Hidup sehat bisa dimulai dengan rajin berolahraga. Tidak perlu yang mahal fitness ke gym, atau berenang seminggu dua kali di club house ternama. Fajar Alexa merekomendasikan kegiatan olahraga yang murah meriah seperti lari pagi dan bersepeda.

Hidup sehat bisa dimulai dengan rajin berolahraga. Tidak perlu yang mahal fitness ke gym, atau berenang seminggu dua kali di club house ternama. Fajar Alexa merekomendasikan kegiatan olahraga yang murah meriah seperti lari pagi dan bersepeda. Namun jangan berlebihan, sesuaikan dengan kemampuan tubuh karena ia juga punya hak untuk beristirahat agar tidak mudah terkena serangan jantung.

Memang, maksud hati Anda masih ingin menyelesaikan tugas setelah berolahraga. Apalagi juga tergoda untuk update status di dunia maya. Akibatnya Anda semakin tidak ingin tidur karena terlalu banyak yang membuat mata tetap terjaga. Sehari dua hari mungkin tidak terasa dampaknya, tapi jika terus berlanjut akibatnya bisa fatal pada tubuh Anda. Sebaiknya berikan hak pada tubuh untuk istirahat dengan cara berikut ini.

 

Atur Jam Lembur

Bekerja, hangout dan olahraga. Belum lagi mengerjakan pekerjaan sampingan setelah hari kerja usai. Ingat, hindari lembur jika tubuh sudah meminta jatahnya untuk beristirahat. Waktu terbaik untuk mengistirahatkan tubuh bagi orang dewasa adalah mulai jam 10 malam dan minimal mencapai jumlah 8 jam.

Jauhkan smartphone dan laptop dari jangkauan. Pancaran lampu signal dari kedua gadget tersebut akan terus mengirimkan sinyal ke otak untuk terus terjag. Belum lagi dengan masuknya email di tengah malam yang menurut Anda harus segera selesai dikerjakan. Pastikan mengatur kamar tidur bebas dari gangguan gadget agar tubuh mendapatkan istirahat totalnya.

 

Follow To Do List

Kalau Anda menginginkan jadwal yang teratur antara bekerja dan menyehatkan tubuh, atur kembali ritme harian agar semua porsinya bisa diselesaikan. Buat jadwal pekerjaan apa yang harus diselesaikan, jam berapa Anda menginginkan sedikit berolahraga, atur juga jam tidur agar bisa bangun dengan tubuh yang fit.

Ada saatnya to do list harus dicoret ini itu karena pekerjaan mendadak yang harus dilakukan. Tetap pegang jadwal harian Anda, namun kurangi porsi agenda yang bisa diminimalisir untuk menjaga kebugaran tubuh. Pastikan Anda tetap menyisihkan waktu untuk olahraga rutin 3x seminggu agar tubuh bisa terus berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk melindungi kesehatan tubuh lebih maksimal, manfaatkan juga asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi Allianz Life Indonesia.

Pilih SmartMed Premier agar Anda mendapat manfaat asuransi kesehatan lengkap dan komprehensif sesuai kebutuhan. Anda juga akan mendapat akses ke Allianz Medical hotline 24 jam untuk kebutuhan medis serta mendapatkan kompensasi pengembalian dari premi jumlah tertentu jika tidak pernah melakukan klaim selama setahun.

 

Minum Kopi? Pikir Lagi

Jika Anda meluangkan waktu untuk hangout bersama rekan-rekan setelah pulang kerja, ada baiknya mengurangi asupan kopi di malam hari. Kafein akan membuat tubuh terjaga paling tidak 8 jam setelah diminum. Perubahan ritme tubuh sekali saja akibat kafein, akan membuat jadwal istirahat tubuh berubah esok harinya dan lusanya. Baiknya konsumsi kopi saat pagi hari dan siang saat tubuh membutuhkan ledakan kafein untuk memicu kerja otak.

Saat hangout, pilih minuman ringan atau cokelat panas untuk membuat Anda tidur tepat pada waktunya. Hindari juga makanan berat saat hangout tengah malam. Bantu lambung untuk tetap nyaman mencerna makanan dengan menghindari makan berat 3 jam sebelum tidur.

 

Ketika tubuh telah terbiasa mendapatkan haknya untuk beristirahat, dijamin Anda akan bangun lebih segar keesokan harinya. Beri porsi yang seimbang antara jam bekerja dan jam istirahat agar Anda bisa mendapatkan tubuh yang fit seperti Fajar Alexa.