#CHURCOL SESI 8 - 9 MAY 2015

Tim Chubby Bersama Allianz Indonesia kembali menggelar Chubby Runner Coaching League (Churcol) di sesi ke-8 pada beberapa waktu lalu. Di sesi ini para peserta mendapatkan pengalaman yang berbeda dari sesi-sesi sebelumnya, karena sesi latihan ini berada di track jalan raya & taman dengan topik back to basic yang mengitari 3 zona hidden park di Jakarta, antara lain : Taman Menteng, Taman Lembang, dan Taman Suropati.


Sebelumnya para peserta sudah berkumpul di lapangan basket Taman Menteng untuk mendapatkan pengarahan dari tim pelatih. Disini para peserta mendapatkan ilmu baru mengenai fartlek. Fartlek adalah salah satu teknik yang mengkombinasikan antara konsep : jogging, stride, dan sprint, semuanya diaplikasikan dalam satu kegiatan. Fartlek pun umumnya dimanfaatkan sebagian pecinta olahraga lari dalam berbagai kesempatan run race, demi mencapai waktu terbaik dalam menyelesaikan perlombaan.    

Selain Fartlek, kapten Chubby - Holip Soekawan - juga memberikan beberapa tambahan pengetahuan buat para Churcollers,

  1. Hindari lari "ngengkang" (tendang ke kiri dan kanan) dan "nyilang" (bentuk huruf X dalam melangkah), tetapi berlari lurus ke depan, dengan konsentrasi langkah di buang ke belakang. Pakai garis lurus di jalanan (yg aman) atau garis di track lari untuk membantu biasakan lari lurus dan efisien.
  2. Tingkatkan pijakan per menit sehingga tidak over-striding (langkah lebar ke depan = tidak efisien dan menjadi nge-rem di setiap pijakan).
  3. Lari dgn postur tegap yg condong ke depan (bukan bungkuk), tetap rileks dan langkah di buang ke belakang.

 

Setelah mendapatkan pengarahan, para peserta melakukan pemanasan dengan mengelilingi lapangan basket Taman Menteng dan dari titik ini semua mulai berlari menuju check point selanjutnya di Taman Lembang. Jakarta yang terkenal dengan kota kemacetan, ternyata memiliki zona hijau berupa taman kota yang cantik. Sedikitnya dalam sesi ini, semua peserta dan tim pelatih mengelilingi 3 zona taman tersebut dengan perkiraan total jarak sepanjang 5 KM. 


Kesempatan lari ini pun tak dilewatkan oleh peserta dan tim pelatih, karena beberapa view yang bagus tentunya diabadikan dalam bidikan kamera. Di Taman Lembang, para peserta mengelilingi 5 putaran yang luasnya hampir sama dengan stadion PTIK sebagai markas latihan program Churcol. Setelahnya, semua melanjutkan kegiatan berlari menuju Taman Suropati sebagai destinasi terakhir. 


Sebelum latihan usai, di sesi ini pun teramat spesial  karena adanya Doorprize Session yang diberikan oleh Allianz Indonesia sebagai mitra pendukung program Churcol kepada semua peserta yang hadir di kesempatan tersebut. Program bermanfaat ini masih terus berlanjut dengan 4 sesi berikutnya yang pasti tidak akan menyesal dan sangat berguna semua ilmunya untuk kita terapkan bersama sebagai pola hidup sehat masa kini - #1ygterpenting.