Inilah salah satu alasan kuat mengapa wanita yang akan mengalami menopause harus meningkatkan asupan nutrisi. Berikut adalah nutrisi-nutrisi penting bagi perempuan sebelum dan pasca menopause

Setiap wanita akan mengalami masa menopause, masa di saat siklus menstruasi pada wanita berhenti dan ovarie tidak lagi memproduksi estrogen. Ada banyak perubahan pada tubuh serta terjadi juga penurunan hormon. Salah satu perubahan yang terjadi adalah kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Inilah salah satu alasan kuat mengapa wanita yang akan mengalami menopause harus meningkatkan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan.

 

Berikut adalah nutrisi-nutrisi penting bagi perempuan sebelum dan pasca menopause

Kalsium
Kalsium berperan besar dalam membentuk massa tulang. Produksi kalsium dalam tubuh akan menurun saat seorang wanita mengalami menopause. Itulah mengapa wanita-wanita lanjut usia sering mengalami gangguan tulang rapuh.

Untuk mengatasinya, penuhi kebutuhan kalsium dan Vitamin D. Sumber kalsium yang baik bisa ditemukan dalam susu, keju, yoghurt, salmon, almond, dan sayuran hijau. Sementara itu, Vitamin D akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

 

Vitamin
Wanita yang terkena menopause biasanya sering mengalami demam sebagai akibat dari percampuran suhu, yang terjadi karenan penurunan pada organ reproduksi. Ketahuilah bahwa hal ini disebabkan oleh kurangnya Vitamin E. Untuk itu, perbanyak makan atau minum menu-menu yang mengandung Vitamin E yang bisa didapatkan dengan mudah pada bawang.

 

Zat Besi
Untuk menstabilkan tingkat hemoglobin dalam darah, diperlukan bantuan yang sangat besar dari zat besi. Suplemen ini akan membantu Anda menghindari rasa tidak enak dalam tubuh karena kurangnya hemoglobin. Beberapa suplemen zat besi dimiliki oleh sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, telur, dan unggas. Jangan lupa untuk mengurangi konsumsi daging, menurunkan berat badan, serta rajin berolahraga agar menjaga tubuh tetap sehat serta menurunkan risiko kesehatan akibat menopause.

 

Dengan persiapan diri yang baik untuk menghadapi menopause, maka semakin kuat dan bersemangat pula Anda dalam mengarungi hari-hari pasca menopause. Selain melindungi diri secara fisik, lindungilah pula jiwa Anda dengan asuransi yang tepat bagi Anda saat hidup di masa tua. Percayakan masa depan Anda bersama Allianz Life Indonesia, yang memiliki berbagai produk unggulan untuk persiapan masa tua. Seperti Smart Finance yang akan membantu lepas dari rasa khawatir karena segala hal yang akan terjadi di hari tua sepenuhnya akan ditangani oleh teman Anda, Allianz.