Peredaran beras plastik di pasaran cukup meresahkan karena bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan.  Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan beras yang alami, aman, dan beras sehat untuk dikonsumsi keluarga?

Berita tidak mengenakkan meramaikan media-media Indonesia beberapa waktu terakhir. Yaitu peredaran beras plastik yang terbuat dari bahan sintetis yang tidak seharusnya dikonsumsi oleh manusia. Begitu memasuki tubuh, beras ini bisa menimbulkan dampak-dampak yang cukup mengerikan, termasuk sakit kanker. Hal ini karena beras plastik dibuat dengan menggunakan bahan baku pembuatan kabel, keramik, dan pipa paralon. Setelah jadi, hasilnya kemudian dioplos dengan beras alami.

 

Cukup mengkhawatirkan bukan? Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan beras yang alami, aman, dan beras sehat untuk dikonsumsi keluarga?

Membaui Beras

Cara terbaik dalam memilih beras yang baik untuk keluarga Anda adalah membaui beras sebelum membeli. Salah satu beras asli terbaik memiliki aroma yang wangi pandan, yaitu beras Pandan Wangi. Perhatikan dan cium aromanya terlebih dahulu, apakah wanginya benar-benar seperti pandan atau seperti disengaja dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

Selain itu, jangan membeli beras yang sudah mulai apek karena bisa dipastikan bahwa beras tersebut sudah lama beredar di pasaran dan tidak layak konsumsi.

 

Beli Di Supermarket

Karena kurang amannya kondisi pemasaran beras di Indonesia saat ini, ada baiknya Anda membeli beras yang sudah dikemas dengan baik di supermarket. Dengan begitu, keamanan serta kebersihannya akan terjamin hingga 100%. Setidaknya, Anda tidak perlu lagi was-was untuk membeli.

 

Lihat Fisiknya

Ciri fisiknya dari beras yang kurang bagus untuk dikonsumsi adalah banyaknya guratan-guratan berupa garis memanjang pada beras dengan tekstur yang cukup jelas. Selain itu perhatikan pula apakah beras tersebut mulai mengalami penepungan berupa warna putih seperti serbuk yang menempel pada beras.

 

Jangan Percaya Beras Harga Murah

Selalu beli beras yang bersih dengan harga yang wajar, mengikuti pasar. Beras yang ditawarkan dengan harga miring patut Anda curigai. Entah itu memiliki kualitas yang buruk atau dicampur dengan bahan-bahan yang tidak aman bagi kesehatan Anda.

 

Laporkan Kepada Pihak Berwajib

Bila Anda menemui kasus beras palsu, segera laporkan kepada pihak berwajib. Dengan begitu, Anda berperan aktif melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang lain dari bahaya mengkonsumsi beras yang tidak layak diperjualbelikan tersebut.

 

Itulah beberapa tips untuk memilih beras yang sehat serta menekan peredaran beras tidak layak konsumsi di lingkungan sekitar Anda. Tetaplah waspada mengingat peredaran beras ini tampaknya sudah meluas di Indonesia.

Selain melindungi diri dan keluarga dari beras palsu, proteksilah kesehatan Anda dan orang-orang yang disayangi dengan memiliki polis asuransi. Untuk itu, miliki polis asuransi kesehatan yang baik. Seperti asuransi SmartHealth Maxi Violet dari Allianz Life Indonesia yang akan menjadi teman terbaik saat sakit menghampiri. Dengan Allianz, kesehatan keluarga terlindugni dan hidup akan semakin menyenangkan.