Sedikitnya dua dari lima orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis dan kebanyakan dari mereka adalah kaum perempuan. Bagaimana mencegahnya?

Osteoporosis, atau penyakit tulang keropos tampaknya mulai menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat yang hidup di perkotaan. Sedikitnya dua dari lima orang Indonesia berisiko terkena osteoporosis dan kebanyakan dari mereka adalah kaum perempuan. Fakta itu dilontarkan oleh Corporate Affairs Manager sebuah brand dairy dari Indonesia, Andriani Ganeswari.

 

Sebagai masyarakat yang hidup di kota modern, berbagai tantangan pekerjaan setiap hari yang membuat Anda menjadi jarang berolahraga. Hal ini patut membuat Anda khawatir karena osteoporosis, bisa mengancam kesehatan tulang Anda.

 

"Hanya 14 persen perempuan Indonesia yang berolahraga secara rutin setiap hari dan 61 persen  perempuan merasa sulit mendisiplinkan dirinya untuk berolahraga secara teratur," kata Andriani. Selain kaum wanita, osteoporosis juga berpeluang besar menyerang kaum muda perkotaan. Gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya asupan kalsium berpengaruh besar pada kesehatan tulang.

 

"Anak muda di perkotaan suka nongkrong, ngopi, merokok, dan jarang berolahraga sehingga rentan osteoporosis," ungkap Ketua Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), Anita Hutagulung. 

 

 

 

 

Gaya hidup modern dan kurangnya istirahat yang cukup membuat mereka minim bergerak atau berolahraga. Selain itu, bangun siang hari tentunya sangat merugikan karena paparan sinar matahari pagi sangat diperlukan untuk memperkuat tulang. Beberapa faktor tersebut juga menjadi sumber dari datangnya pengeroposan tulang. Menurut Anita, obat paling manjur untuk mencegah osteoporosis adalah dengan aktif bergerak atau berolahraga rutin, minum susu berkalsium tinggi, dan menjauhi alkohol.

 

Jadi, jangan biarkan tulang Anda menjadi lemah akibat pengeroposan tulang. Mulai ubah gaya hidup sejak detik ini juga. Berolahraga secara rutin, istirahat cukup, dan kurangi minuman yang bisa merusak kesehatan tubuh. Selain itu, perkuat pertahanan diri Anda dengan memiliki asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk yang rentan mengalami osteoporosis, milikilah Asuransi Kesehatan yang tepat dari perusahaan asuransi jiwa terpercaya, seperti Allianz Life Indonesia, yang telah menjadi teman di saat suka dan duka bagi jutaan keluarga Indonesia. Bergabunglah bersama Allianz untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, sejahtera, dan bebas osteoporosis.