Tidak heran bila saat ini banyak rumah sakit dipadati oleh banyak pengunjung. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa orang Indonesia tidak takut lagi untuk berobat ke rumah sakit.

Salah satu hal yang mulai disadari oleh masyarakat di Indonesia adalah pentingnya menjaga kesehatan. Tidak heran bila saat ini banyak rumah sakit dipadati oleh banyak pengunjung. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa orang Indonesia tidak takut lagi untuk berobat ke rumah sakit.

Kenyataan ini tentunya mendorong para investor dalam menanamkan modalnya untuk membangun rumah sakit-rumah sakit dengan tipe yang berbeda-beda yang masing-masing memiliki fasilitas-fasilitas yang secara khusus memberikan pengobatan pada penyakit tertentu. Selain itu, dengan tipe rumah sakit yang berbeda-beda akan meminimalisir terjadinya overcapacity  pada sebuah rumah sakit sehingga pelayanan pun bisa diberikan secara optimal.

Nah, berikut adalah beberapa tipe rumah sakit yang patut Anda ketahui agar bisa mendapatkan pelayanan yang tepat guna:

Rumah Sakit Umum

Tipe ini adalah yang paling dikenal oleh masyarakat kebanyakan. Rumah sakit umum ada untuk melayani berbagai keluhan masyarakat. Mulai dari yang sakit ringan hingga serius. Selain itu, rumah sakit umum juga memiliki fasilitas lengkap, antara lain Unit Gawat Darurat untuk melayani para pasien yang membutuhkan pertolongan secepatnya. Rumah sakit umum yang terletak di kota-kota besar cenderung untuk memiliki fasilitas kesehatan yang lebih lengkap dibandingkan rumah sakit umum yang terletak di kota kecil.

Beberapa contoh rumah sakit umum adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Rumah Sakit Dr. Sutomo Surabaya, Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dan lain-lainnya.

Rumah Sakit Daerah

Rumah sakit daerah adalah pusat layanan kesehatan yang dibangun untuk memprioritaskan kesehatan orang di kota atau kabupaten tertentu. Rumah sakit daerah dilengkapi dengan jumlah kamar yang besar untuk berbagai perawatan, mulai dari yang intensif hingga jangka panjang.

Rumah sakit daerah dibangun sebagai kepanjangan tangan dari rumah sakit umum. Intinya, sebelum seorang pasien dirujuk ke rumah sakit umum, maka rumah sakit daerah berhak memberikan diagnosa terlebih dahulu. Bila dirasa mampu, maka pasien tersebut akan dirawat di rumah sakit daerah.

Rumah Sakit Khusus

Sesuai dengan namanya, rumah sakit ini dikhususkan untuk pasien-pasien dengan penyakit-penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, ortopedik, onkologi, dan lain-lain. Rumah sakit khusus ini contohnya, antara lain pusat rehabilitasi trauma, rumah sakit khusus anak-anak, rumah sakit khusus orang lanjut usia, rumah sakit jiwa, dan lain-lainnya.

Rumah sakit khusus ini ditujukan untuk membantu mengoptimalkan serta mengurangi biaya produksi dari rumah sakit umum.  Selain itu, para pasien yang dirawat di rumah sakit khusus ini akan lebih terjamin kesembuhannya karena para perawat serta dokter yang bekerja di tempat tersebut memiliki fokus yang lebih besar kepada para pasiennya.

Klinik

Klinik adalah sebuah fasilitas medis dengan kapasitas tempat tidur serta peralatan kesehatan yang lebih minim. Biasanya, klinik dimiliki oleh pihak swasta  yang bekerja sama dengan beberapa dokter untuk melayani para pasien di klinik tersebut. Klinik tidak melayani untuk rawat inap. Bagi pasien yang memerlukan bantuan tersebut biasanya dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Beberapa dari tipe-tipe rumah sakit tersebut menerima layanan untuk pasien yang mengikuti asuransi jiwa. Untuk memudahkan Anda di kala sakit, miliki asuransi jiwa yang memberikan jaminan hingga sembuh. Salah satu perusahaan asuransi yang bisa Anda andalkan di saat-saat sulit adalah Allianz Life Indonesia. Perusahaan asuransi ini telah memiliki pengalaman puluhan tahun menemani keluarga Indonesia saat sedang sakit. Selalu pastikan bahwa Anda dan seluruh anggota keluarga terjamin kesejahteraannya bersama perusahaan asuransi Allianz Life Indonesia.