Jika membutuhkan motivasi untuk meninggalkannya, berikut adalah tujuh keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat berhenti menghisap asap tembakau.

Tanggal 26 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Hari yang sangat bermakna dalam usaha bebas dari asap rokok dan tembakau selama satu hari penuh. Tentunya hari tersebut adalah salah satu hari paling menantang bagi para perokok, mengingat sulitnya berhenti merokok walaupun hanya beberapa jam saja.

Berhenti merokok memang tidak mudah. Menurut beberapa penelitian, nikotin dalam rokok lah yang dianggap menimbulkan sensasi kecanduan pada para perokok. "Banyak atau sedikitnya kadar nikotin dalam rokok tetaplah menyebabkan kecanduan yang berbahaya bagi kesehatan," jelas David Hammond, seorang peneliti dari University of Waterloo, Kanada.

Apalagi dengan diproduksinya rasa menthol yang menambah jumlah perokok di dunia. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Causes and Control ini menemukan bahwa daya tarik dari rokok menthol mampu membuat penikmatnya tidak berhenti untuk merokok. Hal yang lebih mengejutkan, penelitian juga menemukan bahwa pengguna rokok menthol yang berusia 12-17 tahun mengalami peningkatan hingga 57%.

Mengurangi, berhenti dan lepas dari ketergantungan pada rokok pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini merupakan kemajuan besar dalam hidup Anda. Jika membutuhkan motivasi untuk meninggalkannya, berikut adalah tujuh keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat berhenti menghisap asap tembakau.

Warna Kulit Lebih Segar dan Moist

Saat merokok, karbondioksida yang terdapat pada asap rokok mengunci aliran oksigen dalam darah. Proses ini mengakibatkan kelembapan kulit tidak terjaga sehingga memberikan dampak warna kulit yang lebih kusam serta kering. Sebaliknya, saat berhenti merokok warna kulit  akan berubah menjadi lebih segar, memiliki rona merah dan lebih moist.

Aroma Tubuh dan Nafas yang Segar

Bila Anda amati, aroma badan seorang perokok akan lebih mengganggu daripada mereka yang tidak pernah tersentuh asap tembakau. Aroma asap rokok dapat menempel pada tubuh sehingga susah untuk dihilangkan. Apalagi aroma nafas, pastinya pekat dengan aroma tembakau yang kuat. Hal ini sering rasa percaya diri menurun bukan? Oleh karena itu, keuntungan yang bisa didapatkan dari berhenti merokok adalah aroma tubuh dan nafas yang lebih fresh. Komunikasi jadi semakin nyaman!

Gigi Terlihat Lebih Putih

Sudah ada banyak contoh orang-orang yang giginya menghitam dan rapuh karena volume merokok yang sangat tinggi. Dilansir dari Mag For Women, merokok secara berlebihan mampu merampas kecemerlangan dan kesehatan gigi. Ini karena zat nikotin dalam sebatang rokok bisa merusak gigi putih Anda. Untuk memutihkan gigi setelah berhenti merokok memang memerlukan proses yang lebih lama. Konsultasikan hal ini dengan dokter gigi ya!

Say Goodbye Pada Keriput

Orang yang tidak merokok akan terlihat lebih awet muda daripada mereka yang terus terpapar asap rokok. Dilansir dari Boldsky, merokok adalah penyumbang terbesar penuaan dini pada kulit dibandingkan paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan racun dalam rokok tersebut mengganggu peredaran oksigen dalam darah Anda sehingga kulit menjadi kusam, tidak segar,dan mudah berkeriput.

Terhindar dari Risiko Kanker

Ini adalah hal yang terpenting yang harus Anda pahami. Merokok adalah salah satu penyebab utama terjadinya kanker serta berbagai macam penyakit komplikasi lainnya. Vinit Talwar dari Institut Kanker Rajiv Gandhi menyebutkan hampir 60-70 persen kasus sakit kanker pada pria disebabkan oleh tembakau akibat merokok.  Walaupun banyak perokok menyadari risiko terkena sakit kanker, kebanyakan dari mereka tidak bisa lepas dari kebiasaan ini karena tingkat kecanduan yang tinggi dan akhirnya cenderung pasrah.

Bebas dari Stres

Merokok akan memberikan efek tenang dan menghilangkan stres? Pada penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Psychiatry terhadap 500 perokok di klinik perokok Inggris malah menunjukkan hal yang sebaliknya.  Hasil penelitian ini mengungkapkan jika berhenti merokok dapat membuat mood lebih rileks dan terhindar dari stres. Hal ini disebabkan perokok dapat terbebas dari nikotin yang memberikan efek candu yang mengakibatkan stres berkelanjutan.

Produktivitas Kerja Meningkat

Saat Anda berhenti merokok, aliran oksigen dalam darah akan lancar mengalir ke otak dan seluruh tubuh.  Ini akan membuat Anda sangat bergairah dalam melalui hari dan aktivitas-aktivitasnya. Selain itu, dengan pikiran yang lebih cerah, pekerjaan akan bisa diselesaikan dengan cepat dan teliti.

Merokok memang sangat berbahaya bagi manusia. Bahkan perokok pun sebenarnya menyadari akan hal ini. Cobalah untuk berusaha keras dalam menghentikan kebiasaan merokok Anda. Ingatlah bahwa keluarga masih membutuhkan perlindungan dan kasih sayang dari Anda. Apalagi, ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan layanan rumah sakit. Anda harus siap sedia memberikan pendampingan serta dukungan.

Pilihlah perusahaan asuransi jiwa terbaik sebagai perlindungan yang bisa diandalkan. Salah satunya adalah Allianz, karena Allianz telah memiliki pengalaman puluhan tahun di Indonesia, dan lebih dari seratus tahun di dunia, untuk menjadi teman terbaik ketika andalan keluarga sedang sakit. Miliki asuransi dari Allianz dan hentikan kebiasaan merokok Anda untuk masa depan keluarga yang lebih cerah.