang pembayaran Klaim nya masuk ke Perusahaan Pemegang Polis tersebut.

     

  • 9. Bagaimana saya mengetahui bahwa klaim kesehatan reimbursement saya dianggap sebagai clean claim atau tidak dianggap sebagai clean claim?

    Semua dokumen klaim yang masuk ke Allianz akan mendapat informasi status klaimnya melalui SMS /email. 

     

  • 10. Bila klaim saya termasuk kedalam layanan service guarantee ini, apakah saya diinformasikan? Lalu, kapan saya mendapatkan kartu voucher TaDa! ini?

    Anda akan diberitahukan via email/SMS. Setelah itu, kami kirimkan Surat Pengantar beserta kartu voucher belanja paling lama 2 bulan terhitung sejak tanggal dokumen klaim diterima. 

  • 11. Apakah yang dimaksud dengan Kartu Voucher TaDa! atau E-Voucher TaDa! ?

    Kartu Voucher TaDa! atau E-Voucher TaDa! adalah Gift Card yang memberikan pilihan untuk Anda dalam penukarannya menjadi voucher belanja dari puluhan merchants seperti MAP, Hypermart, Alfamart, Indo Maret dsb, atau mendonasikannya ke Yayasan Sosial. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di website nya di www.giftcard.co.id

     

  • 12. Apakah Kartu Voucher/E-Voucher TaDa! tersebut akan dikirimkan langsung ke saya?
    • Bila Anda Pemegang Polis Individual, Kartu Voucher TaDa! beserta Surat Pengantar akan dikirimkan ke alamat korespondensi Anda atau bila email Anda telah terdaftar di system Allianz maka akan dikirimkan Surat Pengantar dan E-Voucher TaDa! via email.
    • Bila Anda Peserta Asuransi Kumpulan/corporate, Kartu Voucher/E-voucher TaDa! beserta Surat Pengantar akan ditujukan ke email Anda sesuai yang terdaftar di sistem Allianz. Bila tidak ada alamat email, kami akan kirimkan ke peserta dengan alamat perusahaan.
  • 13. Bagaimana caranya saya mengaktifkan Kartu Voucher/E-Voucher TaDa! tersebut menjadi voucher belanja?

    Ada 2 cara bagi nasabah untuk melakukan pencairan kartu TaDa, yaitu melalui internet dan telpon ke CS TaDa.

    1. Melalui internet:
      • Masuk ke  website: www.giftcard.co.id 
      • Masukan Nomor Kartu dan PIN, klik Spend Your TaDa.
      • Klik pilihan Redeem for Gift Vouchers
      • Pilih voucher yang diinginkan. Klik Pesan Sekarang
    2. Telpon ke CS TaDa 0 800 1401511 (toll free) dan CS TaDa akan membantu mencairkan vouchernya.

    Setelah melakukan Redeem/pencairan, pihak TaDa akan mengirimkan voucher belanja yang dipilih dalam 3-4 hari ke depan ke alamat yang surat nasabah.  

  • 14. Adakah contoh cerita agar saya lebih memahami layanan Service Guarantee ini?

    Kami berikan dua contoh:

    Untuk Polis Asuransi Kesehatan Individu atau Pertanggungan Tambahan dari Polis Individual Life

    1. Allianz menerima 3 dokumen klaim reimburse di hari yang sama dari Pemegang Polis yang sama. Jika proses klaim melebihi 7 hari kerja, maka hanya 1 voucher yang diberikan.
    2. Allianz menerima 2 dokumen klaim reimburse di hari yang sama dari Pemegang Polis yang sama, dengan 2 produk yang berbeda yaitu: Maxi Violet dan FlexiCare. Jika proses klaim melebihi 7 hari kerja, maka hanya 1 voucher yang diberikan.

     

    Untuk Polis Asuransi Kesehatan Kumpulan

    1. Seorang karyawan dan keluarganya terdaftar sebagai Peserta Asuransi Kesehatan Kumpulan.  Beliau mempunyai 1 istri dan 1 anak. Pada tanggal  5 September 2015, Istri dan anaknya berobat ke klinik dengan cara reimbursement. Pada tanggal 8 September, dokumen klaim diterima Allianz. Karena banyaknya klaim yang masuk pada saat itu, klaim nasabah ini terlambat diproses. Pada tgl 17 September 2015 pembayaran klaim telah dilakukan dan dana ditransfer ke rekening.  Karena dua claim ini diajukan karyawan yang sama, dokumen klaim diterima Allianz di tanggal yang sama, melebihi SLA 7 hari kerja, dan memenuhi syarat dan ketentuan Service Guarantee, nasabah dikirimkan satu voucher .

     

    1. Seorang karyawan dan keluarganya terdaftar sebagai peserta Asuransi Kesehatan Kumpulan.  Beliau mempunyai 1 istri dan 1 anak. Pada tanggal  5 September 2015, Istri dan anaknya berobat ke klinik dengan cara reimbursement. Pada tanggal 8 September, dokumen klaim si istri diterima Allianz, dan tanggal 9 September dokumen klaim si anak diterima Allianz. Karena banyaknya klaim yang masuk pada saat itu, klaim nasabah ini terlambat diproses. Pada tgl 18 September pembayaran klaim telah ditransfer ke rekening.  Karena dua claim ini melebihi SLA 7 hari kerja dan memenuhi syarat dan ketentuan, peserta dikirimkan dua buah voucher. Dikirimkan dua buah karena dokumen klaim diterima Allianz di tanggal yang berbeda.