63 juta orang Indonesia akses Facebook melalui perangkat mobile di tahun 2015, penetrasi tertinggi di dunia.

Perusahaan riset pasar eMarketer menampilkan sebuah laporan tentang pengguna Facebook yang mengakses melalui mobile phone di seluruh dunia. Menurut laporan tersebut, jumlah pengguna yang mengakses Facebook melalui mobile phone akan mencapai hampir satu miliar di tahun 2015. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan dari tahun lalu yang mencapai 860 juta pengguna di seluruh dunia.

Mobile Phone Facebook Users Worldwide, 2013-2018

Menariknya, dari sekian banyak negara yang mengalami kenaikan penetrasi pengguna yang mengakses Facebook melalui mobile phone, Indonesia menjadi negara yang paling disorot. Indonesia memang masih berada di peringkat ketiga negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak di dunia, di belakang Amerika Serikat dan India. Namun, negara kepulauan ini memiliki penetrasi pengguna Facebook via mobile phone tertinggi di dunia, yakni mencapai 88,1 persen di tahun 2014 dan akan naik menjadi 92,4 persen di tahun ini.

Top 10 Mobile Phone Facebook User Countries, 2013-2018

eMarketer bahkan memprediksi bahwa pada 2018, sekitar 98,8 persen pengguna Facebook di Indonesia akan mengakses media sosial ini melalui perangkat mobile mereka. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia sendiri diproyeksi akan mencapai 96,2 juta pada tahun 2018.

Penetrasi pengguna Facebook via perangkat mobile yang tinggi di Indonesia sepertinya berbanding lurus dengan penetrasi pengguna smartphone yang juga tinggi di negara ini. Indonesia memang masih menempati peringkat keenam negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak di dunia dengan 52,2 juta pengguna. Namun, penetrasi pengguna smartphone di negara ini diproyeksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 nanti, Indonesia akan berada di peringkat keempat dunia di belakang China, Amerika Serikat, dan India; dengan jumlah pengguna smartphone mencapai lebih dari 100 juta pengguna. Anda bisa membaca laporan lengkap eMarketer disini.

Sumber: http://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-facebook-mobile-indonesia-tertinggi-dunia/