Sebenarnya vegetarian adalah sebuah pilihan. Namun masih banyak orang yang bingung bagaimana cara yang benar untuk menjadi vegan. Berikut adalah gaya hidup vegetarian yang bisa Anda jadikan panutan untuk menjadi vegan yang sebenarnya.

Menjadi vegetarian itu gampang-gampang susah. Sebenarnya, ada banyak sarana pendukung untuk menjadi vegetarian di Indonesia. Berbagai sayur mayur tersedia dan mudah didapatkan di mana saja. Tapi dengan kesibukan yang sangat padat, biasanya orang tidak punya waktu untuk mengolah makanan yang harus mereka santap, sedangkan saat ini sangat jarang ditemui resto atau tempat makan yang menyediakan menu khusus untuk vegetarian. Akhirnya, mau tidak mau, langkah untuk menjadi vegetarian dengan terpaksa harus dihentikan daripada tidak makan.

 

Sebenarnya vegetarian adalah sebuah pilihan. Namun masih banyak orang yang bingung bagaimana cara yang benar untuk menjadi vegan. Berikut adalah gaya hidup vegetarian yang bisa Anda jadikan panutan untuk menjadi vegan yang sebenarnya.

 

Langkah Awal

Untuk memulai, kurangilah konsumsi daging secara bertahap agar tubuh melakukan penyesuaian. Cara terbaik adalah mulai mengurangi makanan daging binatang berkaki 4, kemudian berkaki 2, kemudian binatang laut, dan seterusnya, dalam jangka waktu tertentu. Ingat bahwa menjadi vegetarian tidak hanya tidak boleh mengkonsumsi daging, tapi semua yang mengandung protein hewani, bahkan minyak bekas gorengan daging hewan juga dilarang untuk digunakan.

 

Vegetarian Yang Bertenaga

Mitos menyebutkan bahwa dengan menjadi vegetarian badan akan kekurangan energi. Yang perlu Anda lakukan untuk menjadi vegetarian yang bertenaga adalah makan makanan vegetarian dengan asupan gizi yang cukup serta olahraga untuk meningkatkan stamina tubuh.

 

Menu Makanan Vegetarian yang Bervariasi

Para vegetarian mengantisipasi selera mereka yang bergantung pada sayuran dengan menu yang bervariasi. Anda bisa menciptakan menu baru atau mengkombinasikan berbagai sayuran, seperti tahu, tempe, sayuran, kacang-kacangan, serta jejamuran.

 

Perbanyak Minum

Ada baiknya untuk meningkatkan kuantitas minum air putih saat menjadi vegetarian. Selain itu, konsumsi pula buah-buahan dan mengurangi serta menghindari gorengan, makanan bersantan, telur, garam, dan gula.

 

Tekad Yang Kuat

Menjadi vegetarian harus dilandasi dengan tekad yang kuat karena di lingkungan Anda lebih banyak menu makanan yang mengandung daging daripada menu vegetarian. Untuk memperkuat tekad Anda, ikutilah komunitas vegetarian agar berada di lingkungan yang mendukung.

 

Itulah gaya hidup vegetarian yang harus Anda ketahui. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti pola hidup ini, salah satunya adalah memiliki tubuh yang lebih sehat karena selalu mendapatkan asupan vitamin serta mineral-mineral yang dikandung oleh sayuran.

Untuk semakin melengkapi gaya hidup vegetarian Anda, lengkapilah diri dengan asuransi yang menjamin kesehatan. Salah satu perusahaan asuransi jiwa yang bisa Anda percaya adalah Allianz Life Indonesia yang telah melindungi kesehatan orang-orang Indonesia selama berpuluh-puluh tahun.